15 November 2006

doa anak negeri: lagu




Saya tak sengaja menemukan tulisan tangan Destra, syair lagu 'Doa Anak Negeri'. Desta, waktu itu mahasiswa Universitas Indonesia yang magang di Jawa Pos Biro Sidoarjo, aktif di paduan suara mahasiswa (PSM) kampusnya.

Siapa pun yang pernah aktif di PSM biasanya pernah membawakan lagu ini, setidaknya pernah dengar. Dulu, ketika di Indonesia hanya ada TVRI, komposisi ini kerap dibawakan teman-teman PSM di acara 'Cintaku Negeriku' saban tanggal 17 selepas 'Dunia dalam Berita'.

"Bang Bernie, lagunya asyik banget. Gua kagak pernah lupa deh lagu itu," kata Destra, gadis manis, kepada saya di Biro Jawa Pos, Jl Trunojoyo 27 Sidoarjo. Nama panggilan akrab saya memang Bernie. [Oh ya, Biro Jawa Pos sejak 2008 pindah ke Perumahan Pondok Mutiara.]

Yah, sambil bekerja, adik magang ini suka sekali bersenandung lagu 'Doa Anak Negeri'. Suaranya sopran, ada vibrasi sedikit. Bakatnya nyanyinya bagus, cuma dia memilih jadi peneliti.

Saya sendiri dulu aktif di PSM Universitas Jember, juga PSM Fakultas Pertanian universitas itu. Ikut lomba ke mana-mana. Latihan teratur di Gedung Sutardjo. Ikut bina adik-adik anggota baru. Ikut melatih di Faperta. Biasanya, PSM dimanfaatkan untuk memeriahkan acara yudisium atau wisuda. Tanpa paduan suara seakan-akan tidak afdal.

Berkat aktivitas di PSM itulah, saya ketemu beberapa pakar musik klasik, khususnya paduan suara. Pak Moordiana, dosen musik ISI Jogja, jadi pembina utama kami. Berkat dialah, saya sadar bahwa paduan suara itu sebentuk kesenian yang indah. Beda dengan 'kor-koran' di gereja yang seadanya, jarang latihan, tidak terlalu peduli teknik vokal.

"Ayo dong, Bang, nyanyi Doa Anak Negeri," pinta Destra.

"Kamu aja yang nyanyi," balas saya.

Lalu, saya meniup harmonika (kromatis), mainkan lagu ciptaan Donny Pras, aransemen paduan suara oleh Lilik Sugiarto (kalau tidak salah). "Pakai nada dasar C aja, ya?" kata saya. Dan mulailah si Destra bernyanyi:

DOA ANAK NEGERI
By Donny Hardono/D. Prasetyo, 1987

1. SINAR MENTARI CANTIK BERSERI
ADA BANGGA LEKAT DI HATI
S'MOGA LESTARI S'MOGA ABADI
DOA KAMI DARI ANAK NEGERI

2. PUJI DAN SYUKUR KAMI BERIKAN
NEGERI INI AMAN SENTOSA
BANGUNLAH SEMUA SATUKAN CITA
'TUK NEGERI TERCINTA INDONESIA

Refrein:

DOA KAMI DARI ANAK NEGERI
BANGGA KAMI PADA PERTIWI
TRIMA KASIH KEPADAMU NEGERI
PEMBANGUNAN INI MILIK KAMI.

3. DOA DARI KAMI ANAK NEGERI
SMOGA ENGKAU MELANGKAH PASTI
DAN TERUSKANLAH PEMBANGUNAN INI
DARI GENERASI KE GENERASI


DOA ANAK NEGERI merupakan satu dari 12 lagu terbaik lomba cipta lagu pembangunan tahun 1987. Lagu hit ini karya Donny Hardono dan D. Prasetyo dengan vokalis Chrisye [almarhum]. Di album yang sama juga ada lagu INDONESIA JAYA, karya Chacken M., dinyanyikan Harvey Malaihollo. Kedua lagu ini--INDONESIA JAYA dan DOA ANAK NEGERI--menjadi lagu favorit teman-teman mahasiswa aktivis paduan suara di seluruh Indonesia.

Bahkan, sampai sekarang pun saya masih mendengar anak-anak SMA di Surabaya pun membawakan lagu ini. Bukan main!

INDONESIA JAYA, DOA ANAK NEGERI, jelas lagu perjuangan, tapi tidak indoktrinatif atau menggurui. Selain sukses secara musikalitas, kedua lagu ini berhasil di industri pada masanya. Dan, yang lebih penting, menjadi lagu abadi di tanah air.

17 comments:

  1. lagu itu melodinya bagus, tapi syairnya dengan suasana sekarang. indonesia kacau-balau, rakyat susah. pancasila gak jelas lagi.

    fred, malang

    ReplyDelete
  2. emang PSM tuh banyak manfaatnya. kapan2 reuni PSM unej ya? ketemu teman2 lama di jember.

