21 July 2007

Edy Tatang Koleksi Semua Album Ervinna


Saya baru saja menerima surat dari Bapak Edy Tatang Suhayana, Jalan Jati Gan Pusaka 1020 RT 07/06, Rengasdengklok, Jawa Barat. Dia penggemar berat penyanyi Ervinna. Bukan sekadar gemar, Pak Edy ini menoleksi hampir semua koleksi album Ervinna sejak awal 1970-an... sampai sekarang.

'Sambil menulis surat ini saya memutar lagu2 Ervinna dari piringan hitam Ervinna Golden Hits of 20th Century. Dan tiap awal tahun saya selalu membesihkan dan memutar kaset2 Ervinna itu supaya gak macet,' ujar Pak Edy Tatang dengan tulisan tangannya yang ruwet tapi masih bisa dibaca.

Pak Edy Tatang juga menceritakan daftar koleksi album Ervinna-nya. Saya geleng-geleng kepala, sulit membayangkan, ada penggemar fanatik macam beliau. Boleh dikata, hanya segelintir plat/kaset/CD Ervinna, penyanyi senior yang sekarang tinggal di Jalan Kertajaya Surabaya, yang dia tak punya.

'Kok bisa ya ada penggemar seloyal Pak Edy?' batin saya. Harus diingat, album lama belum berupa CD/VCD/DVD sehingga penyimpanannya, apalagi sampai ratusan keping, bukan hal mudah. Butuh ruangan yang sangat luas, telaten, perawatan, dan seterusnya.

Pak Edy mengungkapkan, total koleksi album Ervinna di rumahnya, Rengasdengklok, ada sekira 180 kaset. 'Tapi sekarang tinggal kira2 150 kaset masih sering saya putar kok. Ada juga yg dipinjam teman tak dikembalikan lagi, ada yang rusak dan ada juga yang hilang,' tulis Pak Edy Tatang.

Rinciannya:

Ervinna Top Hits volume 1 - 12
Ervinna Golden Hits volume 1 - 8
Ervinna Favourits Hits volume 1 - 2
Ervinna Mandarin 19 kaset produksi Singapura
Ervinna Mandarin 12 kaset produksi Jakarta


'Kemudian, Ervinna disco, Jawa, keroncong, Tapanuli (2 volume), dangdut, dan lain-lain,' kata Pak Edy Tatang. Selain beli di kota kelahirannya, ia mengaku memburu album/plat Ervinna di Jalan Surabaya, Cikini, Jakarta. Ini bursa barang antik, termasuk rekaman tempo dulu, yang sangat terkenal di Jakarta.

'Tapi sudah hampir lima tahun saya tidak ke sana [Cikini]. Kalau kamu memang perlu catatan daftar lagu2 Ervinna dari tiap kaset, maka saya bersedia mencatatkannya. Masalahnya, saya tak bisa main internet. Saya orangnya gatek, Bo,' ujar Pak Edy yang hobi surat-suratan dengan sahabat pena.

Setelah masa keartisannya surut, Ervinna aktif di berbagai kegiatan rohani, bikin album gospel, hingga memimpin Bunda Kudus di Keuskupan Surabaya. Semua sudah saya tulis di blog ini. Ternyata, Pak Edy ini membaca print out blog saya yang diberikan seorang teman penanya.

'Spt kamu tulis di internet kalau Ervinna lagi menyiapkan kaset rohani bhs Mandarin. Kalau jadi pasti saya cari dan membelinya, Mudah2an ada VCD-nya supaya saya bisa lihat Ervinna sepuasnya. Bukan cuma sekadar suaranya saja yg merdu,' tulis Pak Edy.

Lagi-lagi, saya tak habis pikir dengan kecintaan Pak Edy pada artis idolanya, Ervinna alias Maria Monika Ervin, di Surabaya. Adakah artis-artis masa kini yang punya penggemar sefanatik Pak Edy Tatang?

6 comments:

  1. Ervinna seharusnya bahagia mempunyai fans setua kayaq Pak Edy ini...

    ReplyDelete
  2. bagus banget cerita ttg mbak ervinna. moga2 selalu sukses dlm pelayanan.

    ReplyDelete
  3. Ervinna,di mana kini.kangen sama suara dan tampilanmu.Moga Metro tv mengundangmu untuk acara " Zona Memory " masih ada......ku tunggu.........August Paloh

    ReplyDelete
  4. Saya juga penggemar berat Ervinna. Saya punya kaset tahun 80 an dari album Jangan Parkir-Lari Pagi-Secangkir Kopi- Ada Udang di balik batu dll.

    Thanks untuk blog ini.
    Ferry

    ReplyDelete
  5. Bang, saya penggemar berat lagu ervinna.

    Kalau boleh tahu, saya sudah lama banget cari judul lagu ini.

    Pagi pagi minum kopi mampir mas
    aduhai nikmat sekali
    ngobrol sana ngobrol sini
    walau uang di kantong tinggal setali
    ngobrol sana ngobrol sini pulang pulang dicaci maki sang bini

    kata mama kata papa
    sekarang jaman resesi
    putus cinta tak mengapa putus rokok oi setengah mati

    pusing pusing pusing kepala
    anak gadis puber pertama
    pusing pusing pusing kepala
    cari cari lowongan kerja
    jadi direktur oi nga ada potongan
    jadi peragawan aduh mas kurang keren
    jadi sopir bemo aduh aduh nga punya sim

    duh akhirnya pusing pusing jadi pengamen



    Terima kasih atas bantuannya,

    Salam
    Djonny_t@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun mencari lagu ini. Terima kasih...
      -- Sarawak, Malaysia

      Delete