09 June 2007

Black Brothers, Band Legendaris




Jumat pagi, 8 Juni 2007, saya tak sengaja menemukan kaset Black Brothers di Jalan Semarang, Surabaya. Ini tempat orang berjualan buku-buku bekas paling ramai di Kota Surabaya, Jawa Timur. Ada satu dua pedagang yang menjual kaset-kaset lama.

Kondisi kaset-kaset lama benar-benar parah. Penuh debu, pitanya sudah tak karuan. Kalau paitua tidak hati-hati bisa-bisa dapat kaset rusak. Mau dengar lagu apa? Makanya, hati-hati beli kaset bekas di Surabaya. Di Jalan Pemuda, samping Plaza Surabaya, kondisi kaset-kaset lama masih lebih bagus.

Nah, saya putar Best of the Best Black Brothers di walkman, eh.. ternyata bagus. Seluruhnya 22 lagu. Baguslah untuk tahu benar-benar karakter musik, vokal, cara bertutur, syair... dari band musik yang pernah berjaya di tanah air itu. Wah, orang hitam keriting dari Papua ternyata punya band bagus.

Black Brothers layak dicatat di buku sejarah musik pop Indonesia.

Sisi A:

Hari Kiamat,
Derita Tiada Akhir,
Ammapondo,
Tiada Senyum di Akhir Senja,
Hilang,
Kr. Kenangan,
Kisah Seorang Pramuria,
Untukmu Pramuria,
Wainapire,
Musik Masa Kini,
Kr. Gunung Sicloop.


Sisi B:

Terjalin Kembali,
Kali Kemiri,
Huembello,
Irian Jaya,
Doa Pramuria,
Balada Pramuria,
Pramuria tapi Biarawati,
Oh Sonya,
Persipura,
Terima Kasih.


Saya senyam-senyum sendiri. Kok ada LIMA lagu yang bercerita soal pramuria dan semuanya ditulis Hengky MS? Apa paitua Hengky ini? Barangkali punya pengalaman khusus dengan pramuria alias wanita penghibur? Entahlah. Hehehe....

Yang jelas, syair lagu Black Brothers rata-rata menggambarkan pramuria yang ingin bertobat. Kembali ke jalan benar. Pramuria, begitu kata lagu ciptaan Hengky MS, ingin menjadi biarawati. Kenapa tidak?

Hengky, motor grup ini, juga bikin Kisah Seorang Pramuria. Selama ini saya sangka ditulis oleh Charles Hutagalung. Eh, ternyata paitua-paitua dari papua yang bikin. Bagus betul itu lagu. Melodius, selalu mengandung harapan. Habis gelap terbit terang!

Semua lagu Black Brothers (lebih tepat sebagian besar), kecuali lagu rakyat, ditulis Hengky MS dan Jochie Phu.

Musik Black Brothers tipikal band tahun 1970-an. Melodinya manis, harmonis, tak berbelit-belit. Black Brothers pakai juga instrumen tiup [brass-wind instrument] sehingga lebih berwarna. Ada vokalis utama, pemusik lain membentuk kor atau suara latar.

Pola lagu Black Brothers memang memberi peluang untuk 'pecah suara' di beberapa bagian. Saya rasa ini bukan hanya khas Papua, tapi juga Maluku, Batak, Flores, atau Timor Leste. Vokalis utama atawa lead vocal kadang-kadang berperan sebagai solis, kemudian disusul nyanyi bersama dalam tiga sampai empat suara. Ini pula yang bikin lagu-lagu Black Brothers berasa manis.

Selain dua lagu rakyat Papua, Ammapondo dan Huembello, di kaset kumpulan hit Black Brothers ini, ada dua lagu berirama keroncong. Kr. Kenangan [Hengky MS] dan Kr. Gunung Sicloop [Jochie Phu]. Ini menarik karena selama ini musik keroncong identik dengan orang Jawa. Teman-teman Black Brothers ternyata bisa membawakannya dengan baik meski dengan gaya pop.

Saya pribadi paling suka Hari Kiamat [Jochie Phu]. Lagu ini ternyata juga sangat disukai teman-teman di Jawa Timur. Banyak teman saya hafal lagu ini.

"Syairnya sangat menyentuh. Kita diingatkan akan hari kiamat ketika Tuhan mengadili semua manusia. Kita diajak untuk tidak hanya terpukau dengan materi dan segala kenikmatan duniawi," ujar Sujatmiko, pegawai swasta di Surabaya.

"Saya kalau nyanyi di kafe atau tempat hiburan, ya, mesti Hari Kiamat. Lagunya enak banget, Mas. Ini lagu terbaik yang pernah saya dengar," pendapat Hartono Aje, mantan ketua Dewan Kesenian Sidoarjo, yang juga pengusaha kafe dan galeri lukisan di Sidoarjo.

Saya setuju 300 persen. Nah, berikut ini syair lagu Hari Kiamat yang legendaris itu.

HARI KIAMAT

Lagu/syair: Jochie Phu
Tempo : moderato (sedang)


Di tepi jalan si miskin menjerit
Hidup meminta dan menerima
Si kaya tertawa berpesta pora
Hidup menumpang di kecurangan

Sadarlah kau... cara hidupmu
Yang hanya menelan korban yang lain
Bintang jatuh hari kiamat
Pengadilan yang penghabisan

Itulah hidup semakin biasa
seakan tak pedulikan lagi
Tiada kasih bagi yang lemah
Disiram banjiran air mata

Sadarlah kau cara hidupmu
Yang hanya menelan korban yang lain
Bintang jatuh hari kiamat
Pengadilan yang penghabisan




Penyanyi Black Brothers, Hengky Miratoneng, meninggal di Belanda pada 19 April 2006 akibat penyempitan zat kapur di punggungnya. Hengky dimakamkan di Manado setelah tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado pada Sabtu 29 April 2006. Almarhum lahir di Inobonto, 16 Mei 1948.

Penyanyi bernama lengkap Hengky Sumanti Miratoneng ini dijemput istri tercinta, Meyske Unggu Sumanti, ditemani anaknya Arthur Miratoneng. Puluhan keluarga dan kerabat, juga penggemar, kompak mengenakan kaos hitam bertuliskan ‘Hengky MS Black Brothers'.

Hengky Miratoneng adalah salah satu musisi asal Sulawesi Utara yang menndirikan Black Brothers pada 1975 bersama Yohi Patipeiluhu (keyboard), Stevy Mambor (drum), Amrey Kaha (saksofon), Agus Rumaropen (gitar), Benny Betay (bas).

Rest in peace, Sang Pahlawan Musik!