    ReplyDelete
  3. eh klo boleh tau ya,

    aku sih punya rekamannya doa anak negri paduan suara, untuk pola vokal SATB

    lagu ini memang bagus banget,

    aku tim grahadi surabaya, nyanyiin lagu ini dengan bangga bgt

    ReplyDelete
  4. Pak Hurek, saya sudah coba nyari kaset dan rekaman lagu Doa Anak Negeri di Jogja tapi tetap tidak ketemu. Bisa tolong kasih informasi di mana saya bisa dapat lagu ini. Saya ingin ngajarin lagu ini ke murid-murid saya.

    terima kasih,
    Dee

    ReplyDelete
  5. Kak Adi, ini saya bantu dengan menayangkan notasi angka lagu Doa Anak Negeri. Klik, maka akan terlihat notasinya. Sederhana dan enak. Selamat berlatih.

    ReplyDelete
  6. Bagi yang mau dengar lagu Doa Anak Negeri. Silakan unduh lagu Doa Anak Negeri yang dinyanyikan oleh seorang guru seni suara SD PUTRA BANGSA, Ms. Ima.
    http://putrabangsa.sch.id/index.php?option=com_content&task=view&id=44&Itemid=47

    ReplyDelete
  7. Adi, terima kasih banyak, teman2 Putra Bangsa sudah merekam dan memopulerkan lagu bagus ini. Sekali lagi, matur suwun.

    Saya suka musik dan vokal guru seni suara SD Putra Bangsa, Mbak Ima. Cuma saya kurang sepakat dengan perubahan tempo jadi allegreto di bagian refrein. Kesannya seperti lari2 gitu.

    Yah, soal selera sajalah. Salam musik untuk teman2 di Putra Bangsa, Klaten.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas apresiasinya. Kami sedang mengusahakan demo versi lain dari lagu ini, versi tanpa allegreto di bagian refrein. Terima kasih atas saranya.

    ReplyDelete
  9. Sama-sama Mas Adi. Saya juga salut sama anak-anak kecil yang sudah bisa menyanyikan Doa Anak Negeri dengan baik. Sebab, lagu ini punya tingkat kesulitan cukup tinggi--untuk anak-anak--dengan nada-nada kromatis serta modulasi di penutup (coda).

    Setahu saya, komposisi ini selalu dibawakan paduan suara terlatih baik pelajar SMA atau mahasiswa atau dewasa. Sekadar tambahan, orang-orang di Flores umumnya tidak pas (ora titis) kalau membunyikan nada kromatis.

    Selamat tahun baru!

    ReplyDelete
  10. Gwa jadi ingat waktu masa-masa sma dulu. Lagu ini paling berkesan di hati saat-saat paduan suara dulu. Entah mengapa, mungkin karena melodinya yang bagus, atau karena lagu ini sering dipakai untuk latihan awal.

    ReplyDelete
  11. Idola Cilik memerlukan lagu anak yang sesuai dengan jiwa mereka. Jangan paksa mereka manyanyikan lagu dewasa seperti patah hati, selingkuh. Kini lagu anak terbaru telah lahir seperti rumahku istanaku, aku rindu, ulang tahun dan bangun pagi. Lagu tersebut hasil karya widya swara salah seorang guru SMP Dhaniswara Surabaya. Dan sudah populer di Surabaya. Lagu-lagu tersebut bisa didengarkan di http://www.widyaswara01.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. lagunya keren n menyentuh. keinget dulu pas sma tahun 2005 jadi paduan suara 17 agustus bareng2 di grahadi..

    ReplyDelete
  13. Bang hurek, mohon bantuan dunk untuk dapat yang versi SATB -nya dunk...lagunya bagus banged.
    bisa didownload dimana ya ?
    terimakasih,
    Haryo

    ReplyDelete
  14. Mas Haryo,
    Wah, kebetulan sekali partitur dan buku-buku paduan suara saya sudah "dihibahkan" kepada teman-teman dan adik-adik yang membina paduan suara. Mereka memang lebih membutuhkannya. Saya sendiri sudah 10 tahun lengser total dari paduan suara. Paling jadi "pengamat" kecil-kecilan, menulis catatan ringan, di blog ini.

    Sampean bisa dapatkan partitur DOA ANAK NEGERI di aktivis paduan suara mahasiswa atau pelajar di kota Anda. Kemungkinan besar mereka punya. Saran saya: pakai aransemen SATB Bapak Lilik Sugiarto (almarhum). Bagus banget.

    Salam musik.

    ReplyDelete
  15. 2 lagu kesukaan saya. tp saya juga jatuh cinta dengan lagu wa'ronjangan, keren :D

    ReplyDelete
  16. Lagu ini bener-bener menyentuh banget! Begitu pulang dari latian padus, saia jadi ga brenti2 nyanyiin lagu ini. Bagus banget deh.. wkwk

    ReplyDelete
  17. luar biasa enak lagu doa anak negeri... merinding kalo dinyanyiin sama paduan suara... semoga indonesia jaya.

    ReplyDelete