16 September 2008

Aning Katamsi terbitkan buku seriosa



Aning Katamsi dan Christopher Abimanyu. Keduanya konsisten mengembangkan musik seriosa di tanah air. Salut!

Tidak sia-sia saja mampir ke Toko Buku Gramedia di Jalan Manyar Surabaya. Saya 'menemukan' buku KLASIK INDONESIA: KOMPOSISI VOKAL DAN PIANO, susunan Aning Katamsi. Mbak Aning, soprano liris kita, bikin buku?

Tanpa pikir panjang, saya beli buku terbitan Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2008, itu. Harganya Rp 35.000.

Klasik indonesia sudah pasti berisi komposisi-komposisi musik klasik plus vokal ala Indonesia. Selama ini kita kenal dengan lagu seriosa. Musik ini pernah berjaya sejak 1950-an hingga 1970-an ketika masih ada Bintang Radio dan Televisi. Berbeda dengan musik pop, musik klasik (seriosa) membutuhkan wawasan musik yang cukup tinggi.

Minimal bisa baca notasi balok. Tahu teknik produksi suara, pernapasan, ala klasik. Karena itu, memang tidak banyak penyanyi Indonesia yang menekuni seriosa. Puji Tuhan, Aning Katamsi [Ratna Kusumaningrum Asmoro, lahir di Cilacap 3 Juni 1969] menggelutinya sampai hari ini. Maklum, Aning putri mendiang Pranawengrum Katamsi, dedengkot seriosa kita.

"Saya termasuk orang yang beruntung karena ibu saya seorang penyanyi klasik di masa lagu-lagu itu diciptakan. Sehingga, paling tidak saya menyimpan hampir seluruh partitur lagu seriosa yang sering beliau nyanyikan. Karena sering mendengar ibu saya dan rekan-rekannya, sesama penyanyi, menyanyikannya, baik saat latihan maupun pementasan, saya memiliki referensi bagaimana cara membawakan lagu-lagu tersebut," kata Aning Katamsi.


Nah, Aning, jawara BRTV jenis seriosa tahun 1987, berusaha membagikan segelentir koleksinya untuk penikmat musik klasik Indonesia. Pada seri pertama ini--mudah-mudahan seri lain segera menyusul--hanya tiga komponis yang ditampilkan. Binsar Sitompul (1923-1991), FX Soetopo (1937-2006), dan Mochtar Embut (1934-1973). Sebetulnya masih banyak nama komponis klasik Indonesia lain yang karyanya layak diketahui publik. Sebut saja Iskandar, Ismail Marzuki, GWR Sinsu, Maladi, Ibu Sud, atau N. Simanungkalit.

Selama ini kita sangat sulit menemukan partitur musik seriosa Indonesia karena memang belum dibukukan. Kaset atau CD-nya pun praktis tidak ada di pasar. "Sebab, rekaman seriosa itu dibuat sangat terbatas. Biasanya beredar di lingkungan teman-teman sendiri atau kolektor musik yang benar-benar serius," ujar Binu Doddy Sukaman, juga soprano terkenal, kepada saya beberapa waktu lalu.

Maka, publikasi KLASIK INDONESIA yang dikerjakan Aning Katamsi layak diapresiasi. Ini sebuah kerja kebudayaan yang jauh dari perhitungan niaga. Idealisme Aning Katamsi-lah yang melahirkan buku bagus ini. "Saya merasa memiliki tanggung jawab moral terhadap karya-karya komponis musik klasik kita. Saya ingin karya-karya mereka mudah didapatkan oleh siapa saja yang mau mempelajarinya," ujar Aning, bekas pelatih paduan suara mahasiswa Universitas Indonesia.

Dari 22 komposisi yang dihimpun Aning Katamsi, sebagian di antaranya sudah saya kenal ketika menyaksikan program BRTV di TVRI sebelum tahun 1990-an. Beberapa lagu juga sudah dipublikasikan Pak Muchlis dengan notasi angka. Tapi yang membuat saya sangat gembira adalah dimuatnya komposisi CINTAKU JAUH DI PULAU karya FX Soetopo, lagu kesayangan saya. Diangkat dari puisi Chairil Anwar, lagu ini kerap dibawakan di BRTV.

Terakhir, saya nikmati pada babak final BRTV 2007 di Taman Surya Surabaya. Christopher Abimanyu, tenor dahsyat, bekas jawara BRTV, pun sempat membawakannya dengan vokal yang menggelegar. "Komposisi ini memang sangat bagus baik lirik maupun musiknya. Karena itu, hampir semua lagu seriosa kita berkualitas tinggi," kata Abimanyu.

Selain CINTAKU JAUH DI PULAU, masih ada lima komposisi FX Soetopo yang bisa kita nikmati. Yakni BUKIT HITAM, ELEGIE, LEBUR, NATALKU KE-9, dan PUISI RUMAH BAMBU. Delapan karya Binsar Sitompul: AWAN, BAGI KEKASIH, DOA, RENUNGAN DI MAKAM PAHLAWAN, TEMPAT BAHAGIA, SAUDADE, T'RIMA SALAMKU, dan TEMBANG RIA.

Kemudian delapan karya Mochtar Embut, komponis romantis yang mati muda pada usia 39 tahun karena sakit hati (lever): KASIH DAN PELUKIS, KUMPULAN SAJAK PUNTUNG BERASAP (USMAR ISMAIL), SANDIWARA, SEGALA PUJI, GADIS BERNYANYI DI CERAH HARI, SETITIK EMBUN, SRIKANDI, dan SENJA DI PELABUHAN PERAHU.

Mbak Aning, terima kasih!

Saya tunggu buku-buku Anda berikutnya!

BACA JUGA
Lagu seriosa itu apa?

2 comments:

  1. Mas Hurek, di mana mendapatkan bukunya Bu Aning saat ini? Saya sudah mencari tapi belum dapat. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, takon gramedia wae... soale penerbite gramedia. kalo gak iso ya takon langsung sama mbak aning. aq gak ngerti karena sudah lamaaaa banget. suwun

      Delete