100 comments:

  1. hi bro`Lambertus..
    perkenalkan saya Ari Junus,27th,asal kota Sorong-Papua
    saya sangat kagum dengan tulisan yang bro`Lambertus tulis, dimana bro`mendapatkan kaset Black Brothers di jl.pemuda Surabaya..kebetulan saya anak dari salah satu personil Black Brothers yaitu David R..sekedar informasi besok tgl.6 september 2007 di kota sorong digelar acara bertajuk "Mengenang Black Brothers" yang di prakasrasi oleh Pemda kota sorong dimana tujuan acara tersebut adalah mengenang kembali salah satu band kesayangan masyarakat papua di era-70`an yang telah mengharumkan nama papua di kancah per-musikan pada saat itu hingga sekarang nama Black Brothers masih hangat ditelinga kita, salah satunya hal itu terbukti dari tulisan yang bro`Lambertus tulis di site`-ini..jika bro`Lambertus membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai Black Brothers kirimkan email ke : ariepapua2005@yahoo.com
    terima kasih..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak. Gak nyangka putra personel Black Brothers. Bagaimana kalau Bung Ari kirim satu foto Black Brothers via email saya untuk dipasang di blog ini?

    Salam

    ReplyDelete
  3. Video musik black brothers bisa dilihat di youtube:
    Ririko: http://www.youtube.com/watch?v=04EIQbBGbxw&feature=related
    atau
    http://www.youtube.com/watch?v=c7Ts0KSQLDA&feature=related

    ReplyDelete
  4. Saya memiliki 3 kaset asli Black Brothers yaitu "Irian Jaya", "Lonceng Kematian" dan "Derita Tiada Akhir". Apabila ada yang berminat membelinya silahkan mengirimkan penawaran ke indra@serasi.com atau HP. 08155058587. Gambar dapat dilihat di www.beranda.com/detail.php?id=643

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. moga2 cepat laku. terima kasih sudah mampir di blog orang kampung.

    ReplyDelete
  6. I am also one of Black Brothers Fan.. I love their/Henky's love songs...
    The question is : where was Hengky from? Papua or Sulawesi Utara? Because I have always thoght that all the Band members were from Papua...

    Thank You..

    ReplyDelete
  7. saya juga penggemar grup lawas ini, walau saat mereka jaya saya masih sangat kecil...

    ReplyDelete
  8. Saya waktu itu sangat terkagum-kagum pada grup band ini. Waktu itu saya masih SMP dan kebetulan saya tinggal dekat mess irian jaya(dulu)Tanah-abang jak-pus. Dimanapun Black Brothers main saya usahakan hadir.Oleh karena grup ini juga akhirnya saya memutuskan belajar musik. Meskipun saya orang Batak tapi saya kagum pada karya-karya mereka. Sayang karya-karya asli mereka tidak mungkin di cetak ulang lagi, karena Irama Tara lebel recording mereka terbakar dus pita master black brothers ini juga ikut terbakar. Ada dugaan Irama Tara sengaja dibakar orang. Motifnya pembakaran itu sampai sekarang tidak jelas. Karena tidak di usut tuntas oleh kepolisian RI. Usul saya Apabila Keluarga besar Black Brothers atau kawan-kawan di Papua punya Rec aslinya. Tolong diperbanyak aja dan disebarkan di seluruh Nusantara. Karena karya rekaman ulang yang lalu tak sebagus prod Irama Tara. Hanya dengan cara inilah kita bisa tetap menghidupkan kembali karya-karya mereka. Bagi keluarga Hengky M.S Almarhum banggalah mempunyai Bapak seperi beliau. Salam damai Jeffar Lumban Gaol.

    ReplyDelete
  9. Nama saya Chard Colgate Walli. Asal Sentani, tempat tinggal Kampung Yoka,dalam angan-angan saya selalu berharap ingin bertemu dengan mereka. Karena tak tahu entah dimana rimbanya. Selalu saya mendengar lagu mereka, mata ini tak bisa menahan air mata. Kini untuk mengenang sang legenda musik Tanah Papua, Black Brothers, maka saya membuat kribo rambut saya dan terus berlatih bermain gitar. Agar kelak bisa sama dengan mereka, Papua diberi kesempatan pasti bisa.....

    ReplyDelete
  10. luar biasa memang Black Brothers itu. harus jadi inspirasi buat kita pu saudara2 dari tanah papua dan indonesia timur umumnya.

    fred

    ReplyDelete
  11. Salam...

    Pertanyaan kenapa Hengky MS tulis 5 lagu lagu untuk pramuria?

    Menurut cerita temannya Hengky, istrinya Hengky adalah seorang pramuria namun stelah menikah dengan Hengky, istrinya tidak lagi menjadi pramuria kalo tidak salah namanya Sonya sama seperti judul lagunya.

    Black Brothers telah mengeluarkan sekita 25 album, yang di rekam di Indonesia hanya sekitar 7 album sisanya di rekam diluar negeri.

    Salah satu albumnya mendapat platinium, di cover album hening mereka duduk di depan pengharggaan tersebut

    ReplyDelete
  12. Terima kasih banyak, rekan2 so kasih komentar, kasih info tambahan, bikin kita pu blog tentang Black Brothers tambah lengkap. Yang begini2 inilah yang selalu kitorang tunggu.

    Salam musik.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih banyak atas informasi tentang Black Bro. Terima kasih banyak juga atas pemuatan foto yang kami tidak pernah kami lihat dimanapun. Memang kelompok tersebut sungguh amat canggih. Saya ada naikan beberapa lagu dari BB di www.soma-simapitowa.org. Jika ingin mau dengar, bisa kunjungi. Tuhan Berkati..........

    ReplyDelete
  14. Pace sa senang sekali dengan comentar yg kawan2 dong bilang ini. Sayang, saya ingin untuk bertemu/kontak dengan anggota BB di Australia tapi tidak punya alamat contak. Sa juga selalu rindu musik dari BB yang selalu bikin sa ingat tanah Papua yang jauh dari negri Belanda.
    salam,

    Black Brothers funs for ever,

    PS

    ReplyDelete
  15. duh akhirnya ketemu juga penggemar black brother...salm kenal tuk semua saya Ricky dr jak-sel..dr kecil sy tlah mengenal BB..krn ayah sy adalah penggemar beratnya hingga skr ...sy adalah gitaris di sebuah band..yg saya akui permainan gitar sy sangat terinfluence...oleh karakter gitaris dr BB (hengky ms)suatu waktu sy pernah show di jayapura..memang terasa kental sekali suasana orang2 disana yg msh mendengarkan musik BB hingga saat ini ...bravo slalu tuk smua panggemar BB...kl bisa adakan kumpul2 penggemar black brother di seluruh indonesia...mudah2an sy aken selalu datang trims ricky....ricky_slaz@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. ado.. kaisan ah.. akhirnya z dpat yang simpati black brother.
    Thanks bro..

