15 December 2008

Lagu Natal Koes Plus 1973



Menjelang Natal macam begini, kita perlu putar lagu-lagu Natal. Bak sayur tiada garam jika Desember tanpa melodi-melodi manis khas Natal. Sejak dulu memang ada semacam "kewajiban" untuk membeli kaset (sekarang CD/VCD/DVD) bertema Natal untuk memberi warna bagi hari besar kristiani ini.

Di Flores--Nusatenggara Timur umumnya--semua bemo atau angkutan umum berlomba-lomba memutar lagu Natal. Lagunya ya itu-itu saja: Malam Kudus, Hai Mari Berhimpun, O Bethlehem, Joy to the World, Jingle Bells, Hark! The Herald Angles Sing, Christmas Song, Bintang Cemerlang... Artisnya macam-macam dengan gaya yang juga macam-macam.

Hebat benar, setiap tahun diputar, tapi orang tak jua bosan. Ada penyanyi yang coba memperkenalkan lagu-lagu Natal versi baru. Tapi ya sulit laku karena lagu-lagu Natal lama sudah terlalu legendaris. Sulit dibayangkan lagu Malam Kudus disingkirkan dari misa malam Natal. Bisa geger tuh!

Saya sendiri pun kolektor kaset Natal yang setia. Tiap Desember selalu ada anggaran khusus untuk membeli kaset/CD Natal baru. Ada yang corak pop, jazz, klasik, paduan suara, karawitan jawa, hingga instrumentalia.

"Tahun ini beli yang macam apa ya?" batin saya.

Soalnya, hampir semua Natal dari artis-artis terkenal (Indonesia dan mancanegara) saya punya. Eh, ketika mampir di Toko Immanuel, Jalan Kombes Duryat, saya langsung terpikat dengan Koes Plus. Ini band pop legendaris Indonesia.

Sampul gelap, ada tulisan The Legend of Christmas KOES PLUS. Kaset lama, produksi 1973, ini diterbitkan PT Remaco Jakarta, salah satu pelopor bisnis musik di Indonesia. Lantas, diproduksi ulang oleh Yobel Record Jakarta. Tentu saja, saya langsung membeli kaset Natal ala Koes Plus tersebut.

Koes Plus (sebelumnya Koes Bersaudara) dinobatkan sebagai salah satu band IMMORTAL tanah air versi majalah Rolling Stone. Ada kebanggaan tersendiri bisa mengoleksi rekaman band besar macam Koes Plus.

Bagaimana kualitasnya? Yah... macam lagu-lagu pop Koes Plus lain lah. Enak didengar sambil menunggu datangnya malam kudus pada 25 Desember mendatang.

Ada 19 lagu di album ini.

SISI A

1. Halleluyah
2. Malam yang Sunyi
3. Hari Natal
4. Kasih Sayang
5. Penebus Telah Datang
6. Aku MilikMu
7. Penebus Dosa
8. Merayakan Natal Suci
9. Natal yang Abadi
10. Menuju ke Bethlehem

SISI B

1. Lahir Putra Maria
2. Bahagia Dunia
3. Dengarlah Malaikat Bernyanyi
4. Telah Lahir di Bumi
5. Semua Bergembira
6. Juru Selamat Dunia
7. Penebus Tiba
8. Malam Suci
9. Malam Kudus

Vokalis: Tony Koeswoyo, Yon Koeswoyo, Yok Koeswoyo.

4 comments:

  1. koes plus itu memang bawain semua jenis musik, natal, qasidah, kroncong, melayu, pop, langgam, dsb. bener2 hebat.

    ReplyDelete
  2. Biarpun sy sendiri seorang Muslim tapi lagu2 Natal Koes Plus msh sering saya putar krn mengingatkan sy pada jaman SD dulu. Karena sy sekolah di sekolah Katolik. Rasanya hanya Koes Plus yg membawakan lagu Natal dlm irama Rock & Roll. Salut !!!!

    ReplyDelete
  3. haloo..
    saya David, saya sedang mencari text lagu-lagu natal tapi yang berbahasa jawa..
    boleh minta bantuannya ga?
    saya lihat Lambertus juga koleksi lagu-lagu natal versi karawitan jawa ya
    terima kasih
    David: blue_bear_david@yahoo.com

    ReplyDelete