02 December 2006

Maria Eva Penyanyi Sidoarjo





Maria Eva (lahir di Sidoarjo 21 Februari 1979), perempuan asal Jalan Kombes M Duryat Sidoarjo, kini menjadi bintang baru musik dangdut di Indonesia. Namanya melejit gara-gara beredarnya video adegan ranjangnya dengan Yahya Zaini, politikus Partai Golkar sekaligus anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.


MARIA EVA selain aktif sebagai vokalis dangdut, Maria Eva ternyata orang organisasi. "Mas mungkin belum tahu kalau saya ini pengurus DPP AMPI di Jakarta. Saya merupakan pengurus AMPI termuda," ujar Maria Eva kepada saya di Porong, Sidoarjo belum lama ini.

AMPI alias Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia dikenal sebagai ormas yang banyak bergerak di bidang sosial, kemasyarakatan, dan politik. AMPI ini organisasi sayap (onderbouw) Golongan Karya.

Kapan MARIA ULFAH--nama aslinya-—mengaku menekuni seni suara sejak anak-anak. Sejak taman kanak-kanak, SD, SMP, hingga SMA--semuanya di Muhammadiyah Sidoarjo--Eva sudah menyanyi di hadapan khalayak. Hampir semua jenis musik ia tekuni. Dia juga sempat belajar teater di Dewan Kesenian Surabaya. "Guru saya Prof. Sam Abede Pareno. Saya sempat ikut pementasan Merdeka atau Mati di Surabaya," katanya.

Setelah menjelajahi begitu beragam musik, Maria Eva menyadari bahwa karakter vokalnya tidak bisa dipaksakan untuk membawakan lagu-lagu dangdut murni. Dangdut murni di sini maksudnya lagu dangdut bercengkok India, banyak menggunakan suara hidung (nasal), ala Elvi Sukaesih dan sejenisnya. Karakter Maria Eva lebih ke pop.

Karena itu, ketika diberi kesempatan untuk membuat album pertama Maria Eva memutuskan untuk mengembangkan potensi dan karakternya sendiri. "Saya ingin beda dengan penyanyi-penyanyi dangdut lain yang sudah ada. Sebab, karakter saya memang berbeda dengan penyanyi dangdut lain," tukas putri pasangan Amir Faisal-Sri Sundari ini.

Sejak tujuh tahun terakhir Maria Eva tinggal di Jakarta mengisi acara hiburan di berbagai tempat. Nah, demi menggarap album perdananya--bertajuk 'Pelangi Senja'--Eva kembali ke Sidoarjo bertemu dengan A Malik Buzaid, salah satu maestro musik Melayu yang tinggal di Desa Kureksari, Kecamatan Waru.

"Saya memercayakan olah musik dan olah vokal sama Abah Malik. Beliau ternyata cocok sekali dengan saya, karena sama-sama ingin memberikan warna baru pada musik dangdut," tuturnya.

Selama hampir satu tahun, Maria Eva digembleng Abah Malik, sang pencipta lagu 'Keagungan Tuhan' yang legendaris itu, di Kureksari. Maria Eva diminta menunjukkan karakter yang berbeda dengan pedangdut-pedangdut di pasar musik Indonesia. Be yourself! Jadilah dirimu sendiri! Begitu prinsip yang selalu dipegang lulusan Universitas Krisnadwipayana, Jakarta, itu. Singkat cerita, jadilah album perdana 'Pelangi Senja'. Launching album perdana Maria Eva dilakukan di Hotel Borobudur, Jakarta, dan bukan di 'gubuk derita'. Adakah album pertama Maria Eva ini diterima pasar musik? Kita lihat saja.

*******

MARIA EVA bilang bahwa sukses itu tidak bisa diperoleh secara instan. Proses perjalanan ke sana sangat panjang, butuh kesabaran, ketekunan, perjuangan, yang tidak kenal lelah.

Maria Eva masih ingat ketika bergulat sebagai penyanyi cabutan di Sidoarjo, Surabaya, dan kota-kota sekitar. Ikut orkes dangdut untuk mengisi acara di kampung-kampung sudah tak terhitung lagi. Gara-gara ikut orkes keliling inilah, Eva menjadi akrab dengan AINUR ROCHIMAH, pedangdut asal Kejapanan, Gempol, Pasuruan, yang kini ngetop dengan nama Inul Daratista.

