29 September 2007

Terkenang suara Ria Angelina



Pada tahun 1980-an musik pop kita pernah diwarnai pop manis, sweet pop. Belakangan Menteri Penerangan Harmoko [waktu itu] mengecapnya sebagai lagu-lagu cengeng. Penyanyi-penyanyi manis ini [wajahnya pun manis] murni penyanyi studio. Modal suara tak harus bagus karena bisa dipoles di studio.

JK Records [JK = Judhi Kristianto] sempat berjaya pada 1980-an dengan lagu-lagu pop manis. Secara musikal sangat sederhana, akor-akor terbatas, ambitus nada terbatas [sehingga gampang dinyanyikan], tidak menuntut skill menyanyi atau bermusik tingkat tinggi. Toh, kaset-kaset JK laku keras di pasaran.

Apalagi, artis-artis JK kerap tampil di TVRI [satu-satunya televisi], khususnya di acara Aneka Ria Safari [presenter: Sri Maryati, ke mana sekarang ya?], Selekta Pop [presenter: Mariana Ramelan], Kamera Ria, Album Minggu Ini. Nah, RIA ANGELINA pernah menjadi penyanyi andalan JK Records.

Saya sebut 'andalan' karena JK senantiasa melibatkan Ria Angelina di berbagai album. Waktu itu lazim dibuat lagu duet, di mana Ria kebagian suara perempuan. Taruhlah album Obbie Messakh, Deddy Dores, Rachmat Kartolo... Ria pun dilibatkan. Suara Ria yang mendesah, tipis, cenderung berbisik, macam orang tidak niat nyanyi pun terasa khas.

Sebaliknya, saat merilis album, gantian Obbie Messakh berperan membawakan suara laki-laki. Pola duet sederhana [sejatinya bukan duet] karena si laki-laki/perempuan hanya menyanyi di satu kuplet kecil. Toh, saya masih ingat, ketika usia saya masih bocah, lagu-lagu Ria Angelina sangat populer di Flores Timur. Ke mana-mana saya dengar kakak-kakak kelas saya bersenandung:

"Yang, selamat bermimpi
Ku ucapkan untukmu dari sini.
Yang sebelum terlena
Ukirlah namaku di relung hatimu...."


Manis banget, cenderung manja. Rayuan-rayuan remaja tahun 1980-an memang terasa lembut, tidak urakan macam sekarang. Kalau kita dalami lirik-lirik lagu sebelum 1990-an, terasa sekali kalau perempuan masa itu lembut, halus, pasrah, tidak neko-neko, meskipun kerap disakiti pasangannya.

Kenapa Ria Angelina populer di Flores Timur? Saya kira, Ria [dan sejumlah artis JK] bisa dibilang mewakili perasaan kaum perempuan pada masa itu. Dua toko kaset terkenal di Jalan Niaga Larantuka [pecinan] dulu juga sangat doyan memutar lagu-lagu JK. Belum lagi Radio Pemerintah Daerah [RPD] Flores Timur di Podor kerap memutar saat acara pilihan pendengar. Salah satu penyiarnya, Bung Aldo, guru bahasa Indonesia saya. Bung Aldo sangat terkenal di Larantuka, masa itu.

Kembali ke Ria Angelina. Belum lama ini saya menemukan kaset 'the best' Ria Angelina di emperan Jalan Pemuda Surabaya. Saya jajal dengan walkman, ah ternyata masih enak didengar. Saya seakan-akan dibawa ke alam Flores Timur, tatkala suara Ria Angelina banyak diperdengarkan di kampung.

Saya ingat, kakak kelas saya bernama Nikolaus [sapaannya Laus] bermain gitar dan mengiringi teman-temannya menyanyi. Skill bermain gitar Kak Laus ini luar biasa. Di tangannya, gitar menghasilkan nada-nada yang enak, tempo pas, sehingga siapa saja bisa menyanyi dengan baik.

Di Indonesia, gitar ada di mana-mana, tapi sebetulnya hanya segelintir orang yang bisa main gitar dengan baik dan benar. Saya terus terang sulit menemukan gitaris [akustik] dengan kemampuan prima macam Laus, termasuk di Jawa.

