09 June 2007

Agenda Jazz: Trie Utami, Utha Likumahuwa, Mus Mujiono

Musik jazz, setidaknya jazz ringan [smooth jazz], bisa dinikmati lagi di Gedung Balai Pemuda, Surabaya. Tiga penyanyi yang punya rekam jejak cukup lama di pop-jazz tanah air bakal menghibur peminat jazz di Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya.

Tiga penyanyi itu Trie Utami, Utha Likumahuwa, Mus Mujiono. Menurut jadwal yang saya terima dari UPTD Balai Pemuda, Trie Utami dan dua temannya tampil pada 22 Juni 2007, hari Jumat malam. Mereka diiringi C.TwoSix Band dari Surabaya.

"Kami ingin memuaskan para penggemar jazz di Kota Surabaya. Soalnya sudah lama tidak ada konser jazz di Balai Pemuda. Terakhir kan konser Achmad Albar dan Ian Antono," ujar Agus Wahyudi, salah satu penyelenggara, kepada saya.

Sesuai dengan selera orang Surabaya, lagu-lagu yang akan dibawakan Trie alias Iie, Utha, Mus alias Nonok tidak berat-berat amat. Jazz ringan, pop berbalut jazz... baik dari album sendiri maupun nomor populer lain. Masing-masing penyanyi menyiapkan sembilan sampai sepuluh lagu.

"Saya jamin penonton puas karena sekali datang bisa menikmati tiga penyanyi kelas nasional. Trie Utami, Utha Likumahuwa, Mus Mujiono," ujar Agus Wahyudi.

Tiga penyanyi senior ini pada 1980-an sempat tergabung dalam Tujuh Bintang bersama Fariz R.M., Malida, Atiek C.B., serta Deddy Dhukun. Selain menjadi juri beberapa kontes nyanyi di televisi, Trie Utami pernah menjadi vokalis Krakatau, band jazz beraliran fussion yang sangat terkenal pada akhir 1980-an.

Utha Likumahuwa siapa tak kenal? Nyong Ambon ini sangat selektif memilih lagu, penata musik, aransemen... sehingga album yang dihasilkannya sedikit, tapi berkelas. Corak vokal dan gaya bernyanyi Utha pun sulit ditiru siapa pun. Sampai sekarang Utha masih aktif di berbagai konser jazz. Suaranya tetap lantang, tinggi, jernih.

Mus Mujiono alias Nonok? Nah, arek Surabaya ini tak asing lagi dengan komunitas jazz Balai Pemuda alias Simpangsche Societeit Jazz Club. Nonok masih tampil dengan scat singing ala George Benson. Lagunya yang sangat terkenal, Arti Kehidupan, Tanda-Tandahampir pasti muncul.

"Mas Nonok juga mau membawakan beberapa nomor dari Daniel Sahuleka," ujar Agus Wahyudi.

Dari daftar lagu yang saya terima, sebagian besar [atau semua?] sudah dikenal masyarakat Surabaya. Utha Likumahuwa rencananya membawakan Puncak Asmara, Gayamu, Tersiksa Lagi, Rame-Rame, Esok Masih Ada, Sesaat Kau Hadir, Funny Valentine, Blue Rondo ala Turk. Terakhir ini nomor milik Al Jarreau.

Bagaimana dengan Tri Utami, juri kontes nyanyi yang disebut-sebut 'paling galak' di Indonesia? Jangan khawatir! Iie, sapaan akrab adik kandung pemusik Purwacaraka, ini berencana menyanyikan sejumlah nomor hitnya. Sebut saja Keraguan, Kuingin Kau Ada.

Selain itu, nomor-nomor standar di pergelaran jazz tanah air macam Love Dance, Dolphin Dance, The Look of Love, The Way You Look Tonight, One Last Cry, Just The Two of Us, Overjoyed, It's Okay. Namanya juga mantan personel kelompok Tujuh Bintang, Trie, Utha, Mus besar kemungkinan akan berkolaborasi.

"Itu semua lihat situasi di panggung. Yang jelas, tiga vokalis ini tiga sahabat lama yang pernah berjaya pada masa yang sama. Karya-karya mereka masih dinikmati banyak orang sampai saat ini," tutur si Alapacino, sapaan akrab Agus Wahyudi.

2 comments:

  1. Cak, Blogmu tak link yo...Oleh yo...Soale tulisanmu menarik!!! Suwun

    ReplyDelete
  2. Oke Cak, boleh saja. Ojo lali nulis sumber dari blogku. Salam.

    ReplyDelete