24 May 2007

Sekolah Musik Purwacaraka



Purwacaraka Musik Studio (PCMS) berada di kompleks Sun City Plaza, Jalan Pahlawan Sidoarjo. Kursus musik ini dibina oleh Purwacaraka, pemusik asal Bandung, yang juga komposer dan penata musik ternama di Nusantara.

Siapa tak kenal Purwacaraka alias Kang Purwa? Kalau engkau rajin nonton televisi, pemusik ini selalu nongol di acara-acara musik papan atas. Sebutlah kontes nyanyi dangdut di TPI. Purwacaraka, kakak kandung penyanyi Trie Utami, memang dipercaya mengaransemen musik sekaligus memimpin big band pengiring KDI.

Purwacaraka juga menata musik untuk Tembang Kenangan di Indosiar. Juga di sejumlah acara musik lain di televisi kita. Sibuk nian pemusik nan murah senyum ini. “Tapi saya juga tetap memerhatikan sekolah-sekolah saya di seluruh Indonesia. Sebab, yang bertanggung jawab di PCMS itu saya,” kata Purwacaraka.

PCMS ini tergolong sekolah musik yang berkembang pesat. Setelah muncul di Surabaya, PCMS membuka cabang di Sidoarjo. Di seluruh Indonesia sudah ada sekira 40 PCMS. Kang Purwa datang sendiri untuk menyeleksi guru-guru musiknya. Kenapa? Dia ingin menyamakan standar mutu PCMS di seluruh Indonesia. Kebetulan sekolah ini punya buku pegangan, manual, tetek bengek... yang sama di mana-mana.

Mau tahu cara Kang Purwa menyeleksi guru alias instruktur di PCMS? Kira-kira 20 pelamar di Sidoarjo antre menunggu giliran diuji. Purwacaraka menunggu di dalam kelas. Lalu, petugas membacakan nama-nama pelamar untuk diuji langsung oleh sang maestro.

“Selamat datang, silakan main ini. Santai saja lah,” ujar Purwacaraka kepada salah satu pelamar seraya menyodorkan partitur [score].

Orang ini kelimpungan. Rupanya, dia bisa main, tapi buta notasi musik alias not balok. Ada yang bisa mengikuti not balok, tapi tidak lancar. Hasilnya jelas: pelamar ini ditolak mentah-mentah oleh Purwacaraka. Sebab, menurut Purwacaraka, PCMS adalah lembaga pendidikan yang menuntut pengajarnya bisa mengajar musik.

Lha, kalau guru tak bisa baca notasi musik, mau ngajar apa?

Purwacaraka justru menerima pelamar yang kualitas main musiknya biasa-biasa saja, tapi punya visi pendidikan musik. Baginya, guru tak harus pintar sekali, asalkan bisa mengarahkan siswa. Tugas guru pertama-tama bukan bermain musik, tapi membimbing siswa. Akan sangat afdal manakala ada guru yang pintar mendidik sekaligus pintar bermain musik. Yang begini ini lazimnya sangat langka.

“Guru musik itu beda dengan player. Banyak orang pintar sekali bermain musik, tapi tidak punya kemampuan sebagai guru. Sebaliknya, ada yang main musiknya biasa-biasa saja, tapi berbakat sebagai guru. Saya pilih yang kedua,” tutur Purwacaraka.

"Oke, terima kasih, Anda sudah ikut audisi. Sekarang giliran peserta lain," ujar Purwacaraka.

Begitulah seleksi guru PCMS ala Purwacaraka. Dari 20-an pelamar, tak sampai 10 yang diterima. Sebab, mencari guru musik yang benar-benar berkualitas memang bukan pekerjaan mudah di Nusantara.

"Saya nggak lulus, Mas. Mungkin tidak sesuai dengan kriteria Purwacaraka,” ujar seorang pemusik di Sidoarjo kepada saya. Padahal, orang ini dikenal sebagai pemusik yang mumpuni. “Gak apa-apa lah, kan masih ada peluang di tempat lain,” tambahnya, menghibur diri.

PCMS ini menggunakan pendekatan empat mata. Satu guru berhadapan dengan satu murid. “Kenapa begitu?”

“Supaya hubungan instuktur dengan siswa lebih intensif. Sistem kelas tidak efektif,” ujar Suhada, kepala cabang PCMS Sidoarjo. 