Ria Angelina, seperti penyanyi-penyanyi JK lainnya, membawakan lagu ciptaan Obbie Messakh, Pance Pondaag, Deddy Dores, dan Judhi Kristianto. Ria, yang saat itu mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanegara, Jakarta, kalau tak salah, juga menulis lagu sendiri seperti Bersemi dalam Sunyi. Pas dengan karakter suaranya yang lembut, berbisik, ambitus kecil, lagu-lagu Ria Angelina mengingatkan kita pada kekasih yang lembut dan pasrah.

Setelah kerja keras, banyak berpikir, menghadapi tekanan deadline, lagu-lagu Ria Angelina kontan menurunkan ketegangan saya. Stres langsung hilang. Apalagi, suaranya seakan membawa saya ke kampung halaman di Flores Timur.

Jangan kau tanyakan lagi
Kesetiaan diriku
Atau pengorbananku untukmu
Mungkin kaulah yang lebih memahami
Kesabaran hati ini

Jangan kau tanyakan lagi
Pengabdian diriku
Untukmu kupasrahkan hidupku
Siang dan malam terucap dibibir
Doa untukmu kasihku

Di sini di sudut kota
Kucari damai di sisimu
Semakin ku sendiri
Semakin kusadari
Sepinya hidupku
Masih hangat terasa pelukanmu
Sayang, engkau sayang



Ah, Ria Angelina, yang benar saja! Liriknya dan melodinya beda nian dengan lagu-lagu masa sekarang yang makin liar, kasar, jauh dari kelembutan. Zaman memang sudah jauh berubah!

Saya kadang-kadang ingin bertemu dan berwawancara khusus dengan artis-artis penyanyi 1980-an, 1990-an, macam Ria Angelina dan artis-artis JK. Masa keratisan mereka sangat pendek. Rata-rata tak sampai 10 tahun. Mereka hanya sekelebat saja muncul di belantika musik Indonesia.

Ada yang rilis satu dua album, kurang laku, lalu hilang. Menekuni studi, bekerja di luar urusan musik, menikah, jadi ibu rumah tangga, kemudian tua dan meninggal dunia. Mereka menjadi orang-orang biasa dengan berbagai persoalannya. Coba, siapa yang tahu di mana nama-nama penyanyi 1980-an/1990-an ini:

Annie Ibon, Marina Elsera, Prilly Priscilla, Gladys Suwandhi, Meta Armys, Mega Selvia, Fenny Bauty, Nindy Ellesse, Hana Pertiwi, Lidya Natalia, Ria Resti Fawzy, Endang S. Taurina, Christine Panjaitan, Iis Sugianto, Nella Regar, Eva Solina, Dian Piesesha, Angel Pfaff.....

Yah, masa keartisan penyanyi di Indonesia umumnya memang tidak pernah panjang. Kecuali biduan-biduan unggulan macam Titiek Puspa atau Broery Marantika yang eksis sepanjang hayat. Apa pun kata orang, kecaman orang, saya berterima kasih kepada Ria Angelina dkk yang pernah 'memaksa' saya dan teman-teman duduk berlama-lama di depan toko kaset di Larantuka tempo doeloe.

Kenangan lama itu tak pernah saya lupakan. Mbak Ria, apa kabarmu sekarang? Jadi dokter di mana nih? Salam kangen. Mbak!



BIRUNYA RINDUKU
By Obbie Messakh

Pernahkah kau rasakan
rindu datang tiba-tiba
Ketuk hatimu, ajak langkahmu
datang ke sini oh... oh...

Kalau tiada kupunya
Rasa malu dalam hati
Mungkin di sana kamu dan dia
Duduk berdua cerita indah
tentang asmara

ULANGAN

Mengapa harus kau tanggung rindu
Hanya karena malu
Aku pun mengerti, aku pun sadari
Tapi rasanya berat langkahku ke sana
Wow... wow.... wow....