    ReplyDelete
  17. Band BB beberapa lagu saya pernah dengar, tapi terutama teman sekantor beta yang paling ngefans ma itu band, krn seusia dg band tsb....
    jadi Beta penasaran ma band BB, ternyata bnyk comunnity juga ya...
    Salam Kenal..
    Juliyant Jowo

    ReplyDelete
  18. thanks bro,lamberth,atas fansnya,,,

    ReplyDelete
  19. lagu yang sangat ku suka adalah balada dua remaja - Derita tiada akhir, mendengarkan kedua lagu tersebut membuat hati ini tergetar...

    ReplyDelete
  20. saya menyukai lagu2 black brothers. apalagi yg hr kiamat :) awalnya sy keki soalnya tiap pagi dan sore , ketika sy SMP (skrg sy berumur 19th) papa sy selalu memutar lagu2 bb dg keras.

    mgkn karena srg mendengar, lama2 sy jd suka jg. hehe. saat lagu hari kiamat, ga sengaja sy jg ikut bernyanyi. :). karena jadi suka, saat itu sy malah membelikan kaset *tape* untuk papa sy. Tapi skrg ntah kemana kaset nya. *sigh.

    sy ingin tanya, dmn saya bisa mendapatkan cd audio black brothers? thanks :)

    ReplyDelete
  21. memang black brothers itu band yang hebat. kalau kita jeli, bisa mendengar kehebatan mereka mulai dari melodi, bas, drum, hingga trompet. saya bangga dengan band ini. bagaimana bisa kontek bung yochi cs? yang harus kita buat ialah menerbitkan buku tentang sepak terjang black brothers, sekarang ini juga. mari kita gabung kekuatan dan informasi, okey?

    ReplyDelete
  22. Hello Brothers,

    Saya juga fans berat sama Grup BlackBrothers,
    sayang kasetku satu2 nya dah hilang ntah kemana,
    dari bulan februari sampe sekarang ,tiap pulang kantor,kamarku full musik BB,walaupun cuma mp3,.
    Recomended :lagu Hello, asik di setel malam.
    sampe saat ini masih hunting kaset,blum dapet2, apa adayang punya judul,pramuria tapi biarawati .wiyko@yahoo.com

    ReplyDelete
  23. cinta dan pramuria...lagu ini membuatku menangis terharu menyanyikannya...

    ReplyDelete
  24. upload lagunya dong bung.......
    penggemar berat neh.....

    ReplyDelete
  25. mar_dani@hotmail.com3:44 AM, July 02, 2010

    Baru saja semalam saya bertemu Jocky (sekarang pakai nama Jocky Hendrik) di daerah Lubang Buaya, Jakarta. Tentu saya kaget. Karena terakhir bertemu di rumahnya di Zeist, Utrecht, Belanda tahun 1992.

    Masa itu saya sedang studi di IHS, Rotterdam. Seorang kenalan asal Maluku yang bekerja di Rotterdam cerita bahwa Black Brothers sedang main di sebuah bar milik orang Yunani. Maka bersama beberapa kawan mahasiswa Indonesia,saya pun diperkenalkan dengan "the legend" Black Brothers. Jadilah lagu Kiamat dan Pramuria berkumandang di bar malam itu. Tak perduli orang-orang lain di sana mengerti atau tidak. Sebuah kehormatan bagi kami diperdengarkan lagu-lagu itu oleh Black Brothers.

    Beberapa hari kemudian saya berkesempatan ke rumah Jocky, dan dari sana sempat diantar ke rumah Benny. Tak lupa ada Amry di sana. Amry tetap WNI dan tinggal di bilangan Manggarai, Jakarta.

    Demikian. Tuhan mempertemukan kami kembali dengan tidak kami sangka-sangka.

    ReplyDelete
  26. Salam kenal bung Lambert,

    Saya juga salah satu fans dari BB. Sejak kecil saya sudah sering mendengarkan lagu-lagu BB yang diputar orangtua sy.

    ini ada dua lagu BB yang saya cover apuse dan kali kemiri. bisa di lihat di channel sy.
    http://www.youtube.com/piusmaturbongs

    dari Pius Maturbongs di Jayapura

    ReplyDelete
  27. Salam untuk Mas Mar-dani, yang barusan ketemu Bung Jochie Phu (Hendrik) di Jakarta. Saya juga pingin ketemu beliau, karena belum lama saya ketemu Amry M. Kahar di Jakarta dan mewawancarai beliau seputar Black Bros. naskah itu sudah dipublikasi di majalah saya. saya ingin tulis ttg BB, karena itu ingin omong-omong dengan personilnya. saya sudah ketemu David Rumagesang di Jakarta (rumahnya di Cirebon). Mas Mar-dani, mungkin bisa kontak saya, di steftokan@yahoo.com. Terima kasih kalau mau membantu. STef Tokan

    ReplyDelete
  28. Salam untuk Pius Maturbongs di Waena. Saya senang sekali mendengar permainan Pius pada lagu BB yang ada di youtube. wah, Anda punya bakat melodi yang sangat prima. apakah bisa saling berkontak dengan saya, soalnya saya juga ingin koleksi pelbagai hal seputar Black Bros. Sebenarnya Pius bisa bikin band yang hanya membawakan lagu-lagu BB. memang, saya selalu bilang bahwa anak papua lebih hebat bermusik. saya tunggu Pius di: steftokan@yahoo.com. Asal tahu saja, saya sudah tulis banyak tentang Black Sweet. Trims

    ReplyDelete
  29. Gimana tuh lagu-lagunya Black Brothers? Ada yang bisa menayangkan di internet apa gak? Pasang dong biar orang lain bisa turut mendengarkan bagaimana bagusnya musik karya group tersebut. Thanks. Eka Widjaya. Email: ekaaek@yahoo.com

    ReplyDelete
  30. Salam.

    Bung Hurek yang terhormat.

    Setelah membaca tulisan Anda di Blog Orang Kampung, kiranya ada beberapa hal yang perlu diluruskan.
    Menurut Jocky, Amry, dan almarhum Hengky saat saya temui di Rotterdam di akhir tahun 1991, mereka difitnah.
    Mereka tidak melarikan diri ke Papua New Guinea. Ketika sedang konser di sana, muncul berita bahwa mereka
    terlibat Organisasi Papua Merdeka. Akibatnya mereka terkena tangkal sehingga tidak dapat kembali ke tanah air.