Suhada, PCMS Sidoarjo.

Dia lalu mengajak saya meninjau kelas-kelas PCMS di kompleks Sun City Plaza, Sidoarjo. Kelas atawa studio PCMS ini kecil, hanya berkisar 2 x 2 meter. Sistem peredam suaranya dibuat sedemikian rupa sehingga suara di dalam studio tidak terserak ke mana-mana. Suara asli siswa, karena itu, akan terdengar sangat jelas.

Di setiap studio terdapat piano elektrik bagi instruktur. Ada papan tulis putih [white board] di dekat piano. Bagi PCMS, perangkat ini penting karena kursus atau pelajaran musiknya sangat mengutamakan pengetahuan musik dasar musik. Kalau dasar alias fondasi sudah kuat, maka gampanglah kita merangkai bangunan yang lebih rumit.

“Di sini notasi balok wajib dikuasai oleh para siswa. Itu prinsip paling dasar di PCMS,” tutur Suhada.

Kenapa harus not balok? Menurut Suhada, bagaimanapun juga yang namanya not balok merupakan notasi musik internasional. Dengan not balok, para siswa akan bisa dengan mudah mengembangkan sendiri pengetahuan dasar yang diperolehnya di PCMS. Lama tatap muka rata-rata setengah jam.

“Berdasarkan pengalaman Pak Purwacaraka, bermain musik selama 30 menit paling efektif. Kalau terlalu lama malah hasilnya kurang bagus,” kata Suhada, yang asli Arek Surabaya.

PCMS Sidoarjo punya kelas vokal, piano, drum, biola. Nah, para siswa diberi wawasan musik selama setengah jam. Selanjutnya, mereka diberi tugas untuk digarap di rumahnya masing-masing. Jika siswa sudah fasih not balok, pengelola PCMS optimistis anak-anak itu bisa bermain musik apa saja.

“Pertama mungkin masih kaku, nggak lancar. Tapi kalau dilatih terus-menerus secara konsisten, pasti mulus. Modalnya, ya, kemampuan membaca not balok,” tutur Suhada.

Not angka atau hafalan [atau bakat alam] tidak dikenal di lembaga pendidikan musik versi Purwacaraka di Sidoarjo ini. “Kalau sekadar bisa main band, gitaran, nyanyi-nyanyi, ya, monggo. Tapi kalau sudah bicara pendidikan, kemampuan membaca notasi menjadi sangat mutlak,” tegasnya.

Menurut Suhada, notasi balok ini sebetulnya tidak sulit. Buktinya, para siswa yang datang tanpa pengetahuan musik apa pun cepat sekali menyerap pelajaran dari para instruktur PCMS. Anak-anak kecil [di bawah tujuh tahun] mampu bermain piano dengan membaca partitur. Tentu saja, ditulis dalam not balok.

“Di sini kami membuat orang yang tadinya tidak bisa apa-apa menjadi bisa,” ujar Suhada berpromosi.

“Ah, yang benar saja?” kata saya.

“Kalau nggak percaya, silakan sampeyan coba sendiri. Sampeyan boleh memilih kursus apa saja, terserah. Hehehe....”

“Ikut gitar klasik saja. Kayaknya menarik tuh.”

“Silakan.”

Begitulah. Suhada serta para staf PCMS di Sidoarjo memang ramah-tamah menghadapi tamunya. Saya pun dijanjikan diskon khusus kalau ikut kursus gitar klasik di PCMS. Tapi sampai sekarang belum sempat daftar karena belum ada waktu yang pas.

Beberapa kali saya menyaksikan penampilan para siswa-siswi PCMS dari kanak-kanak hingga 50-an tahun di Sidoarjo dan Surabaya. Penampilan mereka ternyata tidak mengecewakan untuk ukuran pemusik amatir.

48 comments:

  1. Hmmm...aku salah satu murid PCMS dari kelas vocal. Tapi PCMS Margorejo Surabaya bukan Sidoarjo. Yup!! Sistem pendidikan PCMS emang bagus!!!
    Kpan2 diliput juga dunk PCMS Margorejonya... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Margorejo yang sebelàh mana pak? Apanya marina plaza?

