11 April 2008

Kerabat Ibu Teresa di Surabaya


Ibu Teresa dari Kalkuta, almarhum, adalah legenda yang punya banyak karya kemanusiaan. Komitmennya melayani orang-orang termiskin, the poorest of the poor, bergema ke seluruh dunia. Ia melampaui batas-batas negara, bahkan agama.

Di Surabaya ada sekelompok pelestari spiritualitas Ibu Teresa. Mereka tergabung dalam Kerabat Kerja Ibu Teresa atau KKIT. Kerabat ini didirikan oleh Ibu Teresa, dan tidak bisa dipisahkan dari suster-suster Missonaries of Charity (MC) atau Misionaris Cinta Kasih, yang juga didirikan Sang Beata [calon santa].

Di Indonesia KKIT baru dibentuk pada 1985 di Jakarta. Kerabat kemudian menyebar ke Semarang, Surabaya, dan Jogjakarta. KKIT Surabaya diresmikan oleh Uskup Surabaya waktu itu, Mgr AJ Dibjokaryono [kini almarhum]. Peresmian dilakukan dalam misa kudus pada 7 Oktober 1990 di Jalan Taman Kendangsari 5 Surabaya. Ini rumah Bapak Yosef Notoseputro - sekarang pindah ke Jakarta.

Para kerabat berusaha melakukan "sesuatu meski kecil" untuk membantu sesama yang miskin. Apa saja jenis pelayanan itu? Banyak.

Di antaranya, pelayanan warung sehat di samping Stasiun Wonokromo setiap Minggu pertama, ketiga, kelima, pukul 16:30 WIB.

Kemudian membagikan makanan kepada 75-100 orang yang tinggal sekitar rel kereta api. Mereka terdiri dari pemulung, gelandangan, pengemis, serta kaum miskin lainnya. Setiap menjelang Lebaran dibagikan bahan makanan serta pakaian layak pakai.

Setiap Sabtu kedua dan keempat ada pelayanan gizi balita di Poliklinik LKD Dupak. Sekitar 30 balita mendapat kacang hijau dan susu. Peserta warung sehat juga mendapat layanan pengobatan gratis. Ada juga pelayanan kepada mereka yang “sick and suffering", opa-oma, yang sulit disembuhkan akibat uzur. Para kerabat melakukan pendampingan serta layanan doa.

Lalu, dana mana dana untuk pelayanan ini?

Menurut Toha Gunawan, koordiantor KKIT Surabaya, dana diperoleh dari sumbangan para donatur tidak tetap. Para kerabat tidak jarang secara sukarela membuka koceknya demi pelayanan kemanusiaan di Surabaya.

"KKIT itu sebuah gerakan pelayanan sosial, bukan perkumpulan pekerja sosial. KKIT berkarya menurut spiritualitas Ibu Teresa. Dan para kerabat diharapkan mau belajar dari mendiang Ibu Teresa, yang senantiasa mau menjadi sebatang pensil kecil di tangan Tuhan," kata Toha Gunawan.

-------------
KKIT Surabaya
Jalan Manyar Jaya IX/26 Surabaya

9 comments:

  1. Kalau ingin menyumbang, bagaimana caranya? Tolong informasi kontaknya di-post dong.

    ReplyDelete
  2. http://kkibuteresa.com/

    ReplyDelete
  3. setahu saya di tiap kota [besar] ada KKIT atau paling tidak aktivisnya. bisa ditanya langsung di paroki anda masing2. tulisan ini hanya sebatas membahas KKIT di surabaya.
    terima kasih. salam damai.

    ReplyDelete
  4. salam kenal...
    saya kurniawan, tinggal di malang.
    saya mau tanya, apakah sudah ada yang menerjemahkan buku "come to be my light" ke dalam bahasa Indonesia???
    terima kasih.

    ReplyDelete
  5. saya tidak bisa membantu secara ekonomi tetapi saya ingin memberikan sedikit waktu saya untuk jadi relawan..mungkin 3x dalam seminggu

    Bagaimana caranya untuk ikut sebagai relawan? tolong hubbungi saya di ; paranoid_sexy@yahoo.com

    tx

    ReplyDelete
  6. saya adalah pengagum ibu teresa.
    saya mengagumi perjuangan yg telah beliau lakukan untuk manusia. beliau adalah bukti nyata cinta kasih yang sesungguhnya yang pernah ada. aq sungguh mengagumi dan bersyukur Tuhan menciptakan manusia seperti beliau...

    ReplyDelete
  7. tolong add saya di
    zhee_cuco@yahoo.com
    saya ingin mengetahui lbh bnyk ttg KKIT. dulu saya pernah mengirim surat dan pernah diberi buku mengenai ibu teresa dari KKIT, tp sayang karena dulu saya bekerja jadi tidak sempat ikut yang di wilayah Bandung. smg melalu friendster saya, saya bs lbh bnyk diberi informasi mengenai KKIT. trimaksh

    ReplyDelete
  8. alamat2 tempat Kerabat Kerja Ibu Teresa
    http://www.indocell.net/yesaya/pustaka2/id79.htm

    web site resmi/ international mother Teresa
    http://www.motherteresa.org/layout.html

    ReplyDelete
  9. Kerabat Kerja Ibu Teresa (KKIT) belum ada disemua kota.

    kota2 yang sudah ada KKIT bisa dilihat diweb ini:
    http://www.indocell.net/yesaya/pustaka2/id79.htm

    web resmi mother Teresa:
    http://www.motherteresa.org/layout.html

    ReplyDelete