Insan yang mana bila bercinta
Tak rasakan rindu
Oh, inikah cinta buatku gelisah
Tiada menentu

Biarlah ku di sini
Di pembaringan sepi
Angan melayang hilang perlahan
Tinggal harapan dalam impian
Jumpa kau pujaan




BILA ENGKAU SENDIRI
By Pance F. Pondaag

Bila kau masih hidup sendiri,
Jangan kau bersedih
Aku di sini masih menunggu

Cinta yang pernah engkau berikan
Masih ku rasakan
kuanggap engkau masih milikku.

REFREIN

Siang dan malam aku berdoa
Ku pinta engkau datang kembali
seperti yang dulu
Lihatlah, sayang, sinar mataku
Di sana ada terukir kesetiaanku
padamu.


ELEGI RINDUKU
By obbie Messakh

Yang, selamat bermimpi
Kuucapkan untukmu dari sini
Yang, sebelum terlena
Ukirlah namaku di relung hatimu
Yang, cepatlah kau datang
Pintu mimpiku terbuka untukmu

Bawalah daku dalam mimpimu
Seperti kau lihat disini,
Di mataku hanya ada kamu

(Obbie)
Bermimpilah, bermimpi kita
Bagai ratu dan raja sehari

(Ria)

Bermimpilah, bermimpi kita
Tentang pulau Bali yang indah
Tempat yang kita janjikan
Pergi berbulan madu
Bunga-bunga kintamani menari

28 comments:

  1. hehehe... itu artis jadul kesukaan mamaku. makaci ya dah nulis artikel ini.

    ria

    ReplyDelete
  2. hmmm... kecantikan khas 80an. mas hurek kayaknya punya banyak melodi memori nih. salam kenal.

    benny, tangerang

    ReplyDelete
  3. jadi inget penyanyi jadul. salam musik.

    ReplyDelete
  4. yah kangen juga sama ria angelina. pernah ngetop, tiba2 hilang sama sekali. kecian banget penyanyi jadul 80an.... industri musik emang kejam. mudah2an udah jadi istri org sukses.

    ReplyDelete
  5. gambare terbalik mas
    tape kemana dia yah ?
    mungkin dah jadi istri juragan kalee
    koq ada dede oetomo segala emang sehati juga yah

    ReplyDelete
  6. mas hurek,

    salam kenal ya...
    tau lagunya ria yang" bila kau masih hidup sendiri jangan kau bersedih, aku disini masih menunggu, cinta yang pernah engkau berikan masih kurasakan,,,
    Tau judulnya gak mas?

    ReplyDelete
  7. Salam kenal juga untuk ANONIM terakhir ini. Ojo lali tulis jeneng, rek! Memenuhi permintaanmu, saya posting lirik lagu BILA ENGKAU SENDIRI dari Ria Angelina. Moga-moga bisa membangkitkan kenangan lamamu.

    Salam damai.

    ReplyDelete
  8. saya punya segudang koleksi artis2 JK, bahkan sampai kenal dan bersahabat sampe sekarang. kita sering telp2nan atau sekedar sms, mungkin aku adalah salah satu fans yang paling beruntung bisa mrengenal mereka. dan ampe pun tuhu apa kegiatan mereka....

    ReplyDelete
  9. dari sejuta fans artis2 JK mungkin aku salah satu dari yang beruntung bisa mengenal diantara mereka, gak sia2 aku koleksi kaset2 artis jk. sampe skrg pun aku masih bisa telp2nan atau sekedar sms sama mereka, Ria angelina, prilly priscilla, mega selvia, annie ibon, hana pertiwi artis2 jk yang pernah ku kenal

    ReplyDelete
  10. Mas Prillo Setiyono, terima kasih atas tambahan informasimu. Gak nyangka kalau anda punya koleksi dan kedekatan dengan artis2 JK.
    Bagaimana kalau saya dikasih nomor kontak beberapa artis, yang saya nilai paling disukai orang NTT tahun 1980-an dan 1990-an: Ria Angelina, Lydia Natalia, Annie Ibon, Mega Silvia?

    Sekali lagi, terima kasih.

    ReplyDelete
  11. ria, suaramu halus, manis, berbisik. bikin kangen deh.

    ReplyDelete
  12. Artis2 JK kayak Ria memang banyak dikecam, tapi penggemarnya juga banyak. Sekarang tinggal kenangan aja.. gak ada lagi penyanyi yg kayak Ria cs...