      Delete
    2. biayanya berapa ya kalo les vokal mbak titin?

      Delete
  2. NOFEL PRIVATE GUITAR & DIGITAL RECORDING
    For More Info & Studio Rekaman :
    Booking Contact : (021) 92187626 (Nofel)
    Email : Khomenx@yahoo.com
    Website : www.geocities.com/khomenx

    Kamu suka musik??
    Haree Genee cuma bisa dengerin doang??
    tRus, maEn gitAr kaMu asaL – aSaLan???
    iH, bAsi taUU..
    MendiNgan kaMu iSi waktu Luang kaMu deNgan…
    Nofel Private Guitar
    & Digital Recording

    Disini, kamu bakal diajarin cara bermain
    Gitar oleh guru yang berpengalaman
    dibidangnya, mulai dari Basic sampai Mahir..
    Kamu tinggal milih deh gitar yang mau kamu
    Pelajari, ada accoustic dan electric guitar..

    Pokoknya, kamu ga bakal rugi deh klo ikutan.
    So, tunggu apa lagi?? buruan gabung...

    Ga’ Cuma itu, kami juga menyediakan fasilitas studio recording untuk merekam demo band kalian, sekaligus Tim kreatif Profesional pembuat Jingle-jingle iklan..
    Oke banget kann???


    For More Info & Studio Rekaman :
    Booking Contact : (021) 92187626 (Nofel)
    Email : Khomenx@yahoo.com
    Website :www.geocities.com/khomenx

    ReplyDelete
  3. saya di pcms ada les vocal tapi dengan lagu mandarin???tolong di bales ya kalo ada aku mw ikutan neh.....thxs

    ReplyDelete
  4. wah, kalo lagu mandarin beta kurang tahu. biasanya pakai lagu2 standar untuk pendidikan lah. kalau dasar2nya sudah bisa, lagu apa saja, mandarin, inggris, italia, jerman... pasti bisa.
    coba anda kontak ke PCMS atawa sekolah2 musik terdekat. good luck!

    ReplyDelete
  5. Saya di Jember bener-bener menunggu kehadiran Sekolah Musik Purwacaraka

    ReplyDelete
  6. Get your Online Lyric song in http://www.lyrics-x.com

    ReplyDelete
  7. Sekolah pcms yang di Malang ada nggak ya....
    mau donk ikutan belajar....

    ReplyDelete
  8. skul pcms di medan ada g'...........??

    ReplyDelete
  9. klu skul pcms di medan da g'.......??

    alamatnya dmn......

    ReplyDelete
  10. Ada teman-teman yang bisa bantu? Saya kebetulan tidak tahu. Salam musik.

    ReplyDelete
  11. hani_sister@yahoo.com2:46 PM, March 19, 2009

    saya senang di PCMS karena gurunya baik termasuk ka teo yang suka ngajarin aku vocal dia ngajar penuh kasih sayang I LOVE YOU PCMS

    ReplyDelete
  12. purwacaraka yang dimedan dimananya ya?
    soalnya saya punya temen disana..

    ReplyDelete
  13. aduh....pengen populer nie.bisa gx y.? oy berapa y pendaftaran ny.pengen gabung nie.? ramonviergo@ymai.com

    ReplyDelete
  14. Hai..??
    W jay dr jkt
    mw tny kalo hasl didkn pcms disalurkn kmana ya??

    ReplyDelete
  15. Wah, kita belum nanya tuh. Tapi menurut saya, tergantung masing-masing siswa-lah. Ada yang belajar musik sekadar tahu, ada yang ingin jadi pemusik, dan sebagainya. Kayaknya PCMS dan kursus-kursus sejenis tidak punya kewajiban "menyalurkan" siswanya.

    Silakan bertanya ke PCMS terdekat.

    ReplyDelete
  16. Coba ah bEsok ke PCMS,,daftar kursus gitar hehe ..

    ReplyDelete
  17. apakah kursus musik Purwacaraka buka cabangnya di kota sukabumi, kebetulan anak saya berminat ingin belajar piano kl memang ada apakah saya bisa tahu alamat dan nomor telepon nya...

    ReplyDelete
  18. [Nisita]

    Wuiih pingin ngembangin gitar klasik q di PCMS Sidoarjo nih!!!!
    Kebetulan uda bisa baca not balok...!

