10 February 2007

Inul Daratista Belum Habis




INUL DARATISTA pernah 'sangat berkuasa' di belantika musik dangdut Indonesia pada 2002-2003. Sebelumnya, dia membius penggemar dangdut di Jawa Timur. Goyanannya ngebor, berputar sangat cepat, eksotik, sangat menghibur. Suara Inul juga lumayan. Bisa membawakan macam-macam lagu.

Tapi, lama-lama ya orang bosan melihat goyangan Inul yang itu-itu saja. Muncul begitu banyak penyanyi dangdut dengan gaya lain, yang bahkan lebih gila. Inul pun redup pelan-pelan. Wanita asal Kejapanan, Gempol, Pasuruan--lahir 21 Januari 1979--ini pun buka karaoke. "Untuk persiapan ke depan setelah saya nggak bisa nyanyi lagi," ujar istri ADAM SUSENO ini.

Saya belum lama ini sempat nonton INUL DARATISTA di kawasan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Namanya juga wartawan, saya dapat peluang untuk ngobrol dengan Inul di kamar ganti, belakang panggung. Hmmmm... parfum si Inul ini ternyata sangat harum semerbak. Terus terang, hidung saya tidak kuat menghirup aroma yang sangat tajam itu.

Rata-rata artis kita memang sengaja membungkus tubuhnya dengan parfum untuk menutupi bau keringat. Bedak tebal. Busana panggung ketat untuk menunjang gerakan Inul yang dinamis.

"Tanggapan selalu ada lah. Rezeki itu kan sudah diatur sama Allah. Nggak akan lari ke mana-mana," ujar Inul Daratista kepada saya.

Dia membantah pendapat bahwa sosok Inul sudah habis sama sekali di dunia hiburan. "Kalau habis kenapa kok aku masih ditanggap? Yang nonton kan masih banyak, termasuk sampeyan. Hehehe," tukasnya.

Sejak dulu Inul memang akrab dengan wartawan Jawa Timur, sehingga bicaranya ceplas-ceplos. Kayak teman sendiri. Dia pun kerap minta umpan balik (feed back) atas penampilan maupun suaranya. Tentang goyangannya, Inul bilang sudah jadi ciri khas. Tapi bisa disesuaikan dengan situasi.

"Aku gak berlebihan kok. Siapa bilang pornoaksi?" kata wanita bernama asli Ainur Rochimah ini.

Setelah bicara santai sekitar 15 menit, Inul pun bersiap-siap naik panggung. "Aku nyambut gawe sek, ya. Nanti aja ngomong-ngomong maneh," ujar Inul.

Keramahannya masih seperti dulu. Sama dengan ketika saya meliput penampilannya di kafe-kafe Surabaya, saat dia belum ngetop. "Pokoknya, yo opo carane penonton senang."
Setelah dipanggil pembawa acara, Inul Daratista naik panggung. Sekitar 500 penonton (sedikit karena ini acara intern sebuah perusahaan swasta) mengelu-elukan Inul. Sebagian besar ibu-ibu rumah tangga dan remaja kampung. Buruh pabrik tak sedikit.

Si Inul ini tidak langsung nyanyi, tapi berinteraksi dulu dengan penonton. Banyolan-banyolan khas Jawa Timur, pakai bahasa ngoko.

"Siapa yang mau goyang sama saya? Hayo? Aku wis nafsu, rek," kata Inul. Hadirin cekakan.

"Maksude nafsu goyang, bukan nafsu yang lain-lain. Siang-siang kok ngeres!" tambah Inul.

Cukup banyak lagu yang dibawakan Inul, diiringi ben lokal. Saya ingat beberapa seperti KOCOK-KOCOK, JUJUR (Radja), BANG THOYIB, GOYANG INUL, MABUK JANDA, CUCAKROWO. Mungkin karena siang-siang, goyangan Inul tak seheboh di kafe pada awal 2000an. Dia lebih matang, bisa mengendalikan diri.

Inul kemudian memanggil seorang penonton pria ke atas panggung. Pria ini pemalu. Tapi berkat provokasi Inul, 'kemaluan' si pria berangsur-angsur hilang. Lagu GOYANG INUL. Aha, Inul tak segan-segan mengetuk pantat si pria yang goyangannya kaku.

"Goyang kok loyo. Masa, kalah sama aku. Semangat dong," celetuk Inul.

Tak puas hanya di atas panggung, Inul turun panggung untuk menyalami penonton. Semua memang berebut menyalami 'ratu ngebor' ini. "Terima kasih, terima kasih. Berkat dukungan kalian, Inul bisa jadi seperti ini," ujar Inul.

Lagu terakhir, apalagi kalau bukan Cucakrowo. "Main F, Mas" perintah si Inul kepada ben pengiring. Yang dimaksud tentu kuncinya F (satu mol).

MANUKE-MANUKE CUCAKROWO
CUCAKROWO DOWO BUNTUTE...."


Ah, Inul Daratista belum habis.

4 comments:

  1. aku suka inul.... dia is the best pokokee....:-)

    ReplyDelete
  2. HEBOH BEREDARNYA FOTO2 BUGIL INUL DARATISTA !! COBA KLIK SITUS :

    http://iwandahnial.wordpress.com/2008/04/30/heboh-foto-bugil-inul-daratista/

    ReplyDelete
  3. Nggak nahan liat anusnya inul..

    ReplyDelete
  4. penyanyi dari pasuruan kan ya inul itu

    ReplyDelete