27 January 2008

Teman-teman Kobe Band rilis album




Senang juga teman-teman Kobe akhirnya bisa merilis album. Didukung Log Zhelebour dengan Logiss Records-nya, ben beraliran modern rock ini mengusung Positive Thinking sebagai album debut. Sampulnya pakai gambar tengkorak, tulisan KOBE pun bisa menunjukkan karakter band anak muda ini.

Saya berkali-kali menonton, juga menulis catatan ringan seputar konser-konser KOBE di Sidoarjo dan sekitarnya. Saya juga kerap lewat Jalan Brigjen Katamso, Waru, Sidoarjo, di situ ada Friday Studio, markas sekaligus tempat latihan mereka. Saya juga mengikuti dari dekat penampilan KOBE bersama para finalis festival rock ala Log Zhelebour di Stadion Tambaksari Surabaya, 11 Desember 2004.

Waktu itu Kobe terpilih sebagai ben berpenampilan terbaik. Pada babak final, teman-teman KOBE ini mengalami gangguan teknis sangat serius: basnya mati. Karena itu, finalis yang sempat difavoritkan ini pun gagal meraih kemenangan. Mujizat Band dari Bandung yang juara satu.

Dari latar belakang ini, saya sedikit banyak tahu lah pahit getir anak-anak Kobe merintis karier di industri musik. Benar-benar dari bawah. Bagaimana Ibu Fatimah Pringadi melarang Idham dan Helmi main musik, karena bisa ganggu sekolah, tapi mereka tetap nekat belajar musik.

Ibu Fatimah pun luluh dan malah membuat studio untuk sang anak. "Ya, sudah, kalau kalian serius di musik, silakan jalan terus. Sebagai orang tua saya hanya bisa berdoa dan mendukung," ujar Ibu Fatimah, ibunda Helmi [gitar] dan Idham [drum, perkusi], kepada saya.

Teman-teman dari kawasan Waru, dekat pabrik paku, sebelah timur Terminal Bungurasih, terbukti sangat serius. Kerja keras dengan pilihannya main musik. Setelah empat tahun tampil di berbagai panggung [lokal, regional, nasional], akhirnya KOBE dipercaya Log Zhelebour untuk rekaman.

"Potensi mereka bagus. Musiknya unik, lain dari ben-ben yang sudah ada," ujar Log Zhelebour. Produser dan promotor rock kawakan ini memang meminta generasi rock sekarang ini tidak mengekor rocker-rocker gaek yang musiknya sudah tidak diterima pasar sekarang.

Selain HELMI [gitar] dan IDHAM (drum, perkusi], personel KOBE di album peradana adalah PAY (gitar), DAYAT (bas), CHEKO (vokal), SANCHE (vokal), serta Rendy [DJ, sampler]. Adapun FARIZ yang ikut merintis KOBE kini berstatus "eks", namun ikut mendukung KOBE saat rekaman di Natural Studio Surabaya. Boleh dikata, KOBE ini relatif solid daripada beberapa band pemenang festival yang langsung berantakan pascafestival.

Ada 12 bernuansa modern rock hingga hip metal:

1. Pesta Rakyat,
2. Dimensi Lain,
3. Positive Thinking,
4. Cinta Ditolak
5. Ekstrim
6. Dunia Milik Berdua,
-------
7. Wake Up,
8. Menunggu Nada Cinta,
9. Tertipu,
10. Dokter Cinta,
11. Gang Dolly,
12. Rock Show.

Berbeda dengan grupgrup rock senior, yang selalu menyoroti masalah sosial, ketidakadilan, lingkungan, mengkritik penguasa..., hampir semua lagu KOBE bercerita tentang asmara anak muda. Sama lah dengan album ben-ben populer saat ini. Positive Thinking bertutur soal remaja yang putus cinta lalu nelangsa. KOBE kasih nasihat:

"Sakit hati bukan berarti pasrah
Pasti semua kan ada hikmahnya
Berusaha terus, terus berdoa
Anggap saja dia bukan jodohmu."


Juga ada lagu bertema "Mbah Dukun", namanya Cinta Ditolak. KOBE pakai ungkapan "cinta ditolak dukun bertindak". Saya rasa frase ini sudah terlalu klise di Jawa Timur, bahkan Indonesia. Bukan ungkapan baru nan segar. Mungkin inilah cara KOBE mengambil hati penikmatnya. Syair dibuat sesederhana mungkin, musiknya pun manis, meskipun warna rock, metal, sangat terasa.

Dua vokalis KOBE punya karakter berbeda. Satu vokal nyanyi dengan manis, macam ben-ben sekarang {Peterpan, Padi, Nidji, dan sebangsanya]. Kemudian vokalis satunya "merusak suasana" dengan auman khas rocker. Ramuan musik KOBE dari dulu memang demikian. Dan, terbukti, konser-konser KOBE selalu dipenuhi anak-anak muda di Sidoarjo dan sekitarnya.

Akankah album debut KOBE ini diterima pasar musik? Waktu jugalah yang akan menjawab. Yang jelas, KOBE berusaha menawarkan hal baru di tengah industri musik nasional yang dijejali ben-ben beraliran pop-manis. Ini jelas tantangan berat bagi KOBE mengingat hampir semua anak muda kita sejak 10 tahun lalu menikmati sajian musik yang mirip-mirip.

Apa pun hasilnya, mengutip judul album ini, KOBE hendaknya selalu berpikir positif. "Tetap tenang, positive thinking!" kata syair lagu KOBE.

Selamat untuk Helmi, Idham, Cheko, Sanche, Pay, Dayat, Hendy!

ALAMAT KONTAK

E-mail : logz[at]logissgroup.com
Faksimili : [021] 666 93766
Mobile : 081 671 8815
Website : www.logissgroup.com


BACA JUGA
Kobe Band Sidoarjo yang naik daun.

35 comments:

  1. musiknya kurang enak lah. aku sih harap lebih dari temen2 kobe. btw... selamat deh untuk kobe.

    ReplyDelete
  2. juancukkkkkk..........oke lah ni band lumayan...bwt meramaikan pasar musik indonesia...mengetarkan buangat...... siiiiiiiiiiiiiipppppppppppppppppppppp thanx

    ReplyDelete
  3. juancukkkkkk..........oke lah ni band lumayan...bwt meramaikan pasar musik indonesia...mengetarkan buangat...... siiiiiiiiiiiiiipppppppppppppppppppppp thanx....bubuy_cah cileduggggggg raya yang sering banjirrrrrrrrrrrrrrrrrrr. mother suwooooooonnnnnnnnnnn rek

    ReplyDelete
  4. Saya g bgitu suka dengan musik underground tapi liat gaya dan cara bermusik "KOBE" trutama vocalisnya yang melengking mbikin bulu mrinding sampe tutup kuping untung gak sampe kencing,.. aku langsung cari info sapa Kobe ini.. Oalah arek S'darjo.. Bravo.. buat KOBE.. Kowe Memang Beda Banget.

    ReplyDelete
  5. wuedaaannn... kobe! selamat sukses!!!

    ReplyDelete
  6. albumnya jelek, kayak rock malaysia aja. logonya ja yg sangar.

    ReplyDelete
  7. aku arek sidoarjo yg sekarang tinggal d batam,aku salut ma kobe, kalian is the best..........,
    begini seharusnya band sidoarjo,klo kwn2 atw crew atw personil kobe baca coment q,...tlng add q y,.....di japanesecool@yahoo.com
    thanksssss,,,,,,,,,,,,,,,,.
    eith,.,. jgn lp krm ft kobe klo pnya,ok

    ReplyDelete
  8. AKU AREK SIDOARJO YG SEKARANG D BATAM,AKU SALUT MA KOBE U IS THE BEST,,.BEGINI SEHARUSNYA BAND SIDOARJO,.,.,.,.,.,.,.
    KLO ADA KWN2 ATW CREW ATW PERSONIL KOBE YANG BACA INI TLNG ADD FS AKU Y ,D japanesecool@yahoo.com
    thankssssssssssssssssssssssss

    ReplyDelete
  9. AKU AREK SIDOARJO YG SEKARANG D BATAM,AKU SALUT MA KOBE U IS THE BEST,,.BEGINI SEHARUSNYA BAND SIDOARJO,.,.,.,.,.,.,.
    KLO ADA KWN2 ATW CREW ATW PERSONIL KOBE YANG BACA INI TLNG ADD FS AKU Y ,D japanesecool@yahoo.com
    thankssssssssssssssssssssssss

    ReplyDelete
  10. sumpah lagunya bagus banget terutama yang PESTA RAKYAT dan POSITIVE THINKING AKU GA' BOSEN DENGERIN TIAP HARI TAPI KENAPA SICH KOK
    JARANG PERNAH NGADAIN KONSER ? AKU FANS BERAT LHO

    ReplyDelete
  11. AKU TITO PRASESA AREK JEMBER FANS BERAT KOBE LAGUNYA NGEROCK BANGET POKOKNYA KOBE ROOOOOOOOOOOOOCK!

    ReplyDelete
  12. I Love Kobe.. Kapan neeh maen di Magelang en Jogja??? bwt sanche.. suara moe seky abiez.. gue suka gaya lo..