    ReplyDelete
  19. (tema_elastis@yahoo.com)
    voyon>>
    pengen memperdalam ilmu gitar electric nih,ada g kelas nya?? beaya nya berapa yaa per bulan nya n berapa pertemuan?? thx

    ReplyDelete
  20. kalou boleh tau,..mahal ngga ya??????,...karna gue,...suka bange ama gitar,...

    ReplyDelete
  21. biayanya berapa per-bulan? dan alamat lengkapnya di surabaya dimana??

    ReplyDelete
  22. purwacaraka
    wew krennn
    ada cabang dikupang gak??aq pengen tpi kyaknya gak ada
    biaya perbulan brp??

    ReplyDelete
  23. aq mau tlong dong informasinya
    ni email aq
    m.arfans1992@gmail.com
    aaq pgen bget

    ReplyDelete
  24. salam kenal...
    wah ertikelnya menarik banget gan, setelah baca ane jadi pengen ikutan nih, tapi sayang jauh...

    mampir-mampir balik ya gan :)

    ReplyDelete
  25. aku mau daftar gmn caranya?brp biayax?gitar

    ReplyDelete
  26. saya ingin blajar gitar tapi main gitarnya cuma dasarnya doank....
    berapa biayanya sampai bisa??

    ReplyDelete
  27. mas aku pngen nyari sekolah musik,yg bkn skedar les ato kursus??? pcsm ad gk mas????

    abie_7vold@yahoo.com

    ReplyDelete
  28. PCMS di Manado sdh ada atau belom?
    Kursus biola ada nggak ya?

    ReplyDelete
  29. wew...udah pernah liat pak purwacaraka yg asli belon?
    ngguanteng lho...

    ReplyDelete
  30. ayo...yang mau maen music jangan cuman enjreng2 aja asal tampil...ayo skolah di Purwacaraka music studio..musik tu ada pendidikannya lho..nggak sembarangan

    ReplyDelete
  31. Bang cara pendaftarannya gimana caranya?

    ReplyDelete
  32. pak gimana kalau yang mau ambil kursus di purwacaraka ( vokal) blind?
    apa ada dispensasi dalam pengajarannya?
    thanks ya... tolong di jawab

    ReplyDelete
  33. pengen latihan vocal intensif,...
    bisa gG ya disini???

    ReplyDelete
  34. pengen intensif didunia tarik suara...
    kira" di purwacaraka bisa gG ya???
    prasyaratnya apa klo mau gabung???
    biaya mahal kah???

    ReplyDelete
  35. klo d bandung dimana sih tempatnya

    ReplyDelete
  36. bayar berapa ya kalo mau les vocal?

    ReplyDelete
  37. klo sya bljr vokal dri nol mnimal prlu brpa bulan sya blajar d pcms hingga sya bsa brnynyi dngn baik???

    ReplyDelete
  38. syarat nya apa aja yah... bang

    ReplyDelete
  39. Gabung yuk di www.dukunglagu.com semoga bisa turut mendukung musik di negeri sendiri.

    ReplyDelete
  40. Kalau mau belajar baca not balok, ya di sini sekolahnya. Kalau mau serius main piano / biola atau nyanyi klasik, ya itu bagus. Tapi, jangan meremehkan "sekedar main band". Titiek Puspa, Paul McCartney / John Lennon itu pencipta lagu kelas satu, dan mereka semua tidak bisa membaca not balok. Kalau mau main band yang bagus, solusinya ialah praktek yang banyak.

    ReplyDelete
  41. Saya tertarik tapi, apa rencana pcms kdpannya untuk2 murid2 yg sudah mahir. Dan apa d skolah ini ªϑª juga selain musik.

    ReplyDelete
  42. pengen belajar.. BTW berapa ya biayanya..
    kasih bocoran dikit dong

    ReplyDelete
  43. mas.. mau tanya alamat pcms... yang di wilayah lampung
    buka cabang ga ya.. kalo ada alatnya dimana? minta contact person nya juga
    tolong di balas ya..
    ke email asihnaim@gmail.com

    ReplyDelete
  44. gimana cara pendaftaran murid di situ? jam pengajarannya gimana? trsu, soal biaya dll?

    ReplyDelete