13 January 2008

Maharani Kahar, si Desember Kelabu




DESEMBER KELABU
By A. Riyanto

Angin dingin meniup mencekam
di bulan Desember
air hujan turun deras dan kejam
hati berdebar

kuteringat bayangan impian
di malam itu malam yang kelabu
kau ucapkan kata
selamat tinggal sayang

Bulan madu yang engkau janjikan
semakin melayang
lenyap hilang ditelan air hujan
engkau tak datang

Bulan ini Desember kedua
aku menanti dua tahun sudah
kusabar menanti ku dilanda sepi

Angin dingin menusuk di hati
terasa oh nyeri
bulan madu tinggallah impian
tanpa kenyataan

Sinar cinta seterang rembulan
kini pudar sudah
Desember kelabu selalu menghantui
setiap mimpiku


Tembang DESEMBER KELABU ini membuat nama Maharani Kahar sangat terkenal di seluruh Indonesia pada 1980-an. Di mana-mana lagu pop manis ini dinyanyikan. Dibawakan dalam berbagai versi. Sri Maharani Kahar pun berbunga-bunga. Gak nyangka lagunya menjadi hit.

"Padahal, saya sih nyanyinya biasa-biasa saja. Diajak Om Kelik masuk studio, nyanyi, ya, sudah," cerita Maharani Kahar kepada saya di Surabaya beberapa waktu lalu. Oh, ya, Mbak Rani ini tinggal di kawasan Pagesangan, tak jauh dari Masjid Al Akbar Surabaya.

Kehidupan Mbak Rani saat ini jauh dari industri musik pop. Dia juga tidak lagi merasa dirinya artis. Juga bukan penyanyi yang pernah sangat terkenal pada 1980-an. Bagi Mbak Rani, lebih baik bicara masa sekarang atau masa depan ketimbang bercerita tentang masa lalu.

"Buat apa? semuanya kan sudah lama berlalu. Aku ini orang biasa kok. Hehehe...," ujar karyawan sebuah perusahaan badan usaha milik negara [BUMN] itu.

Toh, pesona Maharani Kahar belum sirna. Setidaknya bagi remaja 1980-an yang pernah menikmati lembutnya suara sang Maharani di masa keemasan. Mereka tetap melihat Mbak Rani sebagai biduan yang pernah 'membius' telinga orang Indonesia. Maka, Mbak Rani kerap didapuk menyanyi di berbagai acara. Juga memintanya sebagai pembawa acara [MC] di kantor serta komunitas-komunitas tertentu.

Tak ingin mengecewakan penggemarnya, Maharani Kahar pun menyanyi. DESEMBER KELABU pun menjadi lagu wajib yang mustahil diabaikannya. "Padahal, lagu-lagu saya banyak lho. Bukan cuma DESEMBER KELABU," tutur perempuan yang ramah dan murah senyum ini.

Seperti diketahui, belantika musik pop Indonesia pada 1970-an dan 1980-an belum seheboh sekarang. Industri musik masih dalam taraf awal. Penyanyi belum banyak, band masih sedikit. Para orang tua masih melarang anak-anaknya terjun sebagai penyanyi, bintang film, atau dunia kesenian umumnya. Sebab, artis atau seniman belum dianggap sebagai profesi yang bisa menjamin masa depan.

Maka, penyanyi masa itu hanya sebagai hobi saja. Hitung-hitung untuk menghibur diri sendiri atau teman-teman. Beda dengan masa sekarang, di mana para orang tua justru mendorong anak-anaknya ikut AFI, KDI, Indonesian Idol, atau berbagai event agar anak-anaknya bisa jadi artis. Banyak orang tua bahkan nekat menghabiskan puluhan atau ratusan juta rupiah agar anaknya jadi penyanyi. Padahal, modal suara si anak pas-pasan. Gila benar!

Nah, Mbak Maharani Kahar mengaku tidak pernah bercita-cita menjadi penyanyi. Apalagi, masuk rekaman dan suaranya dikenal orang dari Sabang sampai Merauke. Rani kecil sangat mengutamakan sekolah, pendidikan. Namun, singkat cerita, Om Kelik alias A. Riyanto pada suatu ketika berhasil menemukan gadis remaja di Surabaya. Manis, merdua suara, layak direkam suaranya.

Lantas, pencipta dan penata lagu ternama di era 1970-an dan 1980-an ini menulis DESEMBER KELABU. Lagu ini disesuaikan dengan karakter suara Maharani Kahar. Almarhum A. Riyanto memang sangat piawai membuat lagu yang disesuaikan dengan karakter si penyanyi. Ambitus suara, timbre [warna suara], tebal tipis suara... semua karakter penyanyi dicermati betul oleh Om Kelik alias A. Riyanto, ayahanda artis Lisa [Elizabeth Riyanto].

Hasilnya memang luar biasa. Lagu DESEMBER KELABU melejit berkat suara Maharani Kahar. Sejak itulah Mbak Rani menancapkan namanya sebagai penyanyi pendatang baru di Indonesia. Job mengalir, namun Mbak Rani lebih fokus ke sekolah. "Lha, kalau aku nyanyi terus, masa depan saya bagaimana? Kan nggak mungkin orang bisa hidup hanya dari menyanyi dan menyanyi," ujar Maharani Kahar.