    ReplyDelete
  13. sukses kobe!!!!

    ReplyDelete
  14. KOBE AINK BANGETTTTTTTTTTTTTTT,

    ReplyDelete
  15. menurut gue band kobe ini ngerooook abis jek gue harap band ini maju terus terutma pada personil melodi gue suka banget ma skillnya gitu oy nama gue kanzhy thank for u

    ReplyDelete
  16. buat kobe guwe ngefans banget. sampeeeee guwe nyanyiin di sekolah 'n kata temen2 gw dijulukin "demam kobe". dimas spenaga boement

    ReplyDelete
  17. yang dimas diatas lengkapnya dimas hasan kurnia alamat taman winangun rt4 rw1 kebumen. yg mau main boleh

    ReplyDelete
  18. yang dimas diatas lengkapnya dimas hasan kurnia alamat taman winangun rt4 rw1 kebumen. yg mau main boleh

    ReplyDelete
  19. aku salut sama kobe... mereka sangat kompak dalam bermain, walaupun alirannya rock, tapi mereka bisa menciptakan musik rock yang enak di dengar.. apalagi dengan keluarnya album terbarunya.. Lebih siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip..

    ReplyDelete
  20. kita hrs bangga punya kobe, ben yg bener2 dr bawah. sukses kobe!!!

    ReplyDelete
  21. gw lebih seneng denger lagu kobe dari pada lagunya RAJA...
    udh kaya tai,lagu na...
    banyak gaya dah kaya RAJASINGA...

    enakan lagu na kobe...
    kobe jaya terus ya...
    sukses kobe....

    ReplyDelete
  22. aku ngefans bgt ma KOBE cayo......100x

    ReplyDelete
  23. salut sama kobe. ben yg bener2 dr bawah.

    ReplyDelete
  24. kobe emag the best dach.. gue salut bgt dah ma kalian semua nya

    ReplyDelete
  25. hiiiiiiii sobat2 kobe! kpn nie tampil di tv cozzz Q kangen ma lagu2 kliannnnnnn cmuack!! ox kpn nie bwt laGU YANG KERENNNNNN abieeeeees,?!!!!!!!! ox knp q stiap tlpn ke no sobat kobe kok yg angkat slllu menejerx?knp gak klian azzzaa!!!!!!!!!!!!!!!1

    ReplyDelete
  26. Selamat buat kobe,
    Lumayanlah untuk meramaikan musik tanah air.....
    KeepRockAholic!!!!!!

    ReplyDelete
  27. nurus shobachatul m6:46 PM, August 27, 2009

    aq n9e-fans banget..kobe m4ng keren bgt

    ReplyDelete
  28. I LOVE KOBE....
    Gue Ngepans Banget Ma Kobe..........
    Kapan Album Baru Muncul-y?
    Ciptain lAgu yg Judul-y KOBE UNTUK KOBENITAS Donk....

    ReplyDelete
  29. gw sangat ngefens ma sanche .,,q cinta kobe .,., smga klian jdi no satu dan di pilih kobe jadi # 1 add q ya kobe doniplgband@yahoo.com

    ReplyDelete
  30. kobe kapan konser di krian lagi,q nak kobenitas lo,album ke-3 kapan keluar

    ReplyDelete
  31. Salam Kobenitass dari mojokerto . . . .
    music n lagu kalian enak banget di denger. . . .
    Kpn kalian manggung lagi. . . .?? trutama yang q tunggu konser di mojokerto. . . .
    Bagi yang gk suka Kobe Band,,,,MATI AJA LOE !!!
    Salam 3 jari . . . .

    ReplyDelete
  32. kobe.... lagu2,nya pda kren2,,,
    gw ska bnget"s...
    btw kpan album bru nya?

    ReplyDelete
  33. kobe nitas se indonesia and asia......salm aj ku harap album ke selanjut ya muncul karna gue ga sabar untuk dengerin lagu yg enak .....cuma kobe band yg bisa bikin hidup gue ga sepi karna di setiap hari gue denerin lagu kobe......semoga kobe band semakin sukses.....by anak indramayu.....

    ReplyDelete
  34. aq ucapin selamat bwt KOBE ja.....................
    aq ngefens ma kalian waktu pertama kali kobe muncul dilayar tV.tp krna aq hdup di pedesaan,jadi cuma sedikit aq tahu informasi ttg kalian,lagu2 kalian yang slalu tmni aq disaat aq lagi kesepain.....slm bwt kak cheko,& kwn2 so sluruh KOBENITAS di Indonesia.

    ReplyDelete