"Mau tahu kita dibayar berapa? Saya dapat Rp 5.000, Mbak Inul dapat Rp 7.500," ujar Merry, sapaan akrab Maria Eva lalu tertawa kecil.

Pengalaman dibayar murah di kampung-kampung ini menjadi catatan yang tak akan pernah dilupakan Eva dalam hidupnya. Pengalaman ini, sekali lagi, menunjukkan bahwa sukses di dunia artis harus dirintis dari bawah. Masuk kampung keluar kampung.

Ketika Inul sukses, Eva tidak serta-merta mengekor gaya dan suara Inul Daratista. Sejak dulu, katanya, karakter vokal Inul itu rock, lantang, berteriak-teriak. Sangat beda dengan warna vokal dangdut murni yang penuh cengkok India, suara hidung, dan seterusnya.

"Tapi Inul tahu bahwa dia punya potensi lain yang tidak dipunyai penyanyi dangdut murni. Makanya, dia jadi kondang sebagai ratu ngebor," ujar gadis yang lahir dan besar di Jl Kombes M Duryat 15 Sidoarjo ini.

Kenapa tidak ikut tren goyang heboh?

Maria Eva bilang dia mau mengangkat dangdut ke kalangan menengah-atas. Proses ke sana, tentu saja, tidak mudah karena harus menciptakan imej baru. "Yang penting, kita berusaha dan terus berdoa. Sebab, saya merasa apa yang saya lakukan dengan album perdana saya ini, Pelangi Senja, sudah benar. Musiknya berkelas banget deh," ujar Maria Eva tentang album yang digarap oleh A Malik Bz, tokoh musik Melayu asal Kureksari, Kecamatan Waru, Sidoarjo, itu.

Setelah di-launching di Hotel Borobudur, Jakarta, Maria Eva mengaku sudah mendapat respons pasar yang lumayan bagus. Di radio-radio swasta Jakarta--yang jadi barometer dangdut--tembang unggulan Eva sudah berada di peringkat kelima. Trennya naik terus, sehingga ia melihat prospek albumnya sangat cerah.

"Ternyata warna baru yang saya tawarkan bisa diterima pasar. Dan itu bagus," ujar alumnus SMA Muhammadiyah Sidoarjo ini.

Di akhir percakapan santai dengan saya, Maria Eva mengatakan, Sidoarjo sebetulnya punya potensi besar di bidang musik. Sidoarjo punya pencipta lagu sekaliber A MALIK Bz, penulis lagu 'Keagungan Tuhan'. Orkes Melayu (Dangdut) di Sidoarjo pun cukup kuat, cukup mewarnai blantika musik dangdut di Jawa Timur. Sekarang, katanya, tinggal para kita memanfaatkan peluang untuk maju.

*******

MENJELANG Lebaran lalu MARIA EVA mudik ke Sidoarjo. Tak hanya mudik, MARIA EVA juga bikin bakti sosial dengan membagi-bagi bingkisan Lebaran kepada anak-anak yatim dan warga kurang mampu.

Maria Eva langsung menyampaikan bingkisan Lebaran itu di masjid milik Persyarikatan Muhammadiyah, Jalan Mojopahit, Sidoarjo. "Saya ingin memberikan sesuatu kepada anak-anak yatim. Sekalian pulang ke Sidoarjo untuk hari raya," ujarnya.

Bagi Maria, mudik Lebaran merupakan suatu 'keharusan' agar bisa bertemu keluarga di Sidoarjo. Kendati 'tanggapan' di musim Lebaran ini sebetulnya cukup banyak, kebahagiaan berhari raya bersama keluarga jauh lebih penting. "Ini kan setahun sekali. Sayang kalau dilewatkan," ujarnya.

34 comments:

  1. Ini kah maria eva yang di kabarkan berbuat mesum dengan anggota DPR?
    jangan jangan karir nya...juga ke katrol karena kedekatannya ...

    ReplyDelete
  2. betul sekali. soal terdongkrak nggak, kita lihat aja.

    ReplyDelete
  3. Tolong jangan bawa nama Allah dalam hal perselingkuhan

    ReplyDelete
  4. salut buat anda Eva, coba aja kalo semua wanita yang pernah di "tindih" berbuat sama seperti anda mudah mudahan pejabat kita gak brani lagi mikirin burung "kecil"nya, tapi brubah memikirkan rakyat kecilnya.

    ReplyDelete
  5. slalu wanita yg mejadi korban... sad but true!

    ReplyDelete
  6. Betul wanita yang menjadi korban, tetapi seorang wanita yang mau melakukan selingkuh dengan suami orang adalah wanita yang tidak berperasaan, karena ada wanita lain yang disakiti. seharusnya dapat mengendalikan diri janga sampai terjadi perselingkuhan itu, bukankan mencitai tidak aharus memiliki?
    Sekarang orang berbuat pelanggaran terhadapa norma susila dan norma agama tidak lagi malu. Malah dengan terang2an memaparkan di depan umum. A

    ReplyDelete
  7. gimana nich Indonesiaku,
    Tokoh Politik yang ngurusi Rohani main cewek.
    Tokoh Agama yang terkenal,doyan Cewek (kawin lagi).
    Apa tidak ada Tokoh Indonesia yang bisa buat panutan ?

    ReplyDelete
  8. hati2....setan udah ada di mana2... persiapkan diri anda baik2... agar keluarga terjaga.

    Jangan bawa nama agama...dan tangis pilu menarik simpati masyarakat...

    bayangkan bo'... 5 tahun.... kuat banget sih???

    ReplyDelete
  9. Ah.... itu cuma akal-akalnnya JK, Agung Laksono dan Ical, biar cacatnya tentang Agung-voucher dan Ical-Lapindo kelibas berita ini. Lagu lama... politik lama... Golkar tetap Golkar... paradigma lama dan baru tetap sama caranya. Bikin masalah baru untuk mentutupi masalah lama. Habis ini... tunggu saja berita heboh lain... sampai semua orang lupa dengan voucher dan Lumpur Lapindo.

    ReplyDelete
  10. Saluuuuut for you, Maria Eva. Suatu pengakuan yang tulus dan berani dari seorang wanita yang telah menjadi KORBAN kemunafikan seorang Pejabat yang konon Wakil Rakyat.Yang mengabadikan Foto-foto bugil, wlo tadinya sekedar JUST FUN.Tapi kok bisa bocor. Busyeet !

    ReplyDelete
  11. Acung jempol u/ Maria Eva. Karena anda telah mendobrak budaya tabu, budaya munafik, yang Sok suci, sok benar sendiri, sok anu.... sok..! Anda patut dapat bintang SRIKANDI.

    ReplyDelete
  12. Udah kayak gitu kok masih ada yang mau milih jd wakil rakyat. Goblog aja yg milih dia

    ReplyDelete
  13. Potongan wawancara di transtv
    http://www.youtube.com/watch?v=Ew1tnTgzeMk

    ReplyDelete
  14. Terima kasih atas respons kawan-kawan. Perlu dicamkan bahwa tulisan ini dibuat jauh sebelum kasus video mesum beredar pada 30 November 2006 lalu. Ini sekadar referensi bagi pembaca untuk sedikit mengetahui sosok Maria Eva yang kebetulan saya kenal saat menjadi reporter di Sidoarjo. Salam.

    ReplyDelete
  15. bagaikan pepatah : bermain api basah, bermain air terbakar

    ReplyDelete
  16. waduh mas bernie, gara2 maria eva aq ketemu jejak anda. dah jadi redaktur di surabaya ya? salam dari teman lama di universitas jember dulu. good bless you.

    agus

    ReplyDelete
  17. alarrr , air mata buaya aja lor , w yg lg di luar negeri aja malu gara2 ente . betul sm brur , w takut ini cmn akal2an si JK aja buat nenggelamin berita lapindo ical dan vouchernya agung . golkar masuk neraka aja loe

    ReplyDelete
  18. Namanya hidup ada suka dan dukanya ,termasuk kasus ini ,aku sih no coment azaa ..Karna peristiwa seperti ini bisa terjadi pada anda juga ..

    ReplyDelete
  19. singkat aja: harta, tahta, wanita.

    ReplyDelete
  20. Kasus ini cuman nunjukin "sebagian" kebobrokan dari wakil rakyat kita, yg lain sich pada ketawa aja krn belom ketahuan.
    Makanya kok sebentar2 minta kenaikan gaji or tunjangan ternyata buat begituan tho...... Pikirin rakyat kecil juga donk jangan cuman mikirin urusan kecil yg gak penting.

    ReplyDelete
  21. Maria eva
    umm jadi pegen coba liat kyk gmn sih adegannya
    enter

    ReplyDelete
  22. bg g maria eva perusak rumah tangga orang...n die seorang pelacur..........................

    ReplyDelete
  23. WAH...WAH...HARI GINI MASIH AJA ADA ORANG TOLOL, KELIATAN BANGET KALO PENDIDIKAN INDONESIA TUH RENDAH, DPR GITU LHO...
    BANG UDAH BOOKING TEMPAT DI NERAKA TUH, SALAM AJA MA PENDUDUK DI SANA YA. BUAT MBA MARIA...KALO UDAH "GITUAN FREE" JANGAN BAWA NAMA TUHAN AH MALU...CIAO

    ReplyDelete
  24. Tenang aja Nduk Maria, kon uayu, aku ga bakal nolak rabi mbek awakmu.

    ReplyDelete
  25. Sebagai sesama manusia, saya mengagumi bahwa maria eva atau maria ulfah adalah perempuan yang cantik dan seksi. Bagaimana pun sebaiknya kasus seperti tak usah diekspose.

    Jika mbak maria eva tidak punya pacar bolehlah saya sebagai penggani. He...he... .

    ReplyDelete
  26. ok..UNTUMG TAK DAPAT DIRAIH MALANG TAK DAPAT DITOLAK...mari qita merenung...inikah pelajaran bagi semmuuuuaaaa manusia untuk saling intropeksi,,,menahan diri,,,menjalankan kehidupan dengan sewajar nya...kuatkan iman....sabar...dan jangan lupa ,sembahyang

    ReplyDelete
  27. dgn terkuaknya kasus ini, aku jd ragu, apa bener orang2 yg duduk di kursi dpr itu mewakili rakyat indonesia dari semua golongan, emang ga semua sih, tapi spt lakon dlm kasus ini sebenarnya mewakili golongan yg mana ya? jangan2 dia itu wakil dari golongan pelacur......buktinya udah pny anak istri masih aja ngelacur........
    gaji sih minta tinggi....ga inget ama rakyat kecil...e....ga tahunya bukan dibawa plg buat keluarga, malahan dibuat ngentot ama perempuan lain.
    jadi kapan bgs indonesia mau maju dan sejajar dgn bgs lain, kalo wakilnya aja pd ngurusin memek melulu....
    wahai wakil rakyat....tobatlah kalian
    tobat........tobat.........

    ReplyDelete
  28. VIDEO-NYA BISA DI-DOWNLOAD DI-SINI:

    http://duniasex.com/index.html?option=filembokep

    ReplyDelete
  29. Ketemenen tenan rek..rek.anggota DPR kok berbuat MESUM sambil tertawa lagi. kayak ga punya dosa aja.

    buat mbak maria eva.. kasihan tuh penyanyi dangdut yang lain, citranya penyanyi dangdut seakan mirip seperti anda. kalau pingin jadi penyanyi dangdut terkenal jangan dengan cara yang mesum, terus nyebar video porno.

    eh mbak enak nggak sih berbuat mesum? masalahnya aku belum pernah ngerasain nih suer... hehehe....
    tapi kayaknya enak banget ya, orang sambil tertawa gitu.
    by cah jogja

    ReplyDelete
  30. amit2 jabang bayi. maria eva... teganya teganya teganyaaaaaa

    wawan, blitar

    ReplyDelete
  31. a good blog. informatif, yah... khas jurnalislah. keep a good work.

    ReplyDelete
  32. maria eva emang wanita gak bener.

    ReplyDelete
  33. Saya heran kenapa Maria Eva suka sama Yahya Ziani yang bejat dan berkontol kueeeciiilllll.

    ReplyDelete
  34. maria eva yang mana ya........ o saya ingat ehmm ngemeng2 pilemx ga mutu

    ReplyDelete