23 April 2007

Pabrik Sepatu Ecco Indonesia




PT Ecco Indonesia yang berlokasi di kawasan Candi, Kabupaten Sidoarjo, memproses kulit sapi mentah sebagai bahan baku sepatu. Kalau dipukul rata, hampir 2.000 ekor sapi dikuliti setiap hari untuk menyediakan bahan baku sepatu kualitas dunia.

“Semuanya sapi Jawa karena sapi Jawa kualitas kulitnya sangat baik. Buat apa kita mencari kulit dari negara lain kalau di Indonesia sudah tersedia banyak sapi,” ujar Elly Kandouw, manajer personalia, sekaligus public relations PT Ecco Indonesia, saat menerima rombongan finalis Guk dan Yuk Sidoarjo.

Bagaimanapun juga kulit sapi yang menumpuk di pabrik itu tetaplah bangkai hewan. Karena itu, baunya... wuih... minta ampuh deh! Lebih ‘hebat’ lagi manakala proses pembersihan kulit sudah dijalankan. Saluran pembuangannya, yang bisa dilihat dengan jelas, mirip [maaf] sapi sedang mengeluarkan kotoran. Kotoran dari kulit itu langsung ditampung di tanki khusus dan dikirim ke Cieulengsi, Bandung.

Sadar akan besarnya dampak lingkungan, manajemen Ecco tidak tanggung-tanggung dalam mengelola air limbah. Instalasi pengolahan air limbah [IPAL] alias water treatment milik pabrik yang berdiri di Candi tahun 1991 ini sangat canggih.

“Habis Rp 9 miliar. Kalau ditotal semua, ya, Rp 11 miliar lebih,” kata pekerja senior yang berperan sebagai ‘pemandu wisata’ di Ecco.

Dengan pengolahan lombah berlapis, sandar Uni Eropa, manajemen Ecco Indonesia sangat yakin bahwa limbah pabriknya tidak membahayakan lingkungan hidup. Air limbah itu justru bagus untuk mengairi tanaman.

Program community development juga menonjol di PT Ecco Indonesia. Setiap tahun manajemen menyisihkan dana cukup besar untuk tiga desa di Kecamatan Candi, yakni Blegoh, Tenggulungan, dan Candi. Kebetulan lokasi pabrik Ecco berada di tiga desa tersebut. Setiap tahun, kata Elly, ratusan juta disalurkan ke sana.

Program macam ini, lanjut Elly, juga dilakukan di negara-negara lain yang ketempatan PT Ecco seperti Tiongkok dan Portugal. Manajemen sangat percaya bahwa community development program berikut menyerap tenaga kerja setempat, khususnya di lingkungan pabrik, membawa banyak manfaat bagi perusahaan. Semuanya sama-sama untung.

Sayang, harga sepatu buatan PT Ecco rata-rata Rp 1 juta ke atas. Itu pun tidak dijual di pasar Indonesia. Seratus persen diekspor ke negara-negara maju, khususnya Eropa.




66 comments:

  1. Saya iseng2 cari informasi tetang sepatu Ecco di internet (khusus Ecco di Indonesia). Tidak banyak orang yang tahu bahwa Ecco punya pabrik sepatu di Sidoarjo. Setelah saya membaca laporan anda saya menjadi yakin atas apa yang dikatakan oleh manajemen Ecco tentang pabrik ecco di negara2 berkembang khususnya mengenai upah para buruh pabrik dan lingkungan kerja. Terima kasih atas laporannya


    Cheers,

    ReplyDelete
  2. hmmm.. menarik pabrik sepatu pt ecco. tapi kok kesannya berbau promosi ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. elly dibayar mahal utk mempromosikan ecco dan image building. itulah tugas pr kayak jualan kecap aja

      Delete
  3. Counter Ecco ada di Sogo, Tunjungan Plaza 4, Mas2 mbak2.:)

    ReplyDelete
  4. sodara istri saya ada yang kerja di Ecco Sidoarjo..kayaknya emang bener-bener dihargain..buktinya sampai dibela-belain kerja walau berada di luar kota jauh dari anak-suami..walau sering sakit..temen2 SMA saya juga ada beberapa yang kerja disitu..salut buat ecco..semoga dapat terus bermanfaat bagi masyarakat sekitar..Oya,jangan lupa juga Social Corporate Responsibilitynya ya..perusahaan laen, tiru dong..masukan positif neh!!

    ReplyDelete
  5. yaaaa Ecco Lo hebat juga
    COba Klick di www.Islami-sunny.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. aq mau tanya apakah pt. ecco indonesia mengadakan lowongan praktek kerja lapangan maupun untuk tugas akhir tentang bidang kontrol maupun teknik yang lain. terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  7. hai, lam kenal.
    mau tanya, tau ga web site nya ecco?? yang di sidoarjo...
    thx

    ReplyDelete
  8. Waadduuchh..keren jg ya Ecco...saya ngerti jg dkit2 ttg ECCO...yg kyaknya setaraf dgn Danner ya?? atau Clarks??...yg pasti klo boleh beli yg boots tinggi..saya mau dong yg type yg semata kaki utk all conditions..Bravo Ecco Indonesia

    ReplyDelete
  9. waduuuuhh....

    di sini sepatu ecco mahal dueh, cantik-cantik dan apik memang :)

    jadi dari sidoarjo toh?

    ReplyDelete
  10. saya sudah berkali- kali melamar di PT. Ecco Indonesia, malah saya sudah mengirim sebanyak 25 kali. tetapi kenapa saya belum di panggil juga? apa saya belum memenuhi syarat. terima kasih. suwandi karangrejo gempol pasuruan.

    ReplyDelete
  11. pt.ecco indonesia adalah prshn yg solid n care ma krywan,trbukti tiap taon ada even n family gatering juga ada club motorx jg lo.namax EMC(ecco motor club)yg diketuain sdr M.Fatqur R

    ReplyDelete
  12. jgn lupa di ecco jg ada club motorx jg bro EMC yg dgawangi mr.M.Fatqur R.EMC udah touring kmn2.

    ReplyDelete
  13. Itu perusahaan mungkin hanya ada 1 dari 1000 di Indonesia. Kalo mau yang begitu kerja saja dengan perusahaan asing semua. Terlalu dibuai dengan hal yang enak, tidak sadar akan hal yang sebenarnya. Mana ada merk sepatu/sandal lokal yang bisa dijual 10 kali lipat dari modal. Mungkin modalnya hanya 100 rb lalu dijual 1 juta diluar negeri. Kalo di Indo merk lokal juga bisa dijual 1 jt dengan quantitas yang banyak maka perusahaan lokal tidak akan banyak yang kolaps. juga sangat tidak rasional jika sepatu bisa di jual 1 juta, tapi karyawan hanya dibayar upah rata-rata indonesia.

    ReplyDelete
  14. Sangat tidak fair kalo membandingkan perusahaan lokal dengan asing. Ecco jual produknya di luar negeri dengan 1 jt, tapi sangat sulit untuk jual di Indonesia. Perusahaan /merk lokal tidak ada yang bisa menjual dengan harga setinggi itu. Modal sama, tapi margin sangat jauh berbeda. Juga sangat tidak rasional jika bisa menjual sepatu dengan harga luar negeri, tapi gaji masih setingkat lokal.

    ReplyDelete
  15. Saya eks ecco employer,beberapa hari yg lalu saya mendapat info bahwa ecco sidoarjo akan ditutup, dan bakal terjadi pemecatan besar-2an...Sulit memang membayangkan bahwa perusahaan yang sudah besar, dan mengakar kuat bisa tumbang juga akhirnya..
    Btw, saya baca postingan ini cenderung mengangkat profil ecco berlebihan (promosi), padahal menurut pengalaman pribadi saya sendiri, gaji yang "besar" itu dikarenakan jam kerja di ecco yang terlalu panjang...jam kantor senin-jumat masuk jam 07.30 s/d 17.00, sabtu masih masuk pula jam 07.30 s/d jam 13.30. Di bagian produksi kurang lebih sama, bahkan shift pagi mulai kerja jam 06.00 (teeet). Jika demikian, gaji yang jauh di atas UMR? Hmmm...ngga juga!!! (coba dilihat upah per jam kerjanya, pasti gak beda-2 amat)

    ReplyDelete
  16. kenapa ya di bagian pembelian pt ecco indonesia , sidoarjo, terkesan tertutup sama suplier baru, padahal perusahan kami juga termasuk perusahaan besar produk kami murni import dari jepang, apa bagian pembelian nya ada main dengan suplier lama.......

    ReplyDelete
  17. waw... sepatunya NYAMAN ABIS!!! tapi.. MAHAL ABIS..!!

    ReplyDelete
  18. aku jadi kangen ma Ecco, thanks dah kasih banyak pelajaran dan pengalaman selama kerja disana, I miss u all

    ReplyDelete
  19. Saya mau tanya kalau kulit rejectnya bisa gak kita beli, trus kita mau tanya juga bisa made to order gak kulitnya ?

    ReplyDelete
  20. kapan ya ada lowongan kerja bwt S1 ekonomi manajemen?

    ReplyDelete
  21. Tolong minta informasi tentang ekspatriat yang cari guru les bahasa indonesia. klo ada bisa hub saya di email nonabete@yahoo.com

    ReplyDelete
  22. image building yg dibentuk manajemen ecco memang oke. tapi apa benar demikian adanya???? para karyawan yg lebih merasakannya, bukan org luar...

    ReplyDelete
  23. udah tahu dalemannya belom??

    ReplyDelete
  24. betul... saya rasa postingan ini cenderung mengangkat profil ecco berlebihan (promosi). percuma kalo perusahaan besar, gaji besar namun jam kerja segitu padat. jadi ya pasti gaji yang diterapkan jauh diatas UMR.. apakah dipikir kalo karyawan juga butuh libur?? karyawan jg butuh waktu libur yang cukup.. bukan cuma uang, uang dan uang..
    so, buat saya lebih memilih waktu luang untuk keluarga yang cukup dibanding dengan bekerja dengan waktu yang 'ga normal' hanya untuk uang...

    ReplyDelete
  25. wogh... jam kerjanya kok serem gitu??
    karyawan khan bukan robot...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam kerja di ECCO kan sudah berdasarka UU yang berlaku

      Delete
  26. ecco itu bagian dari kapitalisme barat yg menghisap tenaga2 manusia dari negara2 berkembang. pintar dia membuat kemasan dan membangun image sehingga kita sering terkecoh.

    ReplyDelete
  27. coba minta pendapat dr buruh2 ecco, jangan PR-nya yg pasti baik2 aja. apa bener kondisi ecco sebagus itu????

    ReplyDelete
  28. jaya terus PT Ecco

    ReplyDelete
  29. kita tau .. lah gimana hubungan seorang manager dengan "bule"2 disana. keakraban ? .... liat aja kalo jam makan ..., kesejahteraan ? ... liat tuh yg digambar org yg lagi meres kulit ... bau obat kimia, becek, berat. tapi okelah daripada pengangguran

    ReplyDelete
  30. ya sic q sendiri pernah jadi karyawan magang disana memang disana wuihh keakraban si bule m orang indo tidak di ragukan lagi tapi memang bener2 akrab bgt kayak uda kenal lama gitu. contohnya j q hanya karyawan magang disana eh si bule2 tidak memandang q sbgai karywan magang melaikan di anggap udah temenya.
    tapi sayang nya tulisan diatas tak sesuai dengan sebenarnya kata sapa karyawan magang dapat 850 sebulan q j 3 bulan magang disana dapetnya g"smpe"500rb.tapi g pp bnyak ilmu yg q dapat disana.Thank you so much to PT ECCO

    ReplyDelete
  31. wah wah wah...besok selasa nich ak ad interview di Ecco.ak rasa Ecco adalah perusahaan bonafit.wajarlah namae jg Manufacturer ya pasti jam kerja produksi pasti ketat.malahan di PT.Venezia lebih ganas jam kerja e.senin-minggu 6.00 apmpe 21.00.it jg sama2 pabriki sepatu eksport.ya nama e jg idup.y pasti ada plus minus e toh.tergantung penyikapannya.kalo buat ak si dalam kerja itu yg paling utama Halal, kalo halal pasti diridhoi Alloh SWT, ke dua Nyaman.Yah,,,semoga interviewku besok sukses.Amin Ya Rob...

    ReplyDelete
  32. semoga kita nanti bisa bikin pabrik sendiri seperti di atas ya. amiin

    ReplyDelete
  33. Wah,blog dan info yang sangat menarik sekali....

    ReplyDelete
  34. dibutuhkan kepala pembelian bahan sepatu, lamaran ke pt. usi di Jombang.

    ReplyDelete
  35. thank you all for your comment and info

    ReplyDelete
  36. kalo pengen beli sepatu ecco dimana ya?? uda nyari tapi ga nemu, apa mata saya yg jereng ini, hahah , thx

    ReplyDelete
  37. Kami dari Kualita Pendidikan Indonesia dengan web: www.kpiforteacher.org ingin bekerjasama dengan PT. Ecco Indonesia untuk Program CSR Pemberdayaan mutu guru di Kecamatan Candi Sidoarjo agar peningkatan Pendidikan kualitas pengajaran, fasilitas pembelajaran meningkat. Kami (KPI) sangat respek dengan peningkatan mutu pendidikan di seluruh Indonesia. From: Machmoedy Raffaell / Corporate Marketing Manager KPI. 081351419068. Thank's.

    ReplyDelete
  38. Senep...senep... Idont have many time cz U

    ReplyDelete
  39. wacana terlalu berlebihan, padahal kalo liat yang sesungguhnya. Pekerja di ECCO kayak kerja rodi, banyak tekanan

    ReplyDelete
  40. sebetulnya jadi buruh di mana pun sama saja. aq kira kawan2 buruh ecco TIDAK lebih baik. makanya kalo udah kerja beberap` tahun di ecco, keluar n buka usaha sendiri. jangan seumur hidup jadi buruh.

    ReplyDelete
  41. iklan kecap yo tetep nomor satu...to?hiduuup ATK.

    ReplyDelete
  42. bisa2 harga sepatu lebih mahal ketimbang upah buruh ecco hehehe...

    ReplyDelete
  43. terimakasih atas masukan dan kritik dari pembaca, khususnya kawan2 pekerja dan eks pekerja ecco candi. saya jadikan bahan koreksi untuk mengedit naskah awal. semoga semuanya sukses.

    ReplyDelete
  44. kalau mau memperbaiki sepatu ecco ada dimana? tq

    ReplyDelete
  45. kalau bagus bagus aja ,coba tanyakan banyak ngak karyawan yang keluar ?

    ReplyDelete
  46. ah kalau yang ngak tahu ini saya kasih tahu ,perbedaan antara manager bule dengan manager lokal sama ? tidak sAMA ,TANYA DIMANA BULE BULE ITU TINGGAL DAN FASILITASNYA ? KALAU NGAK TAHU SAYA KASIH TAHU DI GRAHA RESIDACE KALAU MANANGER LOKALNYA DIMANA ? DI SEKITAR CANDI BANYAK PERUMAHAN YANG BIASA BIASA SAJA . SO BAGUS DARI LUAR DALAMNYA BELUM TENTU. MASIH KELIHATAN PERBEDAAN YANG JAUH ANTARA BULE DAN LOKAL.
    SATU LAGU BULENYA MAKANNYA APA DIMANA ? PASTI DI KATERING DAN LEBIH MAHAL ,KALAU LOKALNYA DI KANTIN @ RP. 3.850. SILAHAKNA CEK, SEKALI LAKI SILAHKAN CEK

    ReplyDelete
  47. Tahun brp ecco indonesia berdiri....... Tahun brp mulai produksi bahan baku dari kulit sapi mentah..........

    ReplyDelete
    Replies

    1. Sejarah:
      ECCO Indonesia

      ECCO Indonesia didirikan sebagai pabrik pertama berbasis ECCO Asian tahun 1990. Tujuan utama adalah pasokan bagian atasnya untuk unit montase ECCO di Denmark dan Portugal.

      Dengan pemasangan mesin injeksi pertama di tahun 2004 ECCO Indonesia mulai produksi pada bagian atasnya montase sendiri, namun bagian atasnya kebanyakan masih diekspor untuk montase di Eropa. Pada tahun 2004, ECCO Indonesia mengekspor lebih dari 5 juta bagian atasnya. Karena produksi diperluas dari tahun ke tahun, lebih banyak ruang dan kapasitas yang dibutuhkan. Pada tahun 2007 ECCO Indonesia membeli pabrik tetangga. Seluruh produksi direorganisasi sehingga Pabrik Atas (uppers untuk ekspor) pindah ke gedung baru dan Pabrik Sepatu (bagian atasnya dan montase sepatu penuh) dilanjutkan di bangunan aslinya. Pada tahun 2011, 2 mesin injeksi tambahan dipasang dan III tahun 2012 pabrik Atas dibuka.

      Saat ini, produksi sepatu penuh menyumbang 70% dari total produksi di ECCO Indonesia. Selain memproduksi Mens kasual dan gaya Ladies, ECCO Indonesia adalah khusus dalam produksi sepatu dan sandal anak-anak.

      Pabrik berlokasi di Sidoarjo di sisi timur Pulau Jawa.

      Delete
  48. Sepatu ECCO memang sepatu kualitas nomor satu. pengalaman saya selama tinggal di Malmo, Swedia dan sering mengunjungi Copenhagen, Denmark, disana sepatu ini memang diminati karena sangat tahan dan nyaman. Kalau sepatu-sepatu merek eropa biasanya sangat tahan dan nyaman karena disana ada 4 musim yang memerlukan desain dan kualitas yang baik untuk menghadapi perubahan musim tersebut (terutama sepatu kerja).


    Khususnya negara-negara Scandinavia (denmark, swedia, norway dan findland), mereka menciptakan produk dengan kualitas yang sangat baik, mungkin didesain untuk dipakai seumur hidup. coba lihat produk-produknya seperti scanpan (penggorengan dan panci), electrolux (alat rumah tangga), Volvo, Man, Scania (mobil dan alat berat), he he he.

    Selain itu kalau mereka outsourcing untuk memproduksi produk-produknya di negara berkembang, maka persyaratan kualitas, lingkungan dan tenaga kerjanya juga sangat baik, dan selalu mematuhi aturan (tidak asal-asalan). Mereka akan selalu memeriksa secara rutin, misalnya kalau ketahuan mempekerjakan anak dibawah umur di pabrik, maka mereka tidak segan-segan untuk memutuskan kerjasama outsourcing tersebut

    Dulu waktu masih mahasiswa disana kepingin banget beli sepatu ECCO tapi sayang sama duitnya, akhirnya lebih memilih uangnya dibuat makan (bisa 30 kali makan paket hemat di restaurant thailand). Waktu itu Ada juga kepingin beli sepatu kulit merek Lacoste, tapi juga nggak jadi beli karena pertimbangan yang sama. (hiks hiks)

    Akhirnya beli sepatu yang kualitasnya cukup bagus, sangat nyaman mereknya 24 hrs buatan Spanyol. 2 tahun dipakai nggak rusak-rusak sehingga akhirnya bosen sendiri.

    Nah untuk sepatu lacoste dengan model yang diinginkan akhirnya kesampain belinya sewaktu ke jerman. Bulan depan mau ke Jakarta, kalau sepatu ECCO dijakarta belinya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he alhamdulillah akhirnya kesampaian juga beli sepatu ecco. belinya di mall siam paragon bangkok, namun pabrik nya bukan dari indonesia tapi dari china. luar biasa nyamannya.

      Delete
    2. di mall kemang yang baru (saya lupa namanya) bakal buka store ecco

      Delete

  49. Sejarah:
    ECCO Indonesia

    ECCO Indonesia didirikan sebagai pabrik pertama berbasis ECCO Asian tahun 1990. Tujuan utama adalah pasokan bagian atasnya untuk unit montase ECCO di Denmark dan Portugal.

    Dengan pemasangan mesin injeksi pertama di tahun 2004 ECCO Indonesia mulai produksi pada bagian atasnya montase sendiri, namun bagian atasnya kebanyakan masih diekspor untuk montase di Eropa. Pada tahun 2004, ECCO Indonesia mengekspor lebih dari 5 juta bagian atasnya. Karena produksi diperluas dari tahun ke tahun, lebih banyak ruang dan kapasitas yang dibutuhkan. Pada tahun 2007 ECCO Indonesia membeli pabrik tetangga. Seluruh produksi direorganisasi sehingga Pabrik Atas (uppers untuk ekspor) pindah ke gedung baru dan Pabrik Sepatu (bagian atasnya dan montase sepatu penuh) dilanjutkan di bangunan aslinya. Pada tahun 2011, 2 mesin injeksi tambahan dipasang dan III tahun 2012 pabrik Atas dibuka.

    Saat ini, produksi sepatu penuh menyumbang 70% dari total produksi di ECCO Indonesia. Selain memproduksi Mens kasual dan gaya Ladies, ECCO Indonesia adalah khusus dalam produksi sepatu dan sandal anak-anak.

    Pabrik berlokasi di Sidoarjo di sisi timur Pulau Jawa.

    ReplyDelete
  50. Saya pernah kerja di ecco 2000-2002. Kesan saya sama saja dengan pabrik2 lain (Posisi trakhir di Tannery, anak buah e Nando). Teman2 senior sy satu angkatan juga sudah bayak yg out. Tanya kenapa..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa out?

      Delete
    2. ya biasalah trik kelasik perusahaan krn omzet turun dan, PHK.!! deh. dg bunyi surat ket kerja resign atas kemauan sendiri dan didampingi dg segebok rupiah..hadehhhh... HEBAT ECCO

      Delete
  51. Dimana kalau mu betulkan sepatu Ecco??Dimana saya bisa lihat dan beli sepatu Ecco di Jakarta dan Surabaya??

    ReplyDelete
  52. saya mau menanyakan apakah PT ECCO menerima mahasiswa jurusan kimia untuk PKL?
    kalau iya, bagian apa saja yang bisa dimasuki?

    ReplyDelete
  53. Limbah B3 ecco tannery malah di perjual belikan. saya 3 hari yg lalu membeli drum di mojosari, disana ada berbagai macam jenis drum dari yg kecil sampai yg besar dan masih ada setikernya ECCO TANNERY INDONESIA. sedangkan di dalam drum tersebut masih ada cairanya, dan secara tidak sengaja mengenai tangan saya setelah selang beberapa menit tangan saya langsung gatal2 terus melepuh. jelas-jelas itu bekas bahan berbahaya kenapa ya ecco tannery malah diperjual belikan,

    ReplyDelete
  54. lamar krja di ecco lewat online gimana caranya???

    ReplyDelete
  55. Ecco adalah pabrik favorit no 1 di sidoarjo,,,
    Keringat karyawan di ecco amat sangat di hargai,,,
    Fasilitas Olah raga dan fasilitas lainnya sangat baik...
    Beruntunglah saya adalah salah satu mantan karyawan di sana...
    Banyak hal baik yang saya dapatkan....
    Maju trus ecco indonesia dan ecco di negara2 lainnya....
    ecco thailand semoga kembali seperti sebelum kena banjir....

    ReplyDelete