16 March 2008

Triba, band Belanda konser di Surabaya



Oleh Ken, Jawa Pos, 16 Maret 2008

Gaung Java Jazz sampai juga di Surabaya. Triba Band, kelompok asal Belanda, menghibur pencinta jazz metropolis di Gedung Cak Durasim, kompleks Taman Budaya Jawa Timur, tadi malam. Mereka tampil ciamik, membawakan lebih dari 10 lagu.

Pekan lalu, kelompok tersebut tampil di Java Jazz, Jakarta. Kelompok itu beranggota Rick Van Hek (piano/synthesizer), Nancy van Hek-Koymans (lead vocal), Richard Pattiselanno (gitar), Mike Booth (terompet), Taco Gorter (drum), Cyrille Oswald (saxophone), dan Taco Niewenhuizen (bas). Namun, pada lawatan tadi malam, Taco absen. Posisinya digantikan Patrick Lauwerends.

Lantunan vokal Nancy yang berat mengalun apik dalam ruang dengar penonton yang memenuhi gedung tersebut. Iringan jazz yang easy listening mendominasi atmosfer gedung. Racikan aroma Latin, funk, dan ballad mewarnai lagu-lagu yang kebanyakan berlirik bahasa Inggris tersebut.

Dua lagu dibawakan dalam bahasa Spanyol dan Portugis. "Saya suka pada lafal lirik dua bahasa itu," ungkap Nancy sebelum tampil kemarin siang.

Kelompok band tersebut tak hanya menampilkan jazz yang rancak. Suasana melankolis pun mereka hadirkan. Itu terasa pada lagu Child of Mine yang bernuansa mellow. Lagu berjudul Night in Jakarta yang ditampilkan dalam Java Jazz pekan lalu pun mereka hadirkan. "Lagu itu sangat spesial bagi kami," kata wanita 51 tahun tersebut.

Selain itu, mereka membawakan dua lagu instrumen berjudul Chick Moves dan Mister & Mister.

Improvisasi jazz yang dihadirkan memang terkesan rumit. Namun, kelompok yang dibentuk pada 2001 tersebut tetap mencoba tampil easy listening. Selain itu, Triba memadukan iramanya dengan bebob, liukan nada yang sangat jazzy. "Kami menampilkan lagu-lagu yang semula bernada easy listening, kemudian naik menjadi lebih sulit," ungkap Nancy.

Selain menghadirkan lagu-lagu andalan seperti Let’s Play, Allegra, Sinna, dan Take A Vow, pemusik yang berkomitmen tetap di jalur musik jazz tersebut melantunkan lagu Living in A World. Lagu itu punya versi bahasa Indonesia yang berjudul Tersiksa Lagi. Yang membawakan adalah Glen Fredly. (ken/dos)

No comments:

Post a Comment