    ReplyDelete
  13. mantap nih lagu terkenang banget

    http://www.backlinkgratis.com

    ReplyDelete
  14. kaset lagu-lagu ria sampe sekarang masih aku simpan,tapi untuk mp3 yg bisa didownload masih kurang lengkap lagunya

    ReplyDelete
  15. wah ternyata bukan aku seorang yang tergila gila sama artis jk,terutama Ria angelina.ada gak yang bisa bantu aku mendapatkan mp3 Ria angelina-Bila Engkau Sendiri dan kaset vol3 dan 4 Ria angelina? mas anjar atau prillo...please (junaidi Bengkulu)

    ReplyDelete
  16. selamat paskah....
    salam kenal.....beberapa lagu Ria mengingatkan saya sebuah memory masa lalu di sebuah kota pedalaman kalimantan tengah saat lagu itu populer saya sudah SMA. Meskipun itu tdk mungkin akan terulang tetapi...lagu Ria...selalu mengingatkan aku akan sebuah kenangan yang terindah itu..heheh..lagu Samson Kali.....
    Trims Lambertus
    Salam: Soni

    ReplyDelete
  17. di tempat sya susah sekali nyari lagu kenangan,udah cape bolak balik nyari kaset ria angelina.....
    di internet juga terbatas......
    yg punya lagu ria,masukin(posting)dong....please

    ria,i lov y.......

    ReplyDelete
  18. saya gi coba mengumpulkan lagu lagu kenangan silahkan mampir ke blog saya sapa tau ada lagu kesayangan anda http://getch-info.blogspot.com saya juga penggemar berat lagu romantis 80 an

    ReplyDelete
  19. Wah.... makasih banyak. Saya dah lama mencari lagu yang ternyata judulnya adalah "Birunya Rinduku" yang dinyanyikan oleh Ria Angelina. Saya hanya ingat sedikit liriknya. Saya kira judulnya Jumpa Kau Pujaan ternyata bukan. Makasih banyak semoga sukses.

    ReplyDelete
  20. ria angelina artis idola saya samapi sekarang. ria saya kangen, kapan nyami lagi dan tampil di tv

    ReplyDelete
  21. Mas Hurek, gak tau napa juga kalo baca tulisanmu ini pikiran serasa jauh melayang ke masa 20 tahun lampau.. ayo bung, buat lagi tulisan2 seperti ini bunnggg....

    ReplyDelete
  22. ada yang tahu alamat ria angelina nggak? atau no telpnya?

    ReplyDelete
  23. melankolis banget mbak ria ini. gua jadi inget almarhum ibu saya...

    ReplyDelete
  24. memori yg luar biasa, masa2 indah ktk aq masih kecil n ortu masih lengkap.... ah, sekarang rambutku mulai uban, anak udah pada gede...

    ReplyDelete
  25. Coba buka account FB... kemudian add FB Group "INGAT MUSIK POP INGAT JK RECORDS" ...disana begitu gebyarnya membicarakan lagu-lagu dan artis JK. Dian Piesesha, Chintami, Prilly, Meta Armys, dll artis JK... semua masih eksis di FB....
    dari aku
    FB = PINOHARA HIRATA

    ReplyDelete
  26. Jadi ingat sewaktu kelas II SD, almarhumah kakakku sering putar lagu-lagu ini sewaktu merapikan rambut,tas,dan pakaianku. Kakak I MISS YOU.

    ReplyDelete
  27. Gue seneng banget denger lagu2 Ria Angelina...capek, kesel sesaat langsung hilang begitu dengar suaranya...suaranya yang merdu menghilangkan penyakit insomniaku....keren buanget kaaaann....Btw kemana dia sekarang....????

    ReplyDelete
  28. Yaa klu ingat th 80'an,pasti ingat "aneka safari.di situ artis" Ria angelina, Nia Daniati,Helen Sparingga dkk.tampil dilayar Tvri.dipandu sm presenter Sri Mariati.polos"... Sepolos cinta jaman dulu.. Satu pacar cukup...Gak ada slingkuh,.... Hhhhh

    ReplyDelete