    Cukup menarik kisah ini. Bagaimana pun mereka sebagai anak bangsa berhak mendapat rehabilitasi. Namun,
    demi akurasi saya persilakan bung Hurek untuk wawancara langsung dengan Jocky Phu. Dia sedang berlibur
    mengunjungi keluarganya di Jakarta.

    Saya sendiri mengelola sebuah warung internet kecil di wilayah Lubang Buaya, Jakarta Timur. Kamis malam lalu
    sekira pukul 20.30 waktu Jakarta, Jocky dan istrinya masuk ke warung internet. Tanpa memperhatikan billing, saya
    coba mengingat siapa kiranya orang hitam ini. Begitu ia bicara bahasa Belanda dengan istrinya, barulah saya ingat.
    Ketika saya tanya, benarlah ia Jocky Phu. Ternyata rumah keluarganya tak jauh dari tempat usaha saya ini.

    Nah apabila bung Hurek berkenan berbincang-bincang dengan Jocky, dapat menghubungi saya di nomer Flexi 021-
    71290285. Pembicaraan dapat dilakukan online melalui Yahoo Messenger dengan menggunakan webcam.

    Sekian. Saya menunggu kabar dari Anda.

    Mardani Ari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal.nama saya Harijono. Saya bekerja di salah satu label Nasional. Boleh saya tahu apakah master master lagu Black Brothers di kuasai secara exclusive salah satu label saat ini. Mohon tanggapannya atau dapat di email ke Harijono_harijono@yahoo.com terima kasih.

      Delete
  31. Terima kasih Bung Mardani,
    Kutipan itu saya ambil dari tulisan di blog Bung Andreas. Sekarang sudah saya hapus. Moga-moga penjelasan Anda ini sekaligus menjernihkan isu yang kurang akurat tentang BB selama bertahun-tahun. Saya juga sudah menjawab via e-mail.

    Salam damai.

    ReplyDelete
  32. Wah,wah, senang juga ikut dengar komentar teman-teman tentang Black Brothers. Saya masih yakin, BB termasuk band kelas wahid yang pernah dimiliki Indonesia. Kalau benar pernyataan mas Mardani soal rehabilitasi nama personil BB oleh pemerintah Indonesia, maka benar saja bahwa sejak dulu pemerintah suka cari alasan untuk mencekal anak-anak bangsa yang ingin maju. Salam Basetmal@yahoo.com

    ReplyDelete
  33. Ya semakin ramai saja komentar tentang Black Bros. itu berarti semakin banyak orang yg masih kenang band papua ini. saya juga seorang penggemar. ada baiknya kalau kita pikirkan untuk reuni BB di indonesia. kita baru saja lihat 60 tahun Koes Plus dirayakan. nah, gimana kalau pace-pace dari papua mensponsori reuni Black Bros?
    memang ini band yang besar, sensasional, namun perlu diperkenalkan kepada semua generasi kita. Brian Ngoranubun dan mamanya di Jakarta.

    ReplyDelete
  34. setahu saya label OPM itu diberikan rezim orba kepada siapa saja yg tidak disukai. BB itu pemusik sejati, bukan OPM. isu ini jangan dikembangkan agar tidak melebar ke mana2. thanks.

    ReplyDelete
  35. BB itu band besar, legenda indonesia yg gak kalah sama koes plus dsb. cuma namanya kurang melejit akhir2 ini.

    ReplyDelete
  36. BLAVK BROTHER SALAH SATU BAND LEGENDA INDONESIA DSAN SALAH SATU IDOLA SAYA HUGA SELAIN IWAN FALS MUNGKIN SUATU SAAT ADA PROMOTOR YANG MAU MENYANDINGKAN ANTARA BLACK BROTHER DENGAN IWAN FALS DI SATU PANGGUNG

    ReplyDelete
  37. Hei sobat-sobat, semakin seru saja komentar kita tentang Black Bros. Betul sekali ini band legendaris. Bagus juga kalo ada yang mau jadi sponsor menghadirkan BB di satu panggung, walau beberapa di antara mereka sudah warga negara asing. Tapi kalau kita cinta mereka, pasti kita cari akal, dan pasti selalu ada jalan. Stef T

    ReplyDelete
  38. hormat dan salut yg tinggi buat bung lambertus hurek. aq penggemar berat BB dan berterima kasih atas inisiatif bung LH yang buat blog ini. lagu yg paling aq suka "lonceng kematian". aq setuju dgn usulan stef t. bung LH bikin saja nmr rek bank, n perkenalkan ke semua user bahwa ini utk membiayai konser reuni BB. barusan kemarin 9/8/10 aq bc di salah satu media : BB mau aja bikin konser asal ada yg sponsor. ini-lah awal ke tujuan besar itu. gimana all ? aq pikir pasti semua se7. bung LH ?

    ReplyDelete
  39. Usul yang menarik apa lagi kalo disiarkan secara live di tv nasional... wow keren abis....
    hidup Black Brothers....

    ReplyDelete
  40. masalah keterkaitan BB dengan OPM perlu diklarifikasi. aku kira itu tuduhan ngawur n dibuat2 oleh penguasa...

    ReplyDelete
  41. BROW,, ADOW TIzin Sebar ini Informasi

    SUKSES TERUS . .... http://aldo-anak-biak.blogspot.com

    ReplyDelete
  42. Siooo.....Salam buat BB..!!!
    Karya OM donk Pasti kitorang Kenang selalu dalam Hati....Tuhan sayang kitorang semua...!!!
    Amen..!! JAH BLESS FOR BB

    ReplyDelete
  43. Luar Biasa !! Terima Kasih sekali atas informasi yang sangat berharga ini...

