09 January 2007

Paduan Suara UK Petra Terbaik di Jatim





Saya menilai Paduan Suara Universitas Kristen Petra Surabaya (Petra Choir) merupakan paduan suara terbaik di Jawa Timur. Bila ada lomba atau festival, dan PS UK Petra ikut, hampir pasti tim yang dibina ARIS SUDIBYO itu (kini Aris pindah ke Papua) menyabet juara satu.


Paling 'apes', karena selera juri dan pertimbangan nonteknis, PS UK Petra kebagian juara kedua.

"Sulit untuk membentuk paduan suara kampus yang solid macam di UK Petra. Mereka punya segalanya. Fasilitas, dukungan manajemen universitas, talenta yang hebat, dan jangan lupa modal sangat kuat. Itu yang tidak dipunyai paduan suara mahasiswa di universitas negeri dan swasta lain di Jawa Timur," ujar RONNY KLEDEN, bekas pelatih PSM Universitas Airlangga dan Universitas Widya Mandala Surabaya, kepada saya.

Terlalu banyak daftar prestasi yang dicetak PS UK Petra sejak 1989. PS UK ikut festival paduan suara internasional di Hongkong Baptist University, 1-5 April 2004. Festival ini sangat bergengsi, karena hanya boleh diikuti segelintir kor yang memenuhi syarat. Audisi dan standarnya sangat tinggi.

"Profesor musik dari Hongkong yang langsung audisi di Petra," kenang Aris Sudibyo, pakar musik vokal lulusan Singapore Bible College, kepada saya.

Untuk festival di Hongkong ini, Petra mengirim 27 penyanyi, termasuk Aris sebagai dirigen dan penata musik. Di luar Indonesia, tercatat tiga negara lain yang mengirim wakil, yakni Filipina, Korea Selatan, dan Taiwan.

Bagaimana PS UK Petra Surabaya bisa melahirkan kor berprestasi secara konsisten? Sebab, seperti diketahui, membina musik atau kesenian di kampus atau sekolah tidak gampang karena siswa/mahasiswa datang dan pergi. Tim yang sudah matang tiba-tiba rusak, mentah lagi, karena anggotanya lulus.

Nah, di PS UK Petra, Aris Sudibyo pun mengaku mengalami hal serupa. Karena itu, pemusik kelahiran Jogja, 1 Februari 1967 ini menerapkan sistem pembinaan tiga lapis.

Lapis pertama untuk para mahasiswa atau anggota baru yang berbakat dan tertarik bergabung dengan paduan suara. Begitu diumumkan di kampus, kata Aris, mahasiswa berlomba-lomba mendaftar. Rata-rata 125 mahasiswa yang mendaftar dan ngotot terpilih dalam tim PS UK Petra.

"Akhirnya, kami melakukan audisi dengan standar yang ketat. Sebab, saya tidak mau anggotanya lebih dari 40 orang. Nanti saya kesulitan sendiri dalam pembinaan, latihan, dan sebagainya. Kita belajar dari pengalaman," papar Aris.

Berdasarkan pengamatan saya, audisi ala UK Petra ini sudah mengikuti sandar paduan suara dunia. Nomor satu, calon anggota harus bisa membaca not balok. Ini penting karena komposisi atau repertoar yang dipakai PS UK Petra ditulis dalam not balok alias notasi musik internasional. Tes lain menyangkut pendengaran, kemampuan merasakan ritme (irama), ambitus suara, pernapasan, dan sebagainya.

Benar saja. Musikalitas anak-anak Petra (seperti dikatakan Ronny Kleden) di atas rata-rata. Dan itu memudahkan dirigen atau konduktor mana pun untuk menggodok mereka menjadi ramuan yang solid dan berkelas.

Di lapis kedua, standarnya lebih tinggi ketimbang kor yunior, berjumlah 60 orang. Mereka ini mahasiswa senior yang punya jam terbang cukup tinggi. Biasanya, tim kedua inilah yang akan tampil mewakili UK Petra dalam lomba, festival, atau konser nasional atau internasional. Pasalnya, dalam lomba atau festival semacam itu panitia mensyaratkan bahwa peserta harus berstatus mahasiswa.

Lapis ketiga, boleh dikata, lapis paduan suara paling matang atau kelas elite. Tim elite ini jumlahnya hanya 20 orang, termasuk Aris Sudibyo sendiri. Grup ini merupakan kombinasi para mahasiswa senior (anggota inti) paduan suara lapis kedua dan para alumni PS UK Petra. Para alumni ini, meski sudah lulus dan bekerja, tetap menyanyi dan berlatih di kampus UK Petra.

Rata-rata mereka ini punya musikalitas sangat tinggi sehingga enggan bekerja di luar Kota Surabaya. Tim elite ini kerap mengisi konser di Pusat Kebudayaan Prancis atawa CCCL Surabaya.

Yang jarang dimiliki kampus lain, sejak dulu semua rektor UK Petra sangat 'gila musik'. Termasuk PAUL NUGRAHA, rektor UK Petra. "Kita memberikan wadah dan dukungan kepada mahasiswa dan alumni yang aktif di paduan suara. Sebab, kegiatan ini sangat positif," ujar Paul kepada saya.

Setelah Aris Sudibyo pindah ke Papua, bukan saja UK Petra yang kehilangan, tapi juga dunia paduan suara di Surabaya dan Jawa Timur. Sebab, saya amati, aktivitas konser PS UK Petra tidak segencar saat Aris masih berada di sana.

"Sayang sekali, Petra kehilangan seorang tokoh musik sekaliber Aris Sudibyo," ujar Ellen Pantouw, alumni UK Petra Surabaya, yang juga pemerhati paduan suara di kampus terkenal itu.



Foto: Koleksi Raninda saat Petra Choir tampil di Balai Sarbini, Jakarta.

8 comments:

  1. suwun cak, dah nulis petra choir. ah, jadi bangga neh. GBU.

    ReplyDelete
  2. mas hurek, apa masih liat konser paduan suara uk petra?

    ton

    ReplyDelete
  3. sama2. belakangan agak sulit krn aku masuk malam. maju terus ya petra choir! GBU too.

    ReplyDelete
  4. Wuuaahhh Jadi ingad AUDISI UKM PSU KRISTEN PETRA kemarin...

    kenalin,, saya PARKER asal AMBON...
    baru aja masuk kuliah TAHUN ini...

    nah kemarin itu aku audisi masuk UKM PSU Petra,,, Sumpahh...

    SUSSSSSAAAAAHH PuuuuuoooLLLLL

    wkwkwkwkwkkw

    Tapi PUJI Tuhan LULUS aku....

    heheheheheh

    yg tadi dijelaskan kalo di PS Petra ada 3 tingkatan itu..

    1. UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA)
    merupakan pembelajaran/pengenalan paduan suara awal bagi mahasiswa baru yg lulus PS. (pembinaan selama 1 tahun)

    2. PSU (paduan suara universitas)
    setelah ikud UKM selama 1 tahun n dinyatakan lulus, kita langsung naik ke posisi ini,

    3. CHORAL
    GILLLAA... Kuereeenn bgt kalo aku bisa masuk sampe sini...

    hehhehe

    ReplyDelete
  5. wah, emang PS UK petra paling keren..
    Audisi juga susah banget. tapi yang penting di PS ini adalah memiliki hati yang mau melayani dan mengembalikan semua kemuliaan Tuhan lewat suara kita..

    yuk melayani bersama melalui paduan suara..

    ReplyDelete
  6. Please do come and watch Petra University Choir's Christmas Concert:
    "Joseph and the Technicolor Amazing Dreamcoat"
    Saturday, 28th November 2009 at Auditorium UK Petra.
    For ticket and reservation call us at Curch Music Appreciation (Petra Christian University): 031-2983129 => kaga taw bener pa ga.... Telpon aja ke Petra trus minta disambungin.....
    Have a nice day everyone!

    ReplyDelete
  7. setelah Mr. Aris S. pindah ke Papua, kini PS UK Petra dibina oleh Mr Rubin Lukito dan Ms. Aprilia. Saat ini sedang mempersiapkan tim untuk Pesparawi Mahasiswa XI Palangkaraya. jika anda ingin menyaksikan penampilan PS UK Petra silahkan email saya di vkharisma88@gmail.com.

    ReplyDelete
  8. kapan PETRA CHOIR tampit di sampit (Kalimantan TEngah) lagi????

    ReplyDelete