Karena fokus ke sekolah, nama Maharani Kahar lama-kelamaan tenggelam. Padahal, lagu DESEMBER KELABU tetap saja melejit lantaran selalu diputar di radio-radio swasta. Tiap bulan Desember hampir pasti DESEMBER KELABU mewarnai radio-radio di seluruh Indonesia. Asal tahu saja, dulu di radio-radio swasta [juga RRI, Radio Republik Indonesia] yang berada di gelombang AM punya acara PILIHAN PENDENGAR.

Yakni, para pendengar mengirim surat, kartu pos, atau kupon meminta diputarkan lagu pop yang disukai. Lagu itu dikirim untuk siapa dengan ucapan.... Ketika telepon [biasa, belum ada seluler] mulai masuk ke rumah-rumah, pendengar minta lagu dan kirim salam. Nah, pada saat itu DESEEMBER KELABU menjadi lagu favorit pendengar radio.

"Mbak minta lagu DESEMBER KELABU untuk Mas Arif di Sepanjang. Dengan ucapan selamat bersantai dan jangan lupa sama saya," ujar seorang pendengar radio di Surabaya pekan lalu. Hehehe.... Ternyata, di tahun 2008 ini pun masih ada saja orang Surabaya yang gandrung DESEMBER KELABU.

Kok popularitas lagu DESEMBER KELABU jauh melampaui penyanyinya, Maria Margaretha Sri Maharani Kahar, ya? Mbak Rani tertawa kecil. Dia mengaku geli juga dengan kenyataan ini. Namun, dia merasa bangga karena sedikit banyak telah mewarnai belantika musik pop Indonesia dengan suaranya.

"Puji Tuhan, ternyata orang masih ingat saya! Padahal, saya sudah bertahun-tahun nggak terlibat lagi di musik pop," kata Mbak Rani yang makin lama makin religius.

Dia bangga karena telah mempersembahkan talenta berupa suara emasnya untuk dinikmati orang banyak. Waktu berganti, zaman berlalu, tapi DESEMBER KELABU tetap dikenang. Kalau mendengar lagu DESEMBER KELABU, saya selalu ingat Mbak Rani yang ramah, murah senyum, dan optimistis.




Judul Album : Desember Kelabu
Penyanyi : Maharani Kahar
Tahun Produksi : 1982
Produser : A. Riyanto
Produksi : Yulia LL Records

DAFTAR LAGU

1. DESEMBER KELABU
A. Riyanto
2. IMPIAN SUNYI
Dadang
3. MUSIM PETIK
Gagoek
4. ILUSI BIRU
Syech Abidin
5. SEMUSIM DUKA
Dadang
6. INDAHNYA CINTA SUCI
Syech Abidin
7. HATI SEORANG KAWAN BARU
A. Riyanto
8. NYANYIAN RINDU
Martin M.
9. SETAHUN TELAH BERLALU
Harry DH
10. BUKIT BERBUNGA
Yonas Pareira
11. TAK INGIN TIDUR LAGI
A. Riyanto

12 comments:

  1. wuiih... ibu maharani ternyata sukses berkarir ya. aq senang banget september kelabu.salam buat beliau.

    ReplyDelete
  2. Mas Hurek, artikel "Maharani Kahar, si Desember Kelabu" ini saya pungut ya, untuk di serba jadul dan di Tina Saxophone.

    Salam,
    Dimas Anto.

    ReplyDelete
  3. Nah ini nih penyanyi aslinya. kangen dengar suaranya lagi. TYB

    ReplyDelete
  4. irene_arlita@rocketmail.com2:47 AM, May 18, 2010

    Mau tanya nih lagunya mba Maharani yang sebenarnya aku lupa judulnya, tapi aku sdikit ingat Reff nya kalau gak salah " Mungkin kau sengaja begitu, kau sengaja mencari penyebab perpisahan.... " dah lupa tuh.. Pengen banget dapatkan lirik lagunya, bisa gak ya!

    ReplyDelete
  5. Bantu dikit buat Irene_arlita@rocketmail.com
    Judul lagunya Apa Salahku, karya Alm. Pance

    ReplyDelete
  6. Sudah 38 th berlalu, tapi lagu ini tetap berkasan di hati.

    ReplyDelete
  7. saya sudah bertahun2 sekantor sama beliau. hampir tiap hari kl lewat didepan ruangan beliau sering dengar suara merdunya bernyanyi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku lagi wae pindah Bandung lagu iku populer lan disenengi wong akeh, luwih-luwih sing lagi kasmaran, bener-bener cocok pisan. ayeuna oge abdi masih keneh resep pisan, unggal poe ku abdi disetel. hatur nuwun pisan ka Teh Maria Margareta Sri Maharani Kahar. ti Yohanes Marjudin urang Yogya anu ngumbara ka Bandung!!!

      Delete
    2. Memang lagune pas kanggo sapa wae, benar-benar Si Suara Emas yang rendah hati mBak Maria Margaretha Sri Maharani Kahar. Beruntung Anda yang mengenal dekat.

      Delete
  8. Mengingat. Dan mendengar. Lagu. Itu seperti pergi ke tahun 80an.. berkumpul dan bercengkerama. Dgn teman2 sukses.mbak maharani.. thanks mas johanes.

    ReplyDelete
  9. saya mau mendenagarkan lagu mbak Maharani Kahar yang judul mariska (?) kalau gk salah cmiw.......

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete