12 March 2008

Tika Bisono lawan demam berdarah



Tika Bisono datang ke Surabaya, Selasa 11 Maret 2008. Mbak Tika tidak menyanyi atau jumpa fans, melainkan kampanye melawan penyakit demam berdarah. Penyanyi pop tahun 1980-an yang juga ini psikolog ini memang tetap aktif menemui publik dalam kapasitas lain.

Dus, beda dengan arti-artis seangkatannya yang menjadi ibu rumah tangga, berbisnis, mendidik anak-cucu, atau mungkin kena penyakit pasca-populer. Sindron khas selebritas ini bisa membuat orang-orang top masa lalu stres, lari ke narkoba, mabuk-mabukan, atau rewas. Tika Bisono berbahagia karena kuliahnya bagus, wawasan oke, dan tumbuh ketika masa kejayaannya habis.

Ternyata, Mbak Tika Bisono ini punya pengalaman pribadi yang pahit dengan demam berdarah dengue alias DBD. Pada 5 Mei 2007 Mbak Tika kehilangan buah hatinya, Janika Ramadhani Putri, gara-gara DBD. Usia Janika delapan tahun. Tiba-tiba sang putri menggigil, lalu menghadap Al Khalik.

"Cepat sekali kejadiannya," tutur penyanyi bersuara manis dan halus ini. Ah, sampai sekarang saya ingat betul PAGI, lagu hit milik Tika Bisono. Melodi dan lirik lagu ciptaan Chrisye dan Adjie Soetama ini benar-benar sedap. Ciamik soro, istilah teman-teman Tionghoa-Surabaya.

Setelah kematian Janika, Mbak Tika Bisono yang lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia tampil sebagai juru kampanye melawan DBD. Dia tak ingin anak-anak Indonesia, ya semua orang lah, meninggal akibat DBD. "Hati-hati karena DBD itu gak kenal miskin atau kaya. Siapa saja bisa jadi korban," Tika Bisono mengingatkan.

Sebagai penikmat musik, saya punya kenangan dengan suara manis Tika Bisono. Ceritanya, teman saya di Universitas Jember, Bambang Wijanarko, pemain band FISIP Unej, yang sangat dikenal. Saya satu kos dengan Bambang di Tegalboto, Jalan Kalimatan, kawasan Lembah Sofa. Si Bambang ini kerap memainkan lagu PAGI milik Tika Bisono.

"Ini baru pop kreatif. Bisa dibuat jazz, dimainkan di konser-konser," ujar Bambang. Arek Ponorogo ini piawai main bas kalau bergabung dengan band fussion [jazz], tapi jadi gitaris kalau ikut band rock. "Anda perlu sering dengar lagu-lagu kayak begini biar referensimu tambah," kata sahabat dekat itu.

Saya kemudian membeli kaset Tika Bisono yang dirilis pada 1987 - kalau tidak salah. Tak salah kualitas album perdana Tika Bisono ini memang di atas rata-rata. Ketika belantika musik kita dikuasai lagu-lagu pop manis nan sendu [Rinto Harahap, Obbie Messakh, Pance Pondaag, dan sejenisnya], Tika Bisono menawarkan warna baru. Lebih segar, kreatif, dan berkelas.

Asal tahu saja, album PAGI ini didukung musisi papan atas masa itu. Sebut saja JAMES F SUNDAH, ERWIN GUTAWA, CHRISYE, ADJIE SOETAMA, DIAN PERMANA POETRA, DEDDY DHUKUN, DODO ZAKARIA, TITIK HAMZAH. Tika Bisono pun menjadi penyanyi solo yang diperhitungkan. Tapi, ya, albumnya tidak bisa meledak macam Hati Yang Luka [Obbie Messakh] yang dibawakan Betharia Sonata.

Sayang, kaset koleksi saya ini sudah hilang. Kalaupun ada, saya yakin kualitas pitanya sudah sangat buruk. Tak apa-apa lah. Yang penting tembang PAGI masih ada di benak saya sampai hari ini.

Cak Bambang, sampeyan di mana sekarang? Salam jazz!

PAGI
By Chrisye/Adjie Soetama

Dari balik jendela di kamarku
Menyelinap seberkas cahaya
Hingga ku terjaga segera
Dari tidurku malam itu
Dan mimpiku yang mesra
Ketika daku membuka jendela
Sinar mentari menyambut pagi

Burung-burung pun memberikan salam
Dalam kesejukan dan indahnya pagi
Seandainya suasana pagi ini
Kan sepanjang hari, betapa bahagia

Tanpa terasa siang kan menjelang
Haripun berganti, aku pun berlalu

3 comments:

  1. Demam berdarah menjadi berbahaya karena sulit dibedakan dg demam lainnya...Sehingga mengurangi kewaspadaan kita..Banyak pasien yg datang ke pusat kesehatan dalam kondisi syok,dan penanganannya tentu lebih berat..
    Oh iya...salam kenal sebelumnya ya... ^_^

    ReplyDelete
  2. Mas Andri, terima kasih atas komentar anda. Salam.

    ReplyDelete
  3. Maaf, Bagi2 Informasi ya.
    Obati Demam berdarah dengan Sari Kurma Tamr.
    di Surabaya bisa didapatkan di : Jl.Bratang Gede Kalisumo no 19. ph.031-5028330 /031-70323459 (Christiyawan). Mau jadi agen? Kunjungi http://toko-obat.co.cc
    Terima kasih.

    http://toko-obat.co.cc
    Sari Kurma
    Obat Demam Berdarah

    ReplyDelete