    ReplyDelete
  44. untuk musik jaman segitu bb luar biasa... dari mulai gitar, drum keyboard dan bass...
    kalo di perhatikan permainan musik itu luar biasa dan sangat berbeda dengan musik jaman itu... belum lagi di beberapa lagu ada suara terompet... komposisi itu hebat bahkan sampe sekarang.. mendayu tapi tidak cengeng, pop tapi tidak pasaran, etnik tapi tidak kampungan... dan belm ada yang menandingi sampe sekarang... dan ketika lagu lagu yang menceritakan tanah papua (dulu irian)dan tahu tempat tempat yang diceritakan bener-bener dech.. seperti bersetubuh dengan musik, menyatu dengan jiwa.. kayak nya kita ada ditempat itu ... perpaduan komposisi yang sangat harmoni antara komposisi lyrik dan musik nya..
    DONG MEMANG HEBAT TO...
    mari kita sebarkan dan kumpulkan semua penggemar BB seluruh indonesia bahkan mancanegara lewat jejaring sosial mailist maupun group. dengan tujuan
    1.mengumpulkan sebanyak banyak informasi ttg BB,
    2. mengumpulkan penggemar BB dari generasi pertama sampai generasi sekarang
    3. dengan mendapatkan informasi yang jelas, kita bisa meluruskan apa yang sebenarnya terjadi
    pada BB saat itu.(stigma OPM Buat BB) sehingga musik BB bisa kembali menggema di berbagai media... (serkang tidak mengema karena tidak ada yang berani mengangkat cerita itu)
    4. memperkanalkan bahwa BB salah satu legend musik di indonesia... dan dari papua pun ada pemusik hebat yang telah meramaikan kancah musik indonesia. (pada takut nulis tentang BB)

    mungkin itu yang bisa sa kasih untuk sumbang saran...

    om Yockie dulu sa pu tetangga di padang bulan..
    om yockie pu adik yang ajar sa maen gitar...

    ReplyDelete
  45. coba sekali-sekali tampil di tv dong

    ReplyDelete
  46. pertama dengar lagu hari kiamat dibawa sama trio ambisi langsung rasa ini orang yang bikin lagu pasti musisi hebat,liriknya sangat sederhana namun penuh rasa...
    saya kira itu lagu karangan mereka gak taunya punya BB eh mulai cari tau tentang BB ternyata lagu-lagunya luar biasa...
    two thums up for them...
    kita orang tunggu konser mengenang legend yang satu ini

    ReplyDelete
  47. Saya iwan kurniawan di Tg. Priok Jakarta. senang juga bisa nimbrung di blog ini membicarakan band legendaris Black Brothers. Saya lahir tahun 1970, saat itu nyanyian dari BB sangat berkesan di telinga saya. Saat kesempatan ber-karaoke pun lagu-lagu BB selalu saya nyanyikan. Kemarin hari Sabtu tanggal 18 Desember 2010 di Pasar Baru Jakarta Pusat, saya melihat ada 3 orang teman dari Papua. Mereka laki-laki semua dengan penampilan ala turis. Salah satu diantara mereka ada yg mengenakan kaos T-Shirt hitam dengan motif/ gambar dibagian depannya yaitu foto Black Brotheras. Saya tegur mereka dan berharap tahu dari mana kaos tersebut dibeli. Ternyata itu made in Papua, tidak ada di Jakarta. Akhirnya saya sempatkan memberikan kartu nama saya kepada beliau yg berkaos BB tersebut dengan harapan dapat diberi meskipun harus saya bayar (ganti bongkos kirim dll-nya). Semoga ada yg bisa membantu mencarikan kaos tersebut. Terima kasih ya atas nimbrungnya. iwan_tpk2@yahoo.com

    ReplyDelete
  48. dengar lagu BB awalnya waktu SMP..mungkin btl juga karena sering dengar makanya jadi Suka dgn lagu2nya...tapi kalo mau di dengar baik2 cara bermain musik BB sudah jelas beda jauh dgn Band tanah air sekarang...ada om saya dari luar jayapura datang cuma mau dengar kaset BB yang mereka rekaman d Papua New Guinea.

    ReplyDelete
  49. Hi salam kenal ya buat semua teman-teman penggemar Black Brothers. Aku Rudy Maturbongs di Jayapura. Aku sendiri sangat fanatik dengan band yang satu ini karena menurut aku mereka sangat luar biasa dalam menciptakan lagu dan memainkan musik, skill inidividu mereka di atas rata-rata serta yang paling penting hasil karya mereka selalu dikenang sepanjang masa. Harus aku akui bahwa dalam permainan gitarku banyak terinspirasi dari band ini.

    ReplyDelete
  50. makasih ya, aku senang menemukan blok anda !

    ReplyDelete
  51. salam knal tuk smua penggemar yg mengidolakan BB,sy salah satu dri skian bnyk penggemar BB.BB adalah hidup ku skaligus kebanggaan sy,sy s7 dgn rencana reunian BB,dan klo torang smua saling bahu mmbahu psti rencana itu dpt terwujud... salam hormat dan salam mesra utk smua penggemar BB...(sunitsuga rowismow/jayapura-papua).

    ReplyDelete
  52. Bung Hurek, apakah dengar kalau sudah ada buku tentang Black Brothers? Pernah dalam kolom ini ada sodara kita di Jayapura bilang lagi bikin buku itu. Saya kira ini penting untuk publikasi grup ini, karena bisa banyak hal yang kita dapatkan, bukan saja soal musik, tapi juga suasana politik di Indonesia saat itu. Salam, bung. Stef Tokan, Jakarta

    ReplyDelete
  53. Black Brothers,dan lagu-lagunya memperoleh ruang khusus di dalam relung hati insani.
    melalui lirik lagunya... mereka tidak hanya dan sekedar mengungkapkan... tidak sekedar mengisahkan...tidak juga sekedar memaparkan....dan berceritera dalam nada dan irama
    lirik lagu mereka dan musiknya sangat hidup dan harmonis. Lebih dari itu UTAMANYA adalah PESAN yg hendak mereka sampaikan lewat NADA DAN IRAMA Sampai kepada AUDIENS
    Pesan yang mereka sampaikan memiliki POWER OF LIVE, POWER OF SENSE dan POWER OF ACTIONs.
    Seandainya saja PEMERINTAH KITA Tak berlebihan menilai gerakan KEBANGKITAN KEBUDAYAAN PAPAU sbg media Pembangkit KESADARAN KEPAPUAN yg INDONESIANIS sebagai media POLITIS (SEPARATISME]
    maka LAGU GAYUS TAMBUNAN, BANK CENTURI, CITY BANK DLL TAK AKAN MENJADI BERITA DUKA YANG MEMILuHKAN. Setidaknya lewat lagu HARI KIAMAT DAN SI MISKIN MENJERIT.
    VIVA PAPUA. HITAM KULITKU, KERITING RAMBUTKU AKU TETAP PAPUA.

    BY Tuamis FRD

    ReplyDelete
  54. Trims kwn2 atas smua dkngnx sy sngt bngga dgn apa yg kln inspirasikn bt km smua pcnta bb. Sy jg smpai skrng ingin brtmu dgn andy.ayamiseba.yg skrg tlh trbtkn 1 group band d vanuatu.moga tuhan buka jln utk kt dpt brtmu lyakny klrga.by.wasso

    ReplyDelete
  55. band legendaris!!! bravo!!!

