15 October 2008

Ketemu Badai Pasti Berlalu 1977

Mencari kaset-kaset lama, terbitan 1980-an, 1970-an, apalagi di bawah 1970-an, sungguh tidak gampang. Harus tekun betul. Harus berlama-lama di pedagang kaset bekas. Kalaupun ketemu, pitanya belum tentu bagus. Dibeli, ya, percuma karena musiknya tidak bisa dinikmati. Tapi, lumayan, kita bisa melihat sampul kaset zaman dulu yang sederhana, norak, tapi juga unik dibandingkan era sekarang.

Sebagai penggemar musik lama, di bawah tahun 2000, saya selalu menyempatkan diri mencari kaset bekas di lapak-lapak kaset. Bongkar sana-sini, kita ibarat sedang memutar balik jarum jam sejarah. Ketemu kaset koleksi paman-paman di Flores Timur tempo doeloe. Ketemu kaset kegemaran teman semasa mahasiswa. Ketemu foto artis-artis lama yang manis-manis (dulu), dan sekarang sudah tua. Bahkan, banyak artis sudah meninggalkan dunia fana ini.

Minggu, 12 Oktober 2008, saya mampir ke lapak buku di depan stasiun kereta api Malang. Saya menemukan banyak sekali buku bagus, termasuk buku-buku gerejawi macam devosi kepada Bunda Maria. Juga buku-buku musik dan jurnalistik. saya pun membeli beberapa buku dengan harga murah. Bayangkan, buku bagus harganya di bawah Rp 10.000. Lumayan, bukan?

Saat pulang, saya terbelalak melihat tumpukan kaset lama di salah satu lapak buku. "Sampean juga jualan kaset-kaset lama? Atau ini cuma koleksi pribadi," saya bertanya.

"Memang aku jualan kaset juga. Dulu khusus kaset, tapi sekarang buku. Kalau kaset-kaset lama itu banyak yang dikirim ke Bandung. Orang Bandung pesan banyak sekali. Makanya, di sini cuma segelintir," ujar pria asli Malang itu ramah.

Saya lantas tersentak melihat kaset bersampul hijau muda. Seorang perempuan berlari seperti dikejar-kejar. Oh, tak salah lagi, BADAI PASTI BERLALU. Tanpa basa-basi saya membeli kaset langka itu. Tak sampai Rp 10.000. Sudah bertahun-tahun saya memburu kaset terbitan Irama Mas, 1977, itu di Surabaya dan Sidoarjo, tapi tidak ketemu. Eh, sekarang kaset legendaris itu nongol sendiri di depan mata.

"Hampir semua kolektor cari BADAI PASTI BERLALU. Kaset itu termasuk sangat langka," kata teman-teman pedagang kaset bekas di Surabaya.

Saya pun pasrah. Apa boleh buat, saya hanya bisa menikmati BADAI PASTI BERLALU versi Erwin Gutawa yang mutunya bagus pula. Tapi sebagus-bagusnya karya ulang, remake, tak akan bisa menandingi versi perdana.

Saya semakin terpancing memburu BADAI PASTI BERLALU versi 1977 lantaran majalah musik Rolling Stone edisi Desember 2007 secara mutlak memilih album karya Eros Djarot ini sebagai album NOMOR SATU sepanjang sejarah musik Indonesia. Ada 150 dari ribuan kaset dan piringan hitam yang masuk daftar the best, dan BADAI PASTI BERLALU nomor wahid.

Yah... BADAI PASTI BERLALU memang fenomenal.

"Album ini menjadi cetak biru perkembangan musik pop Indonesia di era-era selanjutnya," tulis Rolling Stone Indonesia.

Pulang, saya menikmati alunan suara merde Christian (kemudian ganti nama Chrisye, sekarang almarhum) dan Berlian Hutauruk. Paduan musik yang apik dari Fariz RM (drum), Yockie Suryoprayogo (kibod), Christian alias Chrisye (bas), dan syair puitis seorang Eros Djarot. "Bagaikan langit berpelangi, terlukis wajah dalam mimpi...."

Bukan main! Album ini dibuat tahun 1977 ketika infrastruktur musik Indonesia masih sangat sederhana. Perkakas rekaman di studio Irama Mas sangat minim. Komputer belum ada. Industri musik masih dalam tahap embrio. Kok bisa ya Eros Djarot dan kawan-kawan bisa membuat album musik pop yang sangat bermutu, jadi master piece, di belantika musik Indonesia ya?

Saya jadi ingat almarhum Pramoedya Ananta Tour. Dia justru mampu menghasilkan karya-karya dahsyat ketika ditahan di Pulau Buru. Pelajaran moral: Jika hidupmu enak, kaya, banyak fasilitas, punya segalanya.... jangan harap bisa bikin karya luar biasa!

Saya pun terkesan dengan suara Berlian Hutauruk. Soprano asal Batak ini menunjukkan kualitas vokalnya yang bening tinggi. Hasil olah vokal, latihan yang spartan, bukan penyanyi instan. Saya berterima kasih kepada wong cilik, pedagang kaset bekas, di depan stasiun kereta api Malang. Akhirnya, saya menemukan BADAI PASTI BERLALU edisi 1977. Semoga Tuhan memberkati Anda!

BADAI PASTI BERLALU VERSI 1977

Sisi A:

Pelangi
Merpati Putih
Matahari
Serasa
Khayalku
Angin Malam

Sisi B:

Merepih Alam
Semusim
Baju Pengantin
E & C & Y (instrumentalia)
Cintaku
Badai Pasti Berlalu
Merpati Putih

Aransemen: Eros, Christian, Yockie
Juru Rekam: Stanley
Studio: Irama Mas
Vokal: Christian, Berlian Hutauruk
Drum: Fariz RM
Bas, gitar: Christian
Syair: Eros Djarot
Kibod, drum: Yockie Suryoprayogo

Lagu SEMUSIM, ANGIN MALAM, KHAYALKU oleh Keenan dan Debby Nasution.

13 comments:

  1. kalo ngelihat covernya mah itu bukan kaset 1st product.yang asli itu penyanyinya bukan chrisye tapi masih nama lamanya yaitu christian.
    itu mungkin produksi ke sekian yaa

    salam dari pedalaman
    tabik

    h panggabean
    porsea

    ReplyDelete
  2. Bung Panggabean, Anda benar 100 persen. Cover yang sempat saya pasang itu versi baru. Yang saya temukan di lapak kaset bekas Malang versi asli 1977. Dan betul pakai nama Christian, bukan Chrisye.
    Anda sangat kritis dan itu membantu mengangkat mutu blog. Saya belum sempat scan sampul album Badai Pasti Berlalu tersebut. Salam.

    ReplyDelete
  3. ok ok....
    aku udah tahunan cari kaset kelompok demokratik ( 2 cowok,2 cewek ) .mereka punya 2 album.yang satu judulnya diploma yg satunya lupa.kayak nya belum jodoh tuh kaset.
    salam kenal dan salam dari pedalaman

    h panggabean
    porsea

    ReplyDelete
  4. Lagu kesayanganku nih, aku punya CD yang udah diaransemen aja. Kasette aslinya nggak punya he he..

    Makin kreativ aja mas Hurek, salam..

    ReplyDelete
  5. Hehehe... Matur suwun Mbak Judith masih ingat saya. Selamat kerja dan masak enak di Swiss.

    ReplyDelete
  6. Saya pernah punya kaset 'Badai Pasti Berlalu' yang asli yang dinyanyikan oleh Chrisye dan Berlian Hutauruk tahun 1977, tapi hilang beberapa tahun yang lalu. Kalau ada yang punya, saya bersedia beli yang aslinya. Silahkan email ke: limmann@hotmail.com

    ReplyDelete
  7. Coba donlot disini : http://www.4shared.com/account/dir/10766584/328d0631/OST_Badai_Pasti_Berlalu__1977_.html

    ReplyDelete
  8. aku punya kaset Ost Badai Pasti Berlalu, yang sdh dirilis ulang tahun 1988

    ReplyDelete
  9. http://www.4shared.com/get/h8KdKYWL/ALBUM_BADAI_PASTI_BERLALU.html

    langsung satu album full.....

    btw....album ni ngingetin saya sama bokap, dia lagi nyuci mobil sambil dengerin album nih....hahaha...rindu nya masa kecil....

    ReplyDelete
  10. kalau lihat alb BPB saya ingat 4 versi album ini yg direlease diwkt hampir bersamaan. Satu versi christian, satu versi chrisye, satu versi broery, satu versi instrumen the meicy.

    ReplyDelete
  11. Film dan CDnya saya punya betul betul drama dan lagu bagus

    ReplyDelete
  12. Film dan CD nya aku punya betul betul film drama bagus dan musik yang ciamik pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya itu Filmnya copy an apa sdh dalam bntuk CD ? kalau copy an boleh nggak minta Filmnya. pingin nnton tpi nggk tahu harus nyri dmna.

      Delete