    ReplyDelete
  56. Apa kabar para fans Black Bros? Saat ini kita semua rindu BB, tapi kerinduan itu sulit diwujudkan, karena Hengky dan Agust telah tiada. yang masih ada tinggal Amri (Belanda), Yochi (Belanda), Stevie (Australia) dan Benny Betay (Australia), dan David (Cirebon). Siapa yang bisa kumpulkan mereka? Yang bisa kita bikin sekarang ialah terbitkan buku tentang BB. Bung Hurek bisa jadi inisiator untuk proyek ini. SEbagai jurnalis, Bung Hurek pasti punya kemampuan untuk mengkoordinasikan semua hal yang terkait dengan pengumpulan materi buku. Saya dukung bung Hurek. (Stef Tokan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, nama saya Hendrik Rumbiak Ajamiseba, sekedar info, bulan April kemarin tahun ini (2012), saya beli sebuah buku berjudul Menelusuri Jejak Langkah Sang Legenda "Black Brothers", penulisnya I. Igir. M. Al. Qatiri, dkk. Buku itu dijual di Jayapura Kota, sebuah toko buku kecil dekat Saga, saya lupa nama tokonya tapi kalau sudah disitu bisa menemukan tokonya dengan mudah.

      Delete
  57. Salam all,
    saya jadi tau banyak mengenai Black Brothers karena komentar kawan2.
    Khusus buat Bung Hurek, thanks untuk tulisannya.
    Saran saja: Mungkin bisa propose ke Metro TV untuk acara Tembang kenangan (atau apa nama acaranya.... sorry sedikit lupa)bisa dimuat sedikit profil ataupun lagu dari Black Brothers.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam all..,
      saya setuju, barangkali di tampilkan di show Kick Andi!

      Delete
  58. sungguh tida gampang. black brothers pu lagu memang andalan. era 90-an muncul grup black sweet yg juga cukup bagus. sep2. buat sobat2 di papua, teruslah berkarya, jadikan seni sebagai bahasa universal pemersatu kita semua....

    ReplyDelete
  59. BB band yg hebat yg jaya pada masanya. bgm kawan2 papua sekarang? masa kalah sama om2 jadul yg bisa menembus industri musik jakarta!!!! jangan mau kalah deh!!!

    ReplyDelete
  60. Terima kasih untuk Bung2 semua para Fans BB,terutama bung Lambert Hurek,saya sangat salut kepada anda karena begitu peduli dengan BB walaupun anda berasal dari NTT..Saya seorang putra papua dan fans berat BB,mencari info soal Group Band ini kemana-mana dan baru menemukannya di blog anda. sekali terima kasih Bung Lambert..Sy sangat sangat ingin berteman dengan bung, apabila bung tdk keberatan berbagi informasi, ini alamat email sy: yerilius.warmasen@gmail.com (Nama face book sy;Baramewa salemba) Home base: Sorong-Papua

    ReplyDelete
  61. Black Brothers adalah legenda yang selalu akan abadi dihati penggemarnya, musik balada yang di usung membaut semakin dinikamti rakyat yang pada umumnya merasa senasib dengan isi lagunya... salam kenal buat para BB fans club

    ReplyDelete
  62. mantap bener postingan anda bro.

    ReplyDelete
  63. salam kenal tuk fans berat BB, sy salah seorang fans BB dari papua/manokwari. BB memanga legenda buat music indonesia lebih khusus papua, salah satu personel BB yang msh ada samapai sekarang Steve mambor dan berdomisili di manokwari kami sngat kehilangan akan mereka yang telah dipanggil seperti bung hengki dkk yang lainya bravo music papua, indonesia n BB

    ReplyDelete
  64. jadi ingat pamanku sering cerita ttg BB ini,,two thumbs lah buat abang kita yang satu ini..

    warids/bandung

    ReplyDelete
  65. pertama mendengar saya langsung tertarik dengan lirik dan syair mereka "black brother"..

    ReplyDelete
  66. buku tentang sejarah black brothers udah terbit

    ReplyDelete
  67. @ARI JUNUS : kaka..kaka pu tesis su selesei ka belum,,hehehehe
    semangat bro..tong tunggu acara wisudanya. good luck.

    PS : titip kolam renang yang ada di badiklat ya...hehehe

    ReplyDelete
  68. lagu SONYA dan GADIS DI LEMBAH SUNYI adalah lagu kenangan untuk RAHAYU PUJI NINGSIH

    ReplyDelete
  69. bisakah PERSIPURA SEKARANG berjaya seperti di jamannya YOHANES AURI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Junnahbar A. Bakar4:52 AM, February 10, 2012

      Terima kasih tak terhingga buat bung Hurek... saya, junnahbar dari banda Aceh, sangat menyukai dan mengagumi lagu2 BB... Saya punya satu kaset BB yang terdiri dari 22 lagu.. dan sampai saat ini selalu saya dengarkan..
      Saya baru tau klo Bung Hengky MS sudah tiada. Lagu lagu BB tak pernah lekang oleh zaman dan tetap dihati terutama bagi angkatan 60-an dan 70 an...
      Semoga cerita tentang BB semakin banyak dipublikasikan agar generasi skrang tau, bahwa Indonesia punya grup band legendaris yg sempat ingin dihancurkan oleh Penguasa di era 80 an...

      salam kenal buat semua penggemar BB dimanapun berada...

      Delete
  70. Jika ada yang berkenan, kitorang pengen liat video klip black brothers, kitorang sudah nyari tapi tak ketemu disc nya.. Kitorang menyukai black brothers..jika ada yang berkenan kirim ke email albyvj@yahoo.co.id kitorang tunggu balasannya????

    ReplyDelete
  71. cerita bu hendrik mirip dgn pengalamanku...saya adalah penggemar black brothers sejak smp saya selalu membeli kaset2 black brothers yang ada di seluruh toko di kota jayapura,, setelah menamatkan sma saya melanjutkan study di surabaya... ceritanya berawal ketika saya berjalan dgn teman2 di jl. gembong dulunya pasar barang2 bekas/loakan... saya menemukan kaset bb dalam masa study saya selalu menyempatkan untuk selalu ke gembong untk mencari akhirnya setelah lima tahun lamanya saya mendapatkan koleksi bb, black papas secara lengkap...puas sudah karena bisa mendengar seluruh lagu2 bb...

    ReplyDelete
  72. bb ini band besar yg bisa bertahan dr masa ke masa. yg suka bb itu gak hy org2 tua tapi juga remaja belasan thn. musik2 yg bagus memang mampu bertahan lama meskipun pemusik2nya sudah gak ada lagi di dunia. salam hari kiamat.

    tony lumajang

    ReplyDelete
  73. Andy Ajamiseba kelahiran Biak, 21 April 1947, boleh dikatakan dialah roh yang bersemayam di balik kesuksesan grup band legendaris Black Brothers dan dari tangan dinginnya pula Black Papas dan Coconuts dapat terlahir. Ia laksana busur dengan tiga anak panah tajam masing-masing Black Brothers, Black Papas, dan Coconuts pada pertengahan tahun 1970 hingga awal 1980, mampu menggemparkan blantika musik Indonesia dengan karya-karya besarnya. Andy Ajamiseba Kepala Suku Black Brothers. (sumber: Menelusuri Jejak Langkah Sang Legenda Black Brothers, jilid 1, penulis I.Igir.M.Al.Qatiri,Dkk; cetakan I November 2011)

    ReplyDelete
  74. Black Brothers is the best.

    ReplyDelete
  75. gak nyangka BB punya penggemar begitu banyak dari generasi ke generasi n berbagai wilayah indonesia. benr2 band besar.

    ReplyDelete
  76. Thanks untuk Bung Hurek yg sudah menulis catatan tentang BB. Blog ini membuat banyak orang tahu kiprah BB sebagai band legendaris di Indonesia. Salut untuk blog anda.

    Sebastian, Jakarta

    ReplyDelete
  77. LAKI LAKI KO TRA KOSONG

    ReplyDelete
  78. Buku tentang Black Brothers sdh beredar di Jayapura, terbitnya November 2011, tapi perlu juga jilid 2 nya bisa lebih baik lagi. Saya pernah berjumpa dgn Alm. Agust Rumaropen ketika alm.berkunjung ke Jayapura, kebetulan saudara perempuannya adalah ibu dr teman kuliah saya di Uncen, jd sempat foto bersama, tp fotonya disimpan tmn, banyak yg diceritakan ttg bagaimana mereka (BB) bisa bermain musik dengan bakat alam yg mereka punya, saya ingat alm bilang : gampang saja main musik, asal kita jiwai musik yg kita main, maka emosi dan perasaan kita akan mengalir lewat irama dan nada yg kita main, org yg menjiwaipun akan terbawa emosi yg tinggi dan penasaran yg luar biasa, dan akhirnya mereka akan hanyut dalam setiap irama yg kita lahirkan. Sampai skrg saya masih sering komunikasi dgn salah satu legenda yaitu Bung Amry M. Kahar, baik via telpon atau saling kirim pesan via e-mail. Sdh 2x beliau ke Indonesia tp blum sempat saya ketemu, krn saya org Papua, tp saya krj di Makassar. Beliau janji utk nnt mengirim saya sebuah tulisan juga tentang Black Brothers.

    Salam Hormat

    Freddy Nwr

    ReplyDelete
  79. Mudah2an Link ini bisa membantu, ini adalah blog seorang belanda yang tinggal di bandung dari 1996, dia banyak memiliki koleksi vinyl lama yang di convert ke format mp3 dan dimasukkan kedalam blognya..

    ada sekitar 8 album di blognya, berikut linknya :

    http://madrotter-treasure-hunt.blogspot.com/search/label/black%20brothers

    -FRANZ MD-

    ReplyDelete
  80. Kawan2 bisa dapat informasi tambahan (terkini)tentang BLACK BROTHERS di : http://www.facebook.com/profile.php?id=100004101621867

    ReplyDelete
  81. Saya, Aiesh... Salam kenal untuk semua.

    Terima kasih untuk Bung Hurek, yg peduli dan apresiatif menyediakan blog / media yang banyak meng-update Black Brothers dari Kawan2.

    Saya telah membaca komentar kawan2 pada blognya Bung Hurek, dan saya harus menanggapinya segera karena, ternyata komentar kawan2 sangat variatif dan apresiatif terhadap Group Legendaris berjulukan KUDA JANTAN DARI PAPUA, dalam sebua tabloid pada awal BB mulai aplikasikan kemampuannya.

    Beragan tanggapan, kawan2, sebenarnya telah saya pikirkan 10 tahun yang lalu, setalah bertemu beberapa personil BB di Ausie dalam sebuah kesempatan Live Concert di Melbourne, dimana dalam Live itu, BB, ditampilkan diawal concert dan saya bersama teman2 di akhir concert tsb. Setelah itu, kami manggung bersama, dengan menyanyikan lagu Biak dan Album RIO GRIME.

    Pertama tentang kedatangan BB, untuk Live di Papua. Rencana baik itu, saya memulai setelah komunikasi dengan mereka (face to face), tahun 2003 di Ausie. Banyak orang Papua senang, untuk melihat / menonon group tsb, hanya mereka terjebak pada aspek politik. Tetapi terima kasih untuk kawan2 yg sudah mengerti keberadaan BB, dan berpikir untuk perlunya rehabilitasi. Namun itu belum berakir. Bila kawan2 yg punya inisiatif yg sama, kita bisa saling komunikasi dan membahas ide tersebut, untuk dikongkritkan.. Memang pernah, ada satu EO, yg ingin datangkan BB, tapi tujuan mereka tidak jelas. Mereka minta nomor kontak personil tuk mengubuni mereka, namun saya tidak berikan, lalu mereka mendapakan nomor kontak BB dari org lain, dan menghubungi mereka, namun para personil, enggan terlibat karena, EO itu tidak dikenal, tetapi juga, saya tidak ada dalam tim itu, membuat BB, batalkan tawaran itu.

    Reuni...: Reuni, bisa kita lakukan, karena frame kita semua sama. Hanya saja kita pada jauh semua. Jadi saran saya, kita bisa bertemu, melalui Live Concert mereka yang kita sama2 upayakan. Tapi apabila ada cara lain, kita sama2 pikirkan

    Saya sendiri diberi tanggungjawab oleh Manager BB Andy Ayamiseba, termasuk Benny Bettay (Bass), Stevie Mambor (Drum), Agust Rumwaropen (Rithym - Melody), untuk mengakomodir semua aset BB di Indonesia.

    Saya telah diberi 2 album BB. 1 dari Australia (sekaligus dengan surat kuasa), dan 1 nya lagi dari Vanuatu. Album Australi dalam waktu dekat (tanggal 10 / 11 Agus.2012) akan kami luncurkan, dengan mengundang Kel. BB dan Mambesak(di Jayapura), Mantan Pemain PERSIPURA,dan Simpatisan.Sedangkan album Vanuatu, akan saya produksi kemudian.

    Untuk Mas Iwan, Baju itu satu2nya hanya saya yg diberi rekomendasi untuk produksi (walau ala bandung). Beberapa desain sudah saya naikan. Pernah ada yang produksi, walau bukan untuk komersial, tapi saya bilang, tolong hentikan, karena itu punya hak paten, bila tidak, kita akan bertemu dimeja "HIJAU". Tidak hanya itu, saya juga diberi hak untuk mngamankan semua aset BB secara management (colective), terlepas dari pribadi2 personil. Kalau Mas Iwan perhatikan Brand / Logo dibelakang baju tsb, ada gambar Pohon Kelapa dan Tulisan BLACK COCONUT. Black Coconut, adalah sebuah istilah dari tiga group legenaris Papua di era 70, yakni : BLACK BROTHERS, BLACK PAPAS, & COCONUT BAND. Karna dimana-mana, telah tumbu kelapa. tetapi tidak ada Kelapa Hitam., Hehehe.... Demikian untuk Mas Iwan
    Mas Iwan bisa share di fb New Black Brothers / http://www.facebook.com/profile.php

    Harga Kaset Rp 100.000
    sedangkan Baju : L & XL Rp 150ribu, XXL Rp 175ribu, & XXXL Rp 200.000

    ReplyDelete
  82. makin seru komen2 di blog ini. kita jadi tau BB dan penggemarnya. merdeka!!!!!

    ReplyDelete
  83. Bung Hurek, saya sempat browsing di internet dan ketemu salah satu lagu BB yang diproduksi di Papua New Guinea. Bisa didengar di link ini : http://soundcloud.com/gitarmelanesia/wakabaut-long-china-town

    Salam Huembelo!

    ReplyDelete
  84. Luar biasa...

    semoga ada birokrat mampir di blog ini dan mengupayakan rehabilitasi terlebih dahulu agar semua rencana bisa disusun kembali...

    "Black is Quality"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Bung, Aku Achmad Salim juga penggemar Black Brothers. Sejak 1982 sampai 2002 aku SD, SMP, SPG dan Uncen. Meski kini aku di Jawa, hatiku tetap lekat untuk Papua. Setiap aku dengar lagu Black Brothers, pikiran dan anganku melambung jauh ke Papua. Ingatkanku Sentani, Abe, Jayapura. Apalagi dengar lagu Jayapura...hatiku bergetar. Pokoknya Black Brothers "Never Die".

      Delete
    2. Salam kenal, Sa pu nama Achmad salim. Sa dari 1982 sampe 2002 tinggal di Jayapura. Sa penggemar berat Black Brothers seperti halnya Koes Plus. Meski sekarang sa di Jawa, tapi sa pu hati slalu ada di papua. Apalagi kalo sa dengar lagu "Jayapura", sa pu pikiran melambung jauh di Papua. Sa ingat teman2 SD YPK Sentani, SMP I Sentani, SPG Abe dan Uncen.. Kawan sa rindu ko....Jika sa pu angan melayang ke papua....sa langsung putar lagu2 Black Brothers....Bravo BB

      Delete
  85. Salam kenal dari saya, nama saya dino, saya sempat beretmu salah seorang personil black brother's yakni bung yohi Phu tahun 2003 silam dan sempat ngobrol sesaat sebelum beliau kembali ke negeri belanda dan banyak informasi yang saya dapatkan, salah satunya beliau menyarankan saya untuk mengunjungi studio mereka di Vanuatu (salah satu negara kecil di kepulauan pacific) dan pada tahun 2006 lalu saya sempat berkunjung ke negara tersebut dan lansung menemui beberapa kerabat dan personil yang masih di vanuatu walaupun tidak lengkap karena beberapa dari mereka mengasingkan diri di australia, belanda dan di vanuatu sendiri dan mereka memang sudah mengabadikan album mereka yang dirilis dari indonesia hingga ke papua new guinea dan konser keliling di eropa..... thank's dan rincinya akan saya jelaskan pada episod berikut: this is my email :rando_kauro@yahoo.co.idThis, please contact me if need information about the legendary group Black Brosh

    ReplyDelete
  86. band tak terlupakan, menyentuh jiwa yang terpanggil pada kebenaran

    ReplyDelete
  87. Ayo Papua, mana lagi penerus BB, ramaikan belantika musik Indonesia dengan alunan khas petikan gitar dari Timur

    Jika ada yang mau melengkapi koleksi lagu BB, MP3 ada di :

    http://madrotter-treasure-hunt.blogspot.com/

    ReplyDelete
  88. Didalam pelukan kelam malam
    Didalam rangkulan rembulan
    Indah menganggumkan senyuman alam
    Tiada seindah di hati yang gersang
    # Black Brothers - Gerimis di hati yang gersang

    Perfect Band. salam untuk semua Fans BB di mana saja.
    Abram - Fakfak, Papua Barat

    ReplyDelete
  89. Black Brothers....what a great...

    ReplyDelete
  90. Kau terlena... dibuai sejuta rayuan.....
    Kau Terela... terayu sejuta bujukan....
    lama sudah.. tiada berita... hatiku ternoda kegersangan....
    hanyalah sepi... tempat dihati ini...

    cuman lanjutin lirik yg ditulis Bung Abram si anak Fakfak..
    Black Brothers tetap hidup dlm setiap hati orng Papua..
    Bravoo...

    ReplyDelete
  91. Disimpang jalan ku menatap mu...
    Berlalu.. bersama kasihmu....
    Hatiku terurai dalam kepedihan..
    Akhir semua janji.....
    Bait ke-2 dari lagu Gerimis Dihati Yang Gersang.. Bung Abram lanjut Reffx dulu...

    ReplyDelete
  92. luar biasa,,setelah menemukan blog ini dan membaca komentar dari atas sampai bawah saya sadar bahwa Black Brothers telah menjadi legenda dalam hati para penggemarnya. saya juga sadar dan hanya bisa tersenyum karena saya tidak sendirian, karna penggemar Black Bro's datang dari berbagai kalangan, Papua, amber, tua, muda, semua begitu mencintai mereka dan karya karyanya..
    salam hormat utk semua pecinta Black Brothers di seluruh penjuru dunia..!!!

    ReplyDelete
  93. salut ama BB... tapi bagaimana pun ada band yang tidak banyak orang tau padahal lagu mereka is the best.... yang jelas mereka adalah pelopor musik band dari papua yang dikenal Indonesia... mereka adalah grup band Black Papas....

